Wednesday , July 12 2023
Home / Inspiration / Tips / Anggaran Yang Harus Disiapkan Untuk Open House Lebaran

Anggaran Yang Harus Disiapkan Untuk Open House Lebaran

Apakah Anda berencana untuk melakukan open house untuk menyambut saudara-saudara dan kerabat datang ke rumah Lebaran nanti? Open house adalah salah satu tradisi Lebaran dimana tuan rumah membuka rumah untuk mengajak orang-orang, mulai dari keluarga, kerabat, rekan kerja, hingga tetangga untuk menikmati hidangan yang sudah disediaka

Jika Anda memiliki rencana ini, maka ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah dari segi dana. Siapkan anggaran khusus dari jauh-jauh hari untuk hal-hal berikut ini

  1. Sajian menu utama lebaran

    Momen kemenangan yang dirayakan setahun sekali ini harus dipersiapkan dengan benar dan istimewa. Ada menu-menu khas Lebaran yang wajib ada sebagai jamuan bagi para tamu. Banyaknya hidangan masakan utama tergantung dari daerah dan tradisi masing-masing, tapi berikut ini adalah menu-menu yang bisa dijadikan referensi: opor ayam, sambal goreng ati, rendang, sayur labu, dll. Buat daftar makanan dan buat budget belanja bahan makanan tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan jumlah tamu agar tidak kurang pada hari H. Selain itu, pilih menu sajian yang cocok di lidah semua orang.

  2. Kue-kue kering

    Selain sajian utama, kue-kue kering juga wajib disiapkan saat open house. Kue-kue ini mencakup nastar, kastengel, lidah kucing, putri salju, kacang-kacangan, dll. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri, banyak yang menjual kue-kue kering tersebut. Membeli kue-kue kering juga biasanya lebih hemat biaya karena Anda tidak perlu menghabiskan uang dan waktu untuk bahan-bahan kue yang harganya tidak murah.

  3. Peralatan makan

    Karena ada banyak tamu yang datang, maka usahakan untuk menggunakan peralatan makan yang baru. Jangan gunakan peralatan makan yang sudah usang. Menjelang Lebaran, biasanya banyak diskon-diskon di situs jual-beli atau di mallm karena itu jangan lupa untuk memanfaatkannya.

  4. Angpao Lebaran

    Salah satu tradisi Lebaran adalah menyiapkan angpao Lebaran, khususnya untuk anak-anak kecil. Jangan lupa memasukkan hal ini di anggaran Ramadhan. Walaupun nominalnya tidak besar, tradisi ini adalah tradisi yang ditunggu-tunggu anak-anak kecil sehingga suasana Lebaran lebih meriah. Sesuaikan isi angpao dengan kemampuan keuangan Anda, ya.

  5. Aksesoris dan dekorasi Lebaran

    Jangan lupa untuk mempercantik rumah dengan cara mendekorasi rumah dengan aksesoris-aksesoris Lebaran. Tidak perlu yang mahal-mahal, tapi menciptakan suasana Lebaran yang kental. Pilih tema warna dan sesuaikan dengan ruangan yang Anda gunakan. Cara mudah untuk mengganti suasana adalah dengan mengganti tirai, sarung bantal, lalu mendekorasi meja, dinding, jendela, pintu dengan aksesoris-aksesoris Lebaran.

  6. Tarif jasa tenaga bantuan

    Karena biasanya ART sedang izin untuk pulang kampung, Anda tidak memiliki bala bantuan untuk beres-beres dan bersih-bersih. Sebagai tuan rumah, sebaiknya Anda memfokuskan tenaga dan pikiran Anda untuk beramah tamah dengan tamu. Serahkan urusan beres-beres ke tenaga bantuan yang bisa disewakan per hari.

Intinya, tidak ada ketentuan atau budget tertentu yang harus disiapkan jika ingin mengadakan open house. Sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda karena inti utama dari open house adalah mempererat tali silaturahmi dengan orang-orang tersayang. Jangan jadikan open house sebagai ajang pamer atau bersaing demi pujian.

Baca juga: Tips Bersih-Bersih Apartemen Pasca Lebaran

Sumber: Moneysmart

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *