Sunday , June 25 2017
Home / Investasi / Faktor Yang Menyebabkan Properti Selalu Menguntungkan

Faktor Yang Menyebabkan Properti Selalu Menguntungkan

Properti memang menjadi salah satu instrumen investasi yang dipilih oleh para investor. Ini karena investasi properti lebih mudah dan sederhana dibandingkan instrumen investasi lainnya. Investasi yang lainnya bisa saja naik turun, tetapi investasi properti jarang, bahkan hampir tidak pernah, menurun. Kenapa begitu? Inilah beberapa faktor yang menyebabkan properti selalu menguntungkan

  1. Harga selalu meningkat
    Walaupun kecepatannya bervariasi, semua jenis properti; baik itu rumah, apartemen, ruko, atau perkantoran, pasti akan mengalami peningkatan harga. Semua ini tergantung dari lokasi serta permintaan akan properti. Rata-rata pemilik properti bisa mendapatkan keuntungan sekitar 5% sampai 20%.
  2. Perkembangan infrastruktur
    Tidak perlu takut membeli properti yang jauh dari pusat kota karena daerah tersebut pasti suatu saat infrastrukturnya akan berkembang. Perkembangan infrastruktur itu juga yang akan turut serta menjadi faktor peningkatan harga properti di sekitarnya.
  3. Pemukiman baru
    Dengan adanya pemukiman baru, maka otomatis infrastruktur di daerah tersebut akan terus dikembangkan, begitu juga sebaliknya. Hal ini juga yang menyebabkan harga properti di daerah tersebut bisa maju dengan pesat.
  4. Inflasi
    Penurunan nilai mata uang adalah salah satu faktor penting dalam peningkatan harga properti. Jika inflasi terjadi, maka harga properti di suatu negara akan semakin mahal, ini karena daya beli masyarakat ikut menurun.
  5. Penemuan mineral berharga
    Ada beberapa kasus dimana investor properti mengalami peningkatan harta yang signifikan karena ternyata tanah miliknya mengandung mineral berharga yang memiliki harga tinggi jika dijual kembali.
  6. Perkembangan daerah komersial
    Area komersial adalah suatu fondasi ekonomi masyarakat yang turut memberikan nilai lebih pada properti di suatu daerah. Properti yang berada dekat dengan daerah komersial yang berkembang akan mengalami kenaikan harga yang signifikan.
  7. Pertumbuhan Ekonomi
    Salah satu fundamental perekonomian suatu negara adalah properti. Sektor properti berkaitan dengan berbagai macam sektor bisnis lainnya adalah yang membuat nilai properti suatu negara selalu stabil. Oleh karena itu, jika nilai properti turun akan berakibat buruk pada sektor-sektor lainnya. Sebab itulah, pemerintah di negara manapun akan berusaha keras mempertahankan nilai properti di negaranya.

Baca tips seputar investasi properti lainnya di Blog Rukamen

Faktor-Yang-Menyebabkan-Properti-Selalu-Menguntungkan-square

Dikutip dari: Majalah Properti-in

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Empat Siklus Properti Yang Wajib Diketahui Investor

Properti masih merupakan instrumen investasi yang dipilih masyarakat Indonesia karena prospek nya yang menjanjikan. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *