Friday , May 24 2019
Home / Inspiration / Tips / Tips Jitu Menata Perpustakaan di Apartemen Kecil
Perpustakaan di Apartemen
Perpustakaan di Apartemen

Tips Jitu Menata Perpustakaan di Apartemen Kecil

Hanya karena Anda tinggal di apartemen berukuran kecil, bukan berarti Anda hanya bisa membaca buku-buku favorit Anda dari gadget saja. Bila Anda pusing menata perpustakaan di apartemen karena ada lusinan atau bahkan puluhan buku di seluruh penjuru unit, berikut kami sediakan tips jitu menata semua buku-buku kesayangan Anda.

 

Gunakan Rak Buku sebagai Sekat

Jika Anda tinggal di apartemen studio atau perlu membagi satu kamar menjadi beberapa bagian, pertimbangkanlah untuk membeli sebuah rak buku besar dengan desain ramping dan tidak ribet untuk diatur. Gunakan rak ini untuk membagi ruangan, sehingga Anda tidak perlu membeli penyekat atau menggantung tirai pembatas lagi. Tata semua judul buku Anda dengan rapi (bisa disusun berdasarkan warna, judul buku, nama penulis atau tahun terbit).

 

Memanfaatkan Keberadaan Lemari

Jika Anda memiliki lemari yang tidak digunakan di apartemen Anda, atau mungkin lemari yang saat ini Anda miliki masih memiliki lumayan banyak sisa tempat, Anda dapat membuat perpustakaan di apartemen di sini. Hal ini tentunya menghindari buku-buku Anda terkena debu juga. Jika Anda memiliki walk-in closet, Anda dapat menaruh kursi atau bean bag di dalamnya untuk menjadikannya sebuah lemari baju plus ruang baca yang nyaman.

 

Buat Perpustakaan Kamar Tidur

Selain sekat, Anda dapat meletakkan satu set rak buku yang cocok di kedua sisi tempat tidur Anda. Secara tidak langsung, Anda membentuk sebuah barikade tempat tidur tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Anda juga bisa menggunakannya sebagai nightstand saat dibutuhkan. Selain itu, Anda bisa menaruh rak buku kecil di ujung tempat tidur Anda sebagai penganti bangku atau meja. Anggapannya, Anda tidak perlu repot-repot mengambil buku dari ruangan lain jika ingin membaca sebelum tidur.

Baca juga: Apa itu KPA dan Bagaimana Cara Mengajukannya

 

Perpustakaan di Apartemen

 

Letakkan Buku Anda di Atas Roda

Buat perpustakaan di apartemen Anda seperti sebuah perpustakaan bergulir yang gampang dipindahkan ke mana saja. Kotak atau wadah penyimpanan yang dilengkapi roda kecil di bawahnya bisa digunakan untuk menampung semua buku kesayangan Anda. Kelebihan menggunakan jenis penyimpanan ini adalah fleksibilitasnya, di mana Anda tinggal mendorongnya ke ruangan lain saat tamu berkunjung atau menggunakannya sebagai meja sementara terhadap barang-barang Anda di saat-saat darurat.

 

Tempatkan di Mana Pun Anda Bisa

Jika Anda berjuang untuk mendedikasikan satu area sepenuhnya untuk buku-buku Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkannya secara terpisah ke berbagai ruang di sekitar apartemen Anda. Anda bisa menyusun perpustakaan di apartemen dengan menyortir beberapa buku fiksi di samping tempat tidur, non-fiksi di dekat lemari baju, atau buku-buku masak di dapur, misalnya. Yang terpenting, buatlah penempatan semacam ini terlihat tidak ceroboh dan berantakan. Selain itu, Anda juga harus rajin memeriksa setiap sortiran buku-buku ini untuk memastikan tidak terkena debu atau dikunjungi rayap karena terlalu lama dibiarkan begitu saja.

Sumber: ApartmentRatings.com

Baca juga: Wallpaper Dinding 3D, Tren Baru dalam Mempercantik Hunian

 

Begitulah tips-tips jitu dan inspiratif untuk Anda yang ingin menyusun perpustakaan di apartemen dengan rapi dan menarik. Bagi Anda yang mungkin ingin membantu orang di sekitar Anda untuk ini, dan jika Anda memiliki properti berupa rumah atau apartemen untuk disewakan, cobalah jasa Saleshack yang mudah, murah dan cepat. Saleshack adalah jasa pemasaran properti yang hanya dengan IDR 399,000.00 nett saja, properti Anda sudah ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia. Sangat gampang dan tanpa biaya komisi tambahan, bukan?

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *