Thursday , July 13 2023
Home / Guide / Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Kebakaran di Apartemen

Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Kebakaran di Apartemen

Karena beberapa kejadian kebakaran di apartemen belakangan ini, maka ada baiknya kita mengetahui beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan kebakaran di apartemen.

Selain itu, masing-masing penghuni diharapkan untuk menyediakan alat pemadam kebakaran kecil (tabung pemadam) di dalam unit nya masing-masing agar jika terjadi kebakaran, api tidak menjalar ke unit-unit lainnya.

(Baca juga: Tips Mencegah dan Menghadapi Kebakaran di Apartemen)

Kebiasaan-Yang-Bisa-Menyebabkan-Kebakaran-di-Apartemen-square

Menurut National Fire Protection Association Amerika Serikat, berikut ini adalah kebiasaan yang memicu kebakaran di rumah dan apartemen

Kebiasaan Penyebab Kebakaran

  • Meninggalkan kompor ketika memasak
    Kebanyakan orang meninggalkan kompor ketika memasak sesuatu yang memakan waktu lama untuk mendidih/matang. Panci kosong yang didiamkan terlalu lama di atas api, ditambah dengan peletakkan bahan-bahan kain seperti lap dapur di dekat kompor adalah salah satu penyebab umum kebakaran di apartemen.
  • Merokok di dalam unit
    Jika memang kebiasaan merokok tidak bisa dihentikan, usahakan untuk tidak merokok di dalam atau di teras apartemen. Api yang ada di puntung rokok bisa saja menyambar ke tirai, karpet, sofa, atau pakaian. Sediakan wadah khusus untuk membuang puntung rokok, pastikan terdapat pasir di dalamnya. Rokok yang dibuang ke tempat sampah dan belum padam sepenuhnya bisa membakar kertas dan plastik, sehingga menjalar ke barang-barang lainnya.
  • Menyalakan lilin
    Memang menyalakan lilin aroma terapi bisa membuat Anda merasa lebih rileks. Tapi jangan pernah lupa mematikkan lilin ketika akan meninggalkan apartemen atau jika Anda ingin beranjak tidur. Jika memang ingin menikmati aromaterapi saat tidur, pastikan lilin tersebut akan otomatis mati jika lilin sudah habis. Jangan meletakkan lilin tanpa wadah dan alas di atas meja karena api bisa menyambar benda di sekitarnya.

Kebiasaan-Penyebab-Kebakaran

  • Keadaan dan peletakkan kabel
    Secara berkala, pastikan keadaan kabel di seluruh unit apartemen masih bagus dan tidak digigit binatang. Kabel rusak adalah sumber korsleting listrik. Selain itu, penggunaan stok kontak secara berlebihan juga memicu resiko kebakaran karena penggunaan daya listrik yang tinggi
  • Penggunaan perabotan sumber panas
    Selain kompor, barang-barang yang menggunakan sumber panas lainnya sebaiknya tidak digunakan tanpa pengawasan. Jika sedang menyetrika atau memanggang roti, jangan lupa untuk mematikannya sebelum beranjak pergi.
  • Cara menyimpan bahan kimia
    Cat, pembersih lantai, dan bahan kimia lainnya harus diletakkan di area sejuk dan jauh dari panas dan dengan sirkulasi baik
  • Kegiatan barbeque
    Jika Anda sering melakukan barbecue di teras apartemen, pastikan bara api tidak tersisa di dalam pemanggang. Setelah selesai digunakan, segera bersihkan alat pemanggang dan matikan seluruh arangnya. Jika perlu, siram dengan air.

Baca juga: Neo Soho Terbakar, Akankah Harga Jual Turun?)

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *