Friday , December 7 2018
Home / News / Info / Cara Menyewakan Apartemen Paling Efektif dan Efisien
Cara Menyewakan Apartemen
Cara Menyewakan Apartemen

Cara Menyewakan Apartemen Paling Efektif dan Efisien

Banyak orang berpikir untuk menyewakan apartemen sebagai salah satu cara mendapatkan keuntungan investasi sebagai penghasilan tambahan. Jika sampai sekarang Anda masih mencoba mencari-cari cara menyewakan apartemen yang setidaknya efektif, Anda perlu memahami beberapa panduan dasar yang akan kami rangkum di dalam artikel ini.

 

Memahami Tanggung Jawab yang Terlibat

Pertama, Anda harus menentukan apakah menjadi pemilik apartemen adalah kewajiban yang dapat Anda tangani. Dengan kata lain, apakah Anda siap menyewakan apartemen Anda tanpa meninggalkan tanggung jawab sebagai pemilik unit begitu saja. Memang, manfaat menyewakan apartemen sangat banyak, seperti mengurangi biaya layanan dan pemeliharaan yang biasanya membengkak saat unit apartemen kosong. Menyewakannya juga membantu menghasilkan pendapatan dan bahkan mungkin menciptakan keuntungan.

Menjadi pemilik apartemen memiliki tanggung jawab seperti memonitor adanya perbaikan dan pemeliharaan, mengumpulkan uang sewa, menghindari terjadinya kerusakan pada properti Anda, mengawasi penyewa unit, dan selalu ada jika diperlukan atau dihubungi terkait apartemen.

 

Persiapkan Apartemen Anda

Anda mungkin tidak bisa menyewakan apartemen Anda begitu saja. Penyewa lebih memperhatikan dan pemilih pada saat menginspeksi pilihan-pilihan unit apartemen, apalagi dengan meningkatnya ketersediaan penyewaan, yang tentunya membuat harapan mereka menjadi jauh lebih tinggi.

Salah satu cara menyewakan apartemen adalah mempersiapkan penyewa baru dengan membersihkan rumah Anda secara menyeluruh dan pastikan setiap perabotan dan fasilitas internal bekerja dan dalam kondisi baik.

Setelah apartemen telah dirapikan, kembangkan daftar yang menjelaskan apa yang membuat apartemen Anda menarik. Catat fitur-fitur yang biasanya diinginkan penyewa apartemen, seperti ketersediaan mesin cuci dan pengering, AC dan dapur.

Selanjutnya, pasang iklan apartemen di situs website terkemuka. Posting di koran lokal juga bisa dijadikan pilihan, namun kebanyakan orang mencari melalui listing online.

Jika Anda sudah lama mengiklankan apartemen Anda namun belum terjual sampai sekarang, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack. Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Pemasaran properti pun dilakukan dengan cara pintar, mudah dan cepat.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Apartemen

 

Cara Menyewakan Apartemen

Copyright © Rukamen

 

Pekerjakan Profesional

Cara menyewakan apartemen lainnya adalah dengan meminta pendapat seorang profesional yang dapat membantu Anda dalam permasalahan transaksi sewa yang lebih spesifik. Anda mungkin membutuhkan seorang pengacara atau notaris. Seorang pengacara dapat membantu Anda menavigasi peraturan penyewa-penyewa dan membantu Anda memahami peraturan komunitas Anda yang mengatur properti sewaan. Anda juga dapat mencari bantuan untuk menyusun kontrak, memastikan bahwa itu mengikuti hukum setempat. Akhirnya, berbicara dengan pengacara dapat membantu Anda menentukan peraturan rumah dan kontak darurat yang sesuai. Notaris bisa membantu Anda dari segi pengesahan dokumen-dokumen legal, walau biasanya untuk penyewaan apartemen jasa notaris tidak terlalu signifikan.

 

Tetapkan Harga Kompetitif

Cara menyewakan apartemen lainnya adalah dengan menentukan biaya sewa dengan mempelajari apa yang akan dilakukan oleh apartemen sewa lainnya di lingkungan dan komunitas Anda. Ingat, penyewa potensial akan mencari-cari banyak penawaran, jadi tetapkan harga sewa dengan harga kompetitif dan pastikan Anda menyoroti semua aspek yang paling berharga dari rumah Anda.

Baca juga: Checklist dan Tips Pertama Kali Sewa Apartemen

 

Pilih Penyewa dengan Hati-hati

Cara menyewakan apartemen terakhir adalah dengan tidak terlalu fokus untuk mendapatkan penyewa dengan cepat hanya agar apartemen Anda tidak kelamaan kosong. Pilihlah penyewa Anda dengan sangat hati-hati, karena Anda kelak akan bergantung pada orang ini tidak hanya untuk membayar sewa tepat waktu, tetapi juga untuk menjaga rumah Anda dalam kondisi baik. Jangan lupa untuk mengumpulkan referensi untuk penyewa potensial dan periksa sejarah kredit mereka. Anda juga harus mengambil tindakan pencegahan saat menyaring penyewa – bagaimanapun, orang yang akan menempati apartemen Anda adalah orang asing.

Setelah Anda menemukan penyewa yang tepat, mintalah setoran keamanan atau uang muka yang masuk akal dan susun jadwal pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan masing-masing.

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Check Also

Tips Pertama Kali Sewa Apartemen

Checklist dan Tips Pertama Kali Sewa Apartemen

Pindah dari rumah ke apartemen untuk pertama kalinya bisa saja menjadi hal yang sangat menakutkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *