Sunday , July 4 2021
Home / Guide / Tips Membaca Brosur Denah Apartemen

Tips Membaca Brosur Denah Apartemen

Setelah mengikuti tips kami tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen, maka Anda akan lebih memiliki gambaran tentang langkah-langkah yang harus diperhatikan. Tetapi ada satu lagi hal yang biasanya sering terlewatkan calon pembeli ketika mempertimbangkan sebuah apartemen, yaitu lembar brosur proyek apartemen tersebut.

Tidak semua orang memahami cara terbaik untuk mengetahui luas dan tata letak suatu unit apartemen secara benar. Memang, membaca denah unit apartemen terlihat mudah, tetapi jika tidak membacanya dengan benar, bisa-bisa Anda nantinya merasa kecewa dengan unit apartemen ketika sudah melihat secara langsung bentuk fisiknya.

Tips-Membaca-Brosur-Denah-Apartemen-square

Menurut Steve Moore, Rekan Senior BSB Design Inc di West Des Moines Iowa, berikut ini adalah tips dan trik membaca denah rumah dari brosur yang kami kutip dari newhomesource.com yang bisa juga diaplikasikan pada apartemen

  • Bayangkan area masuk ke dalam apartemen
    Posisikan diri Anda sebagai seorang tamu dan bayangkan apa saja yang terlihat ketika Anda baru masuk ke dalam unit apartemen. Apakah pemandangannya terlihat bagus dari sisi pintu masuk ke arah dalam unit? Denah yang baik harus memberikan kesan praktis dan rapi. Selanjutnya, perhatikan apakah celah dinding dari ruangan ini ke ruang selanjutnya menampilkan area ruangan umum yang cukup luas, atau langsung ke area pribadi seperti dapur atau kamar mandi
  • Jalan-jalan di sekitar denah
    Gunakan jari telunjuk dan tengah Anda untuk ‘berjalan’ di denah apartemen. Bayangkan bagaimana aktifitas sehari-hari Anda akan terpengaruh dengan denah tersebut. Sebaiknya ada pemisah antara area publik dengan area privat. Perhatikan posisi jendela, apakah cahaya matahari yang masuk cukup?
  • Periksa sirkulasi dan pergerakan
    Bayangkan apakah apartemen memiliki ruang gerang yang nyaman? Apakah posisi dapur sudah pas dengan area makan? Pastikan alur jalanan tidak terkesan sempit dan ada lorong yang menghabiskan ruang.
  • Fokuslah pada ruang keluarga
    Ruang keluarga adalah ruang yang dijadikan sebagai aktifitas sehari-hari. Disinilah area keluarga berkumpul, bersantai, dan menikmati hiburan. Penting agar ruang keluarga terlihat luas sehingga Anda dan keluarga merasa nyaman berkumpul disana.
  • Perhatikan kamar tidur
    Hal kedua yang harus diperhatikan adalah kamar tidur pada unit apartemen. Apakah tata letak semua kamar tidur sudah pas dengan yang Anda mau?
  • Pastikan dimensi setiap ruangan
    Semua brosur pasti mencantumkan dimensi ruangan dengan skala lebih kecil. Bayangkan peletakan perabot Anda, apakah bisa diletakkan di tempat yang Anda mau? Pastikan semua perabot bisa diletakkan dengan posisi proporsional.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *