Friday , May 29 2020
Home / Uncategorized / Inilah Alasan Pengembang Asing Tertarik Investasi di Indonesia

Inilah Alasan Pengembang Asing Tertarik Investasi di Indonesia

Saat ini, developer asing berlomba-lomba untuk berinvestasi di Jakarta. Sebut saja Hongkong Land, Tokyu Land, CCCG (China Communication Construction Group), dan masih banyak lagi. Ada apa dengan tren ini? Apa saja yang menjadi alasan developer asing suka untuk berinvestasi properti di Indonesia? Berikut ini penjelasannya

Ternyata, jumlah penduduk yang menembus 262 juta jiwa membuat potensi pasar properti di Indonesia terlihat prospektif di mata asing. Tai Horikawa, selaku Direktur PT. Tokyu Land Indonesia, mengatakan bahwa menurunnya populasi di Jepang membuat bisnis properti di Negeri Sakura tersebut tidak lagi menarik.

Tokyu Land menganggap bahwa orang Indonesia mulai sadar dengan peningkatan kualitas hidup, karena itu perusahaan tersebut ingin memberikan proyek hunian dengan teknologi dan spek bangunan nomor satu.

Selain itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Suryo Bambang Sulisto, menjelaskan bahwa Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi, serta politik yang stabil adalah faktor utama penyebab developer asing tertarik dengan pasar Indonesia. Tapi menurutnya, yang paling menarik bagi mereka adalah karena masyarakat Indonesia bersifat konsumtif.

Sedangkan menurut Direktur Eksekutif IPW, Ali Tranghanda, harga tanah di Indonesia yang relatif masih rendah merupakan alasan utama developer asing minat investasi di Indonesia. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa hasil yield (keuntungan) yang diperoleh juga merupakan salah satu alasannya.

Senior Associate Direktur Investman Cushman & Wakefield, Andi Loe, mengatakan bahwa ada empat alasan pengembang asing mau masuk ke Indonesia:

  1. Tidak seperti negara-negara timur tengah, Indonesia dinilai stabil dan tidak pernah berhenti bergejolak
  2. Pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai masih cukup tinggi
  3. Politik Indonesia yang demokratis, tidak seperti negara-negara lain
  4. Pendapatan kelas menengah di Indonesia dinilai besar, sehingga potensinya masih sangat panjang

Sedangkan menurut Andi, proyek-proyek yang menarik minat pengembang asing adalah hunian, hotel, dan perkantoran. Pihak asing dinilai belum berminat menggarap sektor ritel.

 

Sumber: Metro News, Housing Estate, Okezone,

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Perumahan Subsidi

Apa Itu Perumahan Subsidi dan Syarat Pengajuannya

Dalam upaya untuk membantu orang-orang dari sarana ekonomi terbatas memiliki akses ke tempat yang terjangkau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *