Tuesday , July 11 2023
Home / Inspiration / Cara Mengajarkan Kemandirian Kepada Anak

Cara Mengajarkan Kemandirian Kepada Anak

Menjadi seorang orang tua memang tidak memiliki buku panduan. Tidak ada cara benar dan salah dalam mendidik anak sendiri. Tetapi, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengajarkan kemandirian kepada anak-anak kita sesuai dengan umurnya.

(Baca juga: Pekerjaan Rumah Yang Tepat Sesuai Umur Anak)

Beberapa cara untuk mengajarkan dan melatih kemandirian anak:

  • Ajarkan mereka untuk selalu kompak
    Ajak anak untuk mengajak semua orang mengobrol, mulai dari kakek, nenek, pengasuh, dll. Ini untuk mengajarkan anak untuk memperlakukan dan berkomunikasi dengan semua orang dengan sama dan setara.
  • Orang tua harus belajar untuk bersabar
    Hindari untuk membentak dan ‘tidak sabar’ kepada anak ketika mereka melakukan sesuatu dalam waktu yang lama atau dengan cara yang salah. Tetaplah bersabar karena semuanya membutuhkan proses
  • Komunikasikan harapan Anda kepada anak
    Jika Anda ingin anak melakukan sesuatu, maka komunikasikan langsung kepada anak. Jika Anda ingin anak mencoba mandi sendiri, cobalah mengatakannya kepada anak dengan pelan-pelan hingga anak mengerti
  • Harus konsisten
    Bukannya memberi bantuan, tapi Anda harus memberi dukungan kepada anak-anak ketika anak sedang belajar. Jika anak merasa bosan atau merasa tidak mampu, maka bukan berarti Anda harus menawarkan bantuan, tetapi menunjukkan dukungan Anda. Jangan sampai satu kali Anda menyuruhnya mandiri dan satu kali Anda memantu. Hal ini akan membuat anak menjadi bingung. Jika Anda konsisten dalam mengajarkan kemandirian kepada anak, maka anak akan lebih cepat belajar.
  • Tunjukan apresiasi dan reward
    Jika anak berhasil melakukan sesuatu, jangan ragu dalam memberikan apresiasi seperti pujian, atau reward yang membuat anak merasa bangga dan mau terus belajar.

(Baca juga: Pekerjaan Rumah Dasar Yang Harus Diajarkan ke Anak)

Cara-Mengajarkan-Kemandirian-Kepada-Anak-square

Sumber: Facebook Komunitas Ibu Kreatif

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Makanan Ramadhan Sehat

Inilah Makanan Ramadhan Sehat yang Perlu Anda Terapkan

Makanan Ramadhan sehat – Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *