Tuesday , June 18 2019
Home / Guide / Tips Mencegah dan Menghadapi Kebakaran di Apartemen
Foto: Fatur Rahman

Tips Mencegah dan Menghadapi Kebakaran di Apartemen

Tinggal di apartemen berarti kita harus lebih waspada terhadap bahaya kebakaran. Bayangkan jika karena Anda salah sedikit saja, seluruh isi gedung apartemen harus di  evakuasi. Proses evakuasi pada gedung tinggi  juga tidak mudah, jika ada kebakaran, sambungan listrik otomatis akan dimatikan, lift tidak berfungsi, dan orang-orang harus melewati tangga darurat.

Bayangkan bagaimana kekacauan yang akan terjadi jika terjadi kebakaran di gedung apartemen. Karena itu, sebagai penghuni apartemen, ada baiknya kita mengetahui cara mencegah dan mengatasi kebakaran di apartemen. Berikut ini adalah beberapa hal yang berhubungan dengan pencegahan dan penyelesaian bencana kebakaran di apartemen.

Foto: Fatur Rahman
Foto: Fatur Rahman

Hindari merokok di dalam apartemen
Selain merokok di dalam unit, jangan pernah membuang puntung rokok sembarangan. Api rokok yang belum mati sempurna bisa menimbulkan api jika terkena angin dan benda yangmudah terbakar. Asap rokok juga menyebabkan smoke detector menyala, karena itu hindari merokok di dalam kamar atau unit apartemen.

Cari tahu letak tangga darurat
Hal paling mendasar yang harus Anda ketahui segera ketika pindah ke apartemen adalah dimana saja letak tangga darurat. Letak tangga darurat sangat penting agar ketika dalam kondisi kaget, Anda tidak panik dan bisa langsung menuju ke tangga darurat tersebut.

Cari tahu jalur evakuasi
Selain letak tangga darurat, pelajari jalur evakuasi ketika terjadi bencana seperti kebakaran dan gempa bumi. Ketika dalam kondisi tidak terduga, orang mudah panik. Pastikan Anda juga bisa menjelaskan kepada penghuni apartemen lainnya mengenai jalur evakuasi dan letak meeting point atau titik bertemu agar petugas bisa dengan mudah mencari Anda untuk memberikan pertolongan.

Periksa kondisi smoke detector
Sudah merupakan tugas dari pengelola dan pengembang apartemen untuk menyediakan dan melengkapi unit apartemen dan setiap lantai apartemen dengan alat pendeteksi kebakaran. Tugas Anda adalah untuk memastikan bahwa alat tersebut sudah terpasang dan berfungsi dengan baik.

Cari tahu letak alat pemadam (hidran)
Cari tahu letak alat tersebut di sekitar unit Anda, atau jika perlu, sediakan satu tabung pemadam kecil di dalam unit agar Anda lebih sigap jika suatu hari terjadi kebakaran dan bisa memadamkan api secara cepat.

Periksa kondisi listrik

Sebaiknya Anda juga memeriksa kondisi listrik di dalam unit secara berkala. Jika terdapat kabel yang rapuh atau aus segera minta perbaikan atau penggantian. Ini untuk meniadakan peluang terjadinya kebakaran. Selain itu, periksa juga kondisi kompor gas yang digunakan memasak, jangan sampai ditemukan kebocoran yang berpotensi terjadinya ledakan.

Cabut kabel ketika tidak digunakan
Selain menghemat listrik, mencabut kabel ketika tidak digunakan bisa mencegah terjadinya tegangan pendek, atau yang biasa disebut konslet. Konslet bisa menyebabkan kebakaran.

Ikuti tips kami seputar kehidupan di apartemen lainnya di Blog Rukamen

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Banyak Insiden Kebakaran Apartemen, Ini Kewajiban Pengelola & Penghuni

Pada tanggal 4 Oktober lalu, terjadi kebakaran di Apartemen Cinere Bellevue, Depok. Kebakaran terjadi karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *