Sunday , July 16 2023
Home / News / Info / Neo Soho Terbakar, Akankah Harga Jual Turun?

Neo Soho Terbakar, Akankah Harga Jual Turun?

Kebakaran di gedung ritel dan perkantoran Neo Soho Podomoro City terjadi pada haru Rabu tanggal 9 November 2016 pukul 8.30 malam dan berhasil dipadamkan 2 jam kemudian. Gedung yang terbakar bukanlah gedung mall, melainkan gedung di atasnya, yaitu gedung SoHo (small office home office) yang rencananya akan diserahterimakan secara bertahap mulai kuartal IV-2016 ini. Gedung tersebut masih kosong, sehingga tidak ada korban jiwa pada kebakaran tersebut.

Corporate Secretary APLN, Justini Omas, mengatakan bahwa api berasal dari P9 dan menjalar ke atas. Api terlihat besar karena angin sedang kencang ketika kebakaran berlangsung. Api menjalar ke sisi fasad (sisi luar gedung) yang masih terbungkus plastik ACP. Hembusan tersebut mengakibatkan api cepat membesar di sisi luar gedung.

image

Apakah harga gedung apartemen dan kantor yang terbakar akan menurun?

Tercatat bahwa kebakaran gedung tinggi baru di Jakarta sejak Agustus 2016 hingga awal November 2016 telah terjadi selama tiga kali. Ketiga gedung yang dibangun oleh tiga pengembang berbeda adalah Swiss-belhotel di Jl. Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, kedua adalah apartemen Casa Domaine di Jl KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat, dan yang terbaru adalah gedung Neo Soho di Jl. S. Parman, Jakarta Barat. Ketiga gedung ini belum selesai dibangun ketika kebakaran terjadi.

Menurut CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hartono, harga gedung apartemen atau kantor yang terbakar tidak akan turun selama penanganan terhadap kebakaran tersebut benar dan sesuai prosedur, serta penyelesaiannya secara tuntas. Contoh yang diberikannya adalah kasus Gedung Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang dibom pada tahun 2000 lalu tidak membaut harga sewanya menurun.

Walaupun sempat susah disewakan kepada calon tentant selama jangka waktu pendek sesudah pengeboman, sekarnag ini gedung BEJ merupakan salah satu gedung perkantoran termahal di Jakarta dengan harga sewa Rp 680.000 per meter persegi. Hal ini juga sama bagi gedung-gedung yang baru terbakar, seperti Casa Domaine dan Neo Soho Podomoro City.

Dalam jangka pendek, akan ada dampak yang terlihat dari sisi harga dan penjualan yang menurun, tapi setelah diperbaiki dan direnovasi maka harganya akan kembali seperti semula.

Ingin jual, beli, atau sewa apartemen? Buka Rukamen

Sumber: Kompas Properti

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *