Friday , August 18 2017
Home / Guide / Inilah Keunggulan Bisnis Properti Apartemen
keunggulan bisnis properti

Inilah Keunggulan Bisnis Properti Apartemen

Para pengamat mengatakan bahwa pasar properti tahun ini akan meningkat dan mempunyai keunggulan bisnis properti. Indikasinya dari kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan, salah satunya adalah penurunan Loan to Value (LTV). Dikutip dari buku “Cara Kaya Melalui Properti” oleh Panangian Simanungkalit.

inilah beberapa keunggulan bisnis properti.

  1. Adanya nilai tambah (added value)
    Dalam investasi properti akan terdapat tambahan nilai karena pengembangan bangunan di atas sebidang tanah. Jika bangunan tersebut berada di lokasi strategis dengan akses dan fasilitas baik, maka nilai tambahnya akan semakin tinggi.
  2. Peningkatan pendapatan tahunan
    Jika seorang investor mengembangkan sebidang tanah menjadi rumah atau ruko, maka ia akan menerima uang sewa itulah keunggulan bisnis properti. Uang sewa tersebut akan terus naik karena kelangkaan tanah sementara permintaannya selalu meningkat.
  3. Peningkatan nilai tanah
    Apresiasi nilai tanah terjadi karena jumlah manusia semakin bertambah, sedangkan jumlah tanah tidak akan bertambah. Inilah kenapa harga tanah terus meningkat setiap saat.
  4. Investasi jangka panjang
    Investasi properti memiliki nilai lebih tahan lama dibanding instrumen investasi lainnya, seperti deposito atau emas. Investasi bisnis properti memiliki jangka waktu rata-rata 305 tahun, setelah itu perkembangan nilainya akan menghasilkan capital gain.
  5. Daya pengungkit investasinya tinggi
    Jika Anda berinvestasi sejumlah Rp 100 juta sebagai uang muka, maka nilai investasi Anda bisa sebesar Rp 500 juta (lima kali lipat), karena sisa Rp 400 juta dibayar dengan pembiayaan bank. Jika nilai investasi naik 10% menjadi Rp 550 juta, maka keuntungan yang Anda dapatkan adalah Rp 50 juta, atau 50% dari investasi awal.
  6. Melindungi dari inflasi
    Tanah dan bangunan dibeli untuk menjaga investasi tersebut agar tidak terkena dampak inflasi. Orang yakin membeli properti karena nilai investasinya tidak akan turun, bahkan akan terus meningkat.
  7. Agunan yang baik
    Properti adalah jaminan yang paling solid, karena itulah bank lebih mempercayai agunan dalam bentuk properti dibanding investasi keuangan.
  8. Kebanggaan karena kepemilikan
    Keunggulan bisnis properti lainnya ialah rasa bangga terhadap kepemilikan properti biasanya lebih tinggi karena properti juga dapat menghasilkan pendapatan dari sewa.

Baca juga: Faktor Yang Menyebabkan Properti Selalu Menguntungkan

image

Sumber: Liputan6 Properti

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Secara Hukum, Bolehkah Pengembang Menjual Apartemen Sebelum Izin Terbit?

Seperti yang kita ketahui, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, meminta agar pengembangan kota baru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *