Monday , March 29 2021
Home / Guide / Apa Itu PPJB Apartemen Yang Diketahui

Apa Itu PPJB Apartemen Yang Diketahui

Apa itu PPJB apartemen ? PPJB merupakan kependekan dari Perjanjian Pengikatan Jual Beli yang secara sederhana dimaknai sebagai perjanjian yang dilakukan oleh pihak-pihak yang melakukan jual beli properti seperti tanah, rumah, dan termasuk apartemen. PPJB apartemen berarti kesepakatan awal yang dilakukan oleh dua pihak yang akan melakukan transaksi jual beli apartemen. PPJB biasanya dilakukan sebelum pihak pembeli dan penjual melakukan pengesahan dengan menandatangani Akta Jual Beli (AJB) yang notabene telah memiliki kekuatan hukum yang legal karena disahkan oleh notaris. Dengan kata lain PPJB ini bersifat di bawah tangan yaitu akta perjanjiannya hanya disepakati oleh calon penjual dan calon pembeli saja. Sebab dilakukannya PPJB biasanya dikarenakan apartemen yang akan di jual masih memiliki beberapa hal yang belum terselesaikan seperti bangunan tanah apartemen yang masih berada dalam jaminan bank, sengketa, atau sebab lainnya.

Apa Itu PPJB Apartemen & Apa Saja Yang Harus Diperhatikan

Pada proses jual beli apartemen, sebelum dilakukan serah terima secara sah, pembeli akan melakukan beberapa tahap pengecekan untuk memastikan apartemen yang akan dibeli. Hal tersebut bertujuan untuk melihat seberapa jauh kejelasan dari status apartemen yang akan dibeli. Misalnya saja calon pembeli melakukan pemeriksaan status hak milik apartemen ke pemerintah atau pihak developer. Sementara itu, calon penjual akan meminta uang muka sebagai pengikat dari calon pembeli. Apa yang dilakukan oleh calon penjual maupun pembeli merupakan bentuk keseriusan dalam proses transaksi apartemen yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Hal tersebut dilakukan karena adanya PPJB apartemen. Meskipun PPJB bersifat di bawah tangan, namun pembuatannya harus tetap mengikuti kaidah yang ditentukan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1320 yang menyebutkan syarat sah perjanjian baik secara objektif maupun subjektif.

Ketentuan mengenai PPJB apartemen telah diatur oleh Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 11/KPTS Tahun 1994 tentang Pedoman Perikatan Jual Beli Rumah Susun. Berdasarkan peraturan tersebut orang yang membeli apartemen tidak diperbolehkan dengan tanpa ijin tertulis dari pihak penjual melakukan pindah tangan apartemen kepada pihak ketiga. Sehingga pihak pembeli tidak boleh sewenang-wenang melakukan pengalihan tanpa sepengetahuan dari pihak penjual.

Agar perjanjian yang dilakukan tidak menimbulkan kesalahpahaman antara kedua belah pihak, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam pembuatan PPJB  seperti, kejelasan status apartemen yang diperjual-belikan mulai dari luas apartemen (tanah dan bangunan), perizinan, kepemilikan seetifikat yang sah dan asli, dan sejarah kepemilikan. Kemudian terkait biaya yang dibayarkan, Anda harus mencermati harga yang harus dibayarkan untuk membeli apartemen, jumlah biaya yang dikeluarkan harus disesuaikan dengan harga tanah per-meternya dan mengkalkulasi dengan total luas tanah, pahami pula mengenai tata cara pembayaran yang akan dilakukan.

Apa Itu PPJB Apartemen

apa-itu-ppjb-apartemen-square

PPJB apartemen perlu memuat kesepakatan tentang hal-hal yang membatalkan terjadinya transaksi, misalnya sengketa lahan, pihak developer tidak mampu memenuhi target terselesaikannya pembuatan apartemen, atau terjadi masalah perizinan dengan pihak pemerintah mengenai pembangunan apartemen. Sehingga apabila hal-hal tersebut terjadi calon pembeli bisa membatalkan pembelian dengan menerima kembali uang muka atau harus kehilangan uang muka, hal tersebut harus masuk dalam kesepakatan.
Jual beli apartemen tidak bisa dilakukan sembarangan, banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai Anda rugi karena proses jual beli yang tidak jelas. Anda harus menghindari resiko tertipu dalam membeli apartemen, salah satunya adalah dengan melakukan perjanjian. Oleh karena itu, PPJB apartemen bisa dipertimbangkan sebagai alternatif menekan resiko. Demikian penjelasan mengenai apa itu PPJB Apartemen, semoga penjelasan tersebut dapat membantu.

cara jual apartemen

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *