Friday , December 7 2018
Home / News / Info / Madinah Islamic Tower, Apartemen Syariah di Jakarta
Apartemen Syariah
Apartemen Syariah

Madinah Islamic Tower, Apartemen Syariah di Jakarta

Apa Anda pernah mendengar istilah apartemen syariah? Anda perlu tahu bahwa properti berbasis syariah di Indonesia sudah cukup menjamur dengan penawaran yang tidak kalah menarik seperti properti komersil lainnya. Jangan bingung lagi, inilah penjelasan lengkap mengenai apartemen berbasis syariah dan apartemen apa yang menjadi contoh untuk Anda.

 

Bagaimana Cara Kerja Apartemen Syariah

Biasanya transaksi jual beli apartemen tidak melalui perbankan, melainkan langsung dilakukan kepada pengembang tanpa adanya pihak ketiga yang terlibat. Biasanya harga yang diberikan adalah tanpa bunga dan riba berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak (pembeli dan pengembang).

Apartemen jenis ini juga biasanya tidak mengkehendaki adanya penarikan denda atau penalti jika ada pembeli yang terlambat dalam membayar angsuran. Di samping itu, tidak adanya proses pemeriksaan BI karena pengembang tidak memakai perbankan sebagai pihak perantara. Pembeli yang bekerja di sektor informal akan lebih dimudahkan dengan kebijakan ini karena biasanya perbankan kerap menolak aplikasi cicilan mereka karena dianggap tidak bankable.

Peminat apartemen syariah di Indonesia cukup banyak, tidak hanya yang beragama Islam tetapi juga yang beragama lain. Tingginya peminat dikarenakan oleh keuntungan-keuntungan tadi, ditambah juga harga yang kompetitif mulai dari Rp 100 jutaan hingga Rp 2 miliar tergantung lokasinya.

 

Apartemen Syariah

 

Memilih Apartemen Syariah yang Tepat

Apartemen dengan konsep ini memang menggiurkan bagi peminat properti karena keuntungannya yang membantu lebih banyak masyarakat untuk memiliki hunian tanpa prosedur sulit dan harga terjangkau. Namun, Anda sebagai konsumen juga harus cermat memilih apartemen mana yang tentunya cocok dengan kebutuhan Anda.

Karena apartemen syariah tidak menggunakan perbankan sebagai media perantara transaksi, Anda perlu melakukan pencarian informasi ekstra mengenai pengembang apartemen tersebut, seperti mencari tahu mengenai reputasi dan track record pengembang. Dengan ketiadaan perbankan untuk memonitor transaksi finansial kepemilikan apartemen syariah ini, dikhawatirkan pengembang akan menetapkan kebijakan tersendiri yang tidak sesuai dengan prinsip syariah hanya untuk meraup keuntungan dari konsumen.

Namun secara umum, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir dengan ketentuan kepemilikan apartemen jenis ini, karena tidak ada masalah yang ditemukan dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Lagipula, pemerintah telah menetapkan pengawasan terhadap apartemen syariah agar tidak terjadi pelanggaran hak-hak konsumen di kemudian hari.

Baca juga: Inilah Skema Pembiayaan Hunian Dengan KPR Syariah

 

Image source: madinahislamictower.blogspot.com

Madinah Islamic Tower

Salah satu apartemen berbasis syariah di Ibukota adalah Madinah Islamic Tower. Hunian yang asri dan islami ini berlokasi di Jakarta Timur dengan harga yang sangat terjangkau. Apartemen dengan konsep syariah ini memiliki beberapa fasilitas unggulan seperti masjid yang berada di atas awan (disebut demikian karena letaknya yang ada di lantai 33), function Room (lantai 32), perpustakaan islami terbesar dan tertinggi (lantai 31), mall syariah di lantai dasar, lounge di setiap lantai untuk santai atau halaqoh dan kolam Renang terpisah Ikhwan dan akhwat. Ada juga TKIT dan SDIT, sistem keamanan maksimum, kecepatan internet hingga 20 mbps setiap unit, gedung parkir terpisah, taman dan lain-lain.

Karena merupakan apartemen syariah, skema pemilikan secara cash maupun KPA bisa dilakukan langsung ke pengembang tanpa Bank, riba, denda atau penalti, penyitaan dan akad bermasalah. Lokasi Madinah Islamic Tower cukup strategis karena dekat ke pusat kota, perbelanjaan dan kesehatan.

Baca Juga: Alasan Banyak Orang Memilih KPR Syariah Dibanding KPR Konvensional

 

Itulah pembahasan mengenai apa itu apartemen syariah dan contohnya yaitu Madinah Islamic Tower. Jika Anda saat ini sedang mencoba memasarkan salah satu unit apartemen di sana, tidak bosan-bosannya kami mengajak Anda untuk menggunakan jasa Saleshack! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *