Sunday , October 22 2017
Home / Guide / Bagaimana Warna Dinding Mempengaruhi Suasana Hati

Bagaimana Warna Dinding Mempengaruhi Suasana Hati

Ada beberapa cara untuk memilih warna ketika ingin mengecat dinding kamar-kamar di dalam apartemen; bisa dengan warna kesukaan, atau dengan memilih tren warna pada saat itu. Tetapi, ada lagi satu cara untuk memilih warna cat dindingAnda, yaitu dengan mengetahui dampak warna tersebut secara psikologis terhadap suasana kita sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana sebuah warna bisa mempengaruhi suasana hati kita dan di ruangan mana warna tersebut cocok untuk digunakan

Kuning

sumber: countryliving.com
sumber: countryliving.com

Warna kuning biasanya dihubungkan dengan kebahagiaan dan memberi energi kepada seseorang. Warna ini cocok untuk digunakan di ruang tamu dan dapur. Warna ini sangat hangat dan mengundang, sehingga bisa juga digunakan di koridor-koridor agar dapat meningkatkan suasana hati ketika baru masuk ke dalam apartemen. Salah satu tips adalah untuk tidak menggunakan warna kuning saja pada suatu ruangan karena jika berlebihan bisa memberikan efek sebaliknya. Gunakan sebagai warna aksen saja pada warna-warna putih.

Biru

sumber: havertys furniture
sumber: havertys furniture

Warna biru identik dengan laut dan langit. Warna ini secara alami bisa memberi efek menyegarkan dan menenangkan sehingga bisa memberikan inspirasi ketenangan di kamar tidur dan kamar mandi. Warna biru yang lebih halus dan terang bisa lebih memberikan efek menenagkan daripada warna biru tua. Warna ini juga biasanya dihubungkan dengan kepintaran dan produktivitas, sehingga cocok digunakan untuk ruang kerja.

Pink

sumber: bijouandboheme.blogspot.com
sumber: bijouandboheme.blogspot.com

Sebuah penelitian pada tahun 60-an mengungkapkan bahwa melihat warna pink setelah olahraga bisa menurunkan tensi, nadi, dan produksi keringat lebih signifikan dibandingkan warna-warna lainnya. Warna ini menenangkan dan indah dilihat, sehingga cocok digunakan untuk ruang tamu atau kamar tidur.

Merah

sumber: hative.com
sumber: hative.com

Berbeda dengan pink, warna merah adalah warna yang berani dan dihubungkan dengan sifat agresif. Menggunakan warna merah di ruang tamu bisa meningkatkan nafsu makan. Sebagai simbol dari energi dan semangat, warna ini cocok digunakan di area-area untuk menghibur karena bisa mendukung adanya percakapan. Tapi, warna ini mungkin terlalu intens jika digunakan di kamar tidur dimana warna yang cocok harusnya memberikan efek menenangkan dan rileks.

Hijau

sumber: meganmorrisblog.com
sumber: meganmorrisblog.com

Warna hijau secara alami bisa memberikan efek mengurangi stress dan baik untuk kesehatan. Warna ini merefleksikan area alam dan lingkungan sekitar, sehingga memberikan efek yang menenangkan dan menyegarkan. Warna ini cocok digunakan untuk ruangan mana saja, dan bisa menjadi warna cocok untuk kamar tidur.

Ikuti tips mendekorasi apartemen lainnya di Blog Rukamen

image

Sumber: House Beautiful

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Nama Warna Cat Baru Ini Terinspirasi Oleh Selena Gomez

Selena Gomez baru saja menjadi inspirasi sebuah perusahaan cat di Los Angeles, Portola Paints & …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *