Saturday , January 2 2021
Home / Guide / Tips Mencegah dan Menghadapi Kebakaran di Apartemen
kebakaran di apartemen
Foto: Fatur Rahman

Tips Mencegah dan Menghadapi Kebakaran di Apartemen

Tinggal di apartemen berarti kita harus lebih waspada terhadap bahaya kebakaran. Bayangkan jika karena ada kesalahan sedikit saja, seluruh isi gedung apartemen harus dievakuasi. Proses evakuasi pada gedung tinggi juga tentunya tidak mudah. Jika ada kebakaran di apartemen, sambungan listrik otomatis akan dimatikan, elevator tidak berfungsi, dan orang-orang harus melewati tangga darurat.

Source: fox6now.com

Bayangkan bagaimana kekacauan yang akan terjadi jika terjadi kebakaran di gedung apartemen. Karena itu, sebagai penghuni apartemen, ada baiknya kita mengetahui cara mencegah dan mengatasi kebakaran sebagai bekal pengetahuan. Berikut ini adalah beberapa hal yang berhubungan dengan pencegahan dan penyelesaian bencana ini.

Kebakaran di Apartemen

Foto: Fatur Rahman
Foto: Fatur Rahman

Baca juga: Inilah Cara Investasi Apartemen dengan Cerdas

Hindari merokok di dalam apartemen
Asap rokok dapat menyebabkan smoke detector menyala, karena itu hindari merokok di dalam kamar atau unit apartemen. Selain tidak merokok di dalam unit, usahakan untuk tidak pernah membuang puntung rokok sembarangan. Api rokok yang belum mati seluruhnya bisa menimbulkan api jika terkena angin dan benda yang mudah terbakar.

Source: idaptweb.com

Periksa kondisi smoke detector
Berbicara mengenai smoke detector, sudah merupakan tugas dari pengelola dan pengembang apartemen untuk menyediakan dan melengkapi unit apartemen dan setiap lantai apartemen dengan alat pendeteksi kebakaran di apartemen. Tugas Anda adalah untuk memastikan bahwa alat tersebut sudah terpasang dan berfungsi dengan baik.

Source: 123rf.com

Cari tahu letak tangga darurat
Hal paling mendasar yang harus Anda ketahui segera ketika pindah ke apartemen adalah mengetahui di mana saja letak tangga darurat. Letak tangga darurat sangat penting agar ketika dalam kondisi emergency, Anda tidak panik mencari-cari tangga darurat sehingga Anda bisa langsung menuju ke tangga darurat tersebut.

Source: safetynetwork.com.au

Cari tahu jalur evakuasi
Selain letak tangga darurat, pelajari jalur evakuasi ketika terjadi bencana seperti kebakaran dan gempa bumi. Ketika dalam kondisi tidak terduga, orang mudah panik. Pastikan Anda juga bisa menjelaskan kepada penghuni apartemen lainnya mengenai jalur evakuasi dan letak meeting point atau titik bertemu agar petugas bisa dengan mudah mencari Anda untuk memberikan pertolongan.

Source: istockphoto.com

Cari tahu letak alat pemadam (hidran)
Cari tahu letak alat tersebut di sekitar unit Anda, atau jika perlu, sediakan satu tabung pemadam kecil di dalam unit agar Anda lebih sigap jika suatu hari terjadi kebakaran sehingga Anda bisa memadamkan api secara cepat.

Source: tes.com

Periksa kondisi listrik

Sebaiknya Anda juga memeriksa kondisi listrik di dalam unit secara berkala. Jika terdapat kabel yang rapuh atau aus, segera minta perbaikan atau penggantian. Ini untuk meniadakan peluang terjadinya kebakaran di apartemen. Selain itu, periksa juga kondisi kompor gas yang digunakan memasak, jangan sampai ditemukan kebocoran yang berpotensi terjadinya ledakan.

Source: pramworld.co.uk

Cabut kabel ketika tidak digunakan
Selain menghemat listrik, mencabut kabel ketika tidak digunakan bisa mencegah terjadinya tegangan pendek, atau yang biasa disebut konslet. Konslet bisa menyebabkan kebakaran.

Ikuti tips kami seputar kehidupan di apartemen lainnya di Blog Rukamen

Source: id.pinterest.com

Baca juga: Tips Jitu Menata Perpustakaan di Apartemen Kecil

Jika apartemen Anda saat ini sedang dijadikan ladang investasi, baik dalam masa angsuran ataupun tidak, sudah saatnya Anda beralih ke Saleshack dalam segi pemasarannya! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda. Praktis, mudah dan cepat, bukan?

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *