Saturday , January 25 2020
Home / Inspiration / Tips / Baru Pindah? Ini Beberapa Tips Membersihkannya Sebelum Ditempati

Baru Pindah? Ini Beberapa Tips Membersihkannya Sebelum Ditempati

Semua surat-surat sudah selesai diurus, furnitur sudah dibeli, dekorasi dan renovasi sudah dilakukan, sekarang waktunya untuk menempati rumah baru. Tapi, sebelum menempati rumah baru, ada baiknya Anda membersihkan rumah secara menyeluruh untuk memastikan bahwa semua sudut ruangan sudah bersih.

Berikut ini adalah beberapa tips membersihkan rumah baru yang praktis

  1. Bersihkan beberapa kali sebelum ditempati
    Sebelum benar-benar menempati rumah, jangan malas-malas untuk sesering mungkin membersihkannya. Jika rumah baru selesai direnovasi atau dibangun, pastinya akan ada banyak debu. Jika rumah telah ditempati penghuni sebelumnya, pastikan rumah tidak memerlukan renovasi, tidak ada yang bocor, dll. Hilangkan bau rumah yang lembap atau aroma rumah baru yang biasanya didominasi semen atau bahan bangunan dengan cara menyapu dan mengepelnya.
  2. Mulai dari bagian paling tinggi
    Agar tidak kembali mengotori, mulailah bersihkan ruangan dari yang paling tinggi, yaitu atap dan sudut-sudut plafon. Bersihkan dengan sapu atau kemoceng panjang, dinding dengan spons kering, dan jendela dengan kemoceng. Pastikan debu-debu di sudut-sudut plafon juga sudah hilang.
    Setelah itu, lanjutkan ke bagian yang lebih rendah, mulai dari jendela, pintu, dinding. Terakhir baru menyapu dan mengelap lantai.
  3. Bersihkan bagian yang sulit dijangkau
    Bersihkan lebih detail bagian-bagian yang nantinya akan sulit dijangkau, entah karena terhalang furnitur atau ditutupi furnitur. Bersihkan bagian lantai dan dindingnya dengan disinfektan agar tidak menjadi sarang bakteri.
  4. Bersihkan bagian yang akan sering dipegang
    Beberapa bagian yang sering disentuh antara lain adalah saklar lampu, gagang pintu, keran air, meja, meja dapur, bak cuci piring, dll. Bersihkan dengan lap yang direndam campuran air dan deterjen, lalu keringkan dengan lap yang bersih.
  5. Bersihkan furnitur yang akan dimasukkan
    Pastikan furnitur sudah tidak ada debu lagi sebelum dimasukkan ke dalam rumah. Ini untuk mencegah furnitur tersebut menambah debu di dalam rumah.

Baca juga: Sedang Malas Membersihkan Apartemen? Gunakan Tips Ini!

Sumber: Forbes

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Tips Memiliki Hunian Setelah Menikah

Apakah Anda baru saja menikah dengan pasangan Anda dan ingin mulai mewujudkan impian dalam hidup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *