Thursday , July 2 2020
Home / Inspiration / Apartemen La Muralla Roja Yang Berbentuk Labirin Berwarna Pink

Apartemen La Muralla Roja Yang Berbentuk Labirin Berwarna Pink

La Muralla Roja, atau artinya “Tembok Merah” dalam bahasa Spanyol adalah sebuah proyek perumahan yang berada di Calpe, Spanyol. Dibangun oleh arsitek Ricardo Bofill, gedung dengan bentuk labirin ini memiliki nuansa arsitektur populer di area Mediterania Arab. Inspirasi arsitek Bofill didapat dari tradisi Mediterania kasbah.

Sumber: Gregori Civera

Secara keseluruhan, perumahan ini berbentuk benteng dengan warna-warna mencolok yang melapisi bagian luar dan dalam fasad untuk memberikan kontras pada alam atau melengkapi kesan alaminya. Proyek ini terlihat seperti muncul dari permukaan jurang-jurang yang ada di bawahnya.

Sumber: ArchDaily

Proyek ini memisahkan area publik dan privat dengan menggunakan intepretasi kasbah, yaitu sebuah tipe tembok arsitektur yang biasanya ada di negara-negara Afrika Utara. Konsep ini biasanya terbentuk dalam bentuk tangga-tangga yang saling mengikat, platform, dan jembatan yang memberikan akses ke dalam 50 unit apartemen yang membentuk La Muralla Roja itu sendiri.

Sumber: ArchDaily
Sumber: ArchDaily

Apartemen yang tersedia terdiri dari tiga ukuran: studio dengan luas 60 meter persegi, 2 kamar tidur dengan luas 80 meter persegi, dan tiga kamar tidur dengan luas 120 meter persegi. Untuk meningkatkan kualitas kehidupan, Bofill merancang teras atap, solaria, kolam renang, dan sauna yang bisa digunakan oleh penghuni.

La Muralla Roja paling cocok dideskripsikan sebagai sebuah labirin, menyerupai rancangan geometrik yang didasarkan oleh tipologi salib Yunani yang pada kasus ini memiliki panjang lima meter. Salib ini berpotongan pada menara servis yang terdiri dari dapur dan kamar mandi.

Sekarang ini blok apartemen Muralla Roja sering disewakan per hari kepada turis-turis yang ingin menikmati keindahan laut di Calpe. Ini karena kompleks apartemen Muralla Roja berada kira-kira 700 meter dari Calpe, 50 meter dari laut, restoran, dan empat kilometer dari pantai Calpe.

Sumber: Interhome
Sumber: Interhome

Baca juga: Singkirkan Monday blues Dengan Melihat Apartemen Terinspirasi Dari Pelangi dan Unicorn Ini

Sumber: ArchDaily

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Banyaknya batasan dalam mencuci baju di mesin cuci mungkin membuat Anda kebingungan saat membaca judul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *