Thursday , April 19 2018
Home / Guide / Inilah 10 Orang Terkaya Di Indonesia Yang Juga Bisnis Properti
orang terkaya di Indonesia

Inilah 10 Orang Terkaya Di Indonesia Yang Juga Bisnis Properti

Inilah 10 Orang Terkaya Di Indonesia Yang Juga Bisnis Properti – Majalah bisnis Forbes kembali mengeluarkan data orang-orang terkaya di dunia pada tahun 2017. Ada banyak orang kaya Indonesia yang masuk ke daftar tersebut, dimana banyak di antaranya merupakan pengusaha properti.

10 orang terkaya di indonesia

10 Orang Terkaya di Indonesia

Berikut ini adalah sepuluh pengusaha properti Indonesia yang masuk ke daftar konglomerat dunia, seperti yang kami kutip dari Kompas Properti.

  1. Robert Budi dan Michael Hartono (kekayaan USD 32,3 miliar)
    Lebih dikenal sebagai pemiluk Djarum dan pemegang saham mayoritas Bank Central Asia, keluarga Hartono juga memiliki beberapa properti prestisius. Beberapa di antaranya yaitu Menara BCA, Mall Grand Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski, dan Kempinski Residence. Selain itu ada juga beberapa proyek lain seperti World Trade Center Mangga Dua, Karawang Resinda, dan Padma Hotel Karawang.
  2. Keluarga Eka Tjipta Widjaja (USD 9,1 miliar)
    Sebagai pendiri Sinar Mas Group, keluarga ini memiliki banyak anak perusahaan seperti perusahaan pulp dan kertas, jasa keuangan, properti, dan perkebunan. Salah satu perusahaannya, Sinarmas Land, sudah ada enam kota mandiri yang dikembangkan; mulai dari BSD City, Grand Wisata, Kota Deltamas, Kota Wisata, Legenda Wisata, dan Wisata Bukit Mas. Selain kota mandiri, Sinarmas Land juga memiliki beberapa proyek apartemen, industri dan komersial, pusat perbelanjaan, hingga perhotelan.
  3. Chairul Tanjung (USD 3,6 miliar)
    Pengendali CT Corp memang lebih dikenal di industri media. Tapi, Chairul Tanjung juga memiliki beberapa bisnis ritel dan properti. Lewat Trans Retail, CT Corp memiliki Carrefour dan Transmart. Dari segi properti, CT Corp memiliki beberapa hotel, pusat perbelanjaan, serta taman bermain. Baru-baru ini CT Corp menandatangani kerja sama dengan perusahaan hotel AccorHotels untuk membangun 30 hotel di Indonesia. Selain itu, CT Corp juga membangun superblok Trans Park Cibubur dan Trans Park Juanda.
  4. Keluarga Tahir (USD 3,5 miliar)
    Pendiri Mayapada Group ini berada di posisi ke depalan dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Usahanya berada di berbagai sektor, mulai dari perbankan, rumah sakit, hingga properti. Ada banyak hunian dari rumah tapak hingga apartemen dan perkantoran yang digarapnya.
  5. Keluarga Riady (USD 3 miliar)
    Mochtar Riady yang merupakan pendiri Lippo Group memiliki banyak bisnis, mulai dari real estate, kesehatan, media, ritel, dan pendidikan. Di sektor propert, Lippo Group sedang menjadi sorotan karena sedang membangun Meikarta, sebuah kota mandiri di kawasan Cikarang yang sering diliput media massa.
  6. Murdaya Poo (USD 2,2 miliar)
    Murdaya Poo mendirikan Grup Central Cipta Murdaya (CCM) yang memiliki usaha mulai dari perkebunan, pelapis kayu, hingga pusat konvensi terbesar di Jakarta, yaitu Jakarta International Expo. Ia juga memiliki hampir setengah dari saham properti PT Metropolitan Kentjana Tbk, yang membangun proyek-proyek ternama seperti Perumahan Pondok Indah, Pondok Indah Mall, Intercontinental Hotel, dan Kartika Residence. Selain itu, perusahaan tersebut juga membangun gedung perkantoran World Trade Center di Sudirman.
  7. Peter Sondakh (USD 1,9 miliar)
    Pemilik Rajawali Corpora yang didirikan pada tahun 1984 mulai terjun ke bisnis properti pada tahun 1990 dengan membangun hotel bintang lima. Tahun 2009, grup tersebut meluncurkan St. Regis Hotel dan Resort di Bali. Beberapa proyek yang tengah dibangun adalah St Regis Hotel and Resort di Kuningan serta Four Seasons Hotel dan Capital Place Jakarta yang sudah mulai beroperasi.
  8. Husodo Angkosubroto (USD 1,6 miliar)
    Pemimpin Gunung Sewo Group ini memiliki bisnis properti yang dikendalikan lewat anak perusahaannya, Fairpoint Realty Indonesia. Banyak bisnis properti yang telah digarap Fairpoint, mulai dari ritel, perhotelan, perkantoran, hingga residensial. Proyek ternama yang didirkannya yaitu Verde, Verde Two, dan the Hundred. Sementara itu, proyek perkantorannya berada di kawasan tersibuk di Jakarta, seperti Citi Square, Sequis Center, dan Sequis Tower.
  9. Keluarga Ciputra (USD 1,45 miliar)
    Ciputra Group merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia dan telah memiliki proyek di 33 kota di Indonesia. Banyak sekali proyek mall, perumahan, dan apartemen yang telah dibangun oleh grup tersebut.
  10. Alexander Tedja (1,25 miliar)
    Lewat anak perusahaanya, Pakuwon Jati, Alexander Tedja telah membangun banyak perumahan dan pusat perbelanjaan di Surabaya dan Jakarta. Beberapa proyek nya yang terkenal adalah Tunjungan Plaza 1-6, Plaza Blok M, Gandaria City, Kota Kasablanka, Pakuwon Supermall, Pakuwon City. Selain itu, Pakuwon Group juga telah membangun proyek perkantoran dan apartemen yang tersebar di Jakarta dan Surabaya.

Demikian daftar 10 orang terkaya di Indonesia yang juga memiliki bisnis di bidang properti.

Sumber: Kompas Properti

Baca juga: Inilah 7 Orang Indonesia Terkaya di Industri Properti

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Laporan Pasar Properti Jakarta Kuartal Tiga 2017 Oleh Jones Lang LaSalle

Jones Lang LaSalle (JLL), perusahaan konsultan dan manajemen properti, baru saja mengeluarkan Jakarta Property Market …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *