Friday , May 29 2020
Home / Guide / Pekerjaan Rumah Dasar Yang Harus Diajarkan ke Anak

Pekerjaan Rumah Dasar Yang Harus Diajarkan ke Anak

Mengajarkan anak tentang cara melakukan pekerjaan rumah lebih baik jika dilakukan sedini mungkin. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan rumah dasar yang sebaiknya bisa dilakukan oleh anak-anak Anda

  1. Mencuci pakaian
    Anak yang sudah menginjak umur 2 tahun sebaiknya diajarkan tentang cara memisahkan baju kotor. Anak umur 2 tahun akan merasa bahwa pekerjaan ini adalah sebuah permainan. Di atas 2 tahun, anak bisa membantu memasukkan baju kotor ke dalam mesin cuci, sedangkan anak-anak yang sudah mulai sekolah bisa diajarkan cara melipat pakaian bersih, serta diajarkan cara memasukkan pakaian kotor dan mengeluarkan pakaian bersih ke dan dari mesin cuci. Anak-anak di atas 8 tahun sudah cukup besar untuk diberikan tanggung jawab penuh untuk mencuci pakaian, serta menjemur pakaian. Ajarkan juga anak-anak perempuan yang sudah masuk ke SMP untuk mencuci sendiri pakaian dalam mereka.
  2. Mencuci piring-piring kotor
    Salah satu pekerjaan rumah mendasar yang harus bisa dilakukan oleh anak-anak di atas 5 tahun adalah mencuci piring. Tapi sebaiknya dilakukan bertahap, dimulai dari barang-barang ringan, seperti hanya membilas piring yang sudah dibersihkan. Anak-anak berumur 7-8 tahun bisa membantu mengeringkan piring atau memasukkan piring bersih ke dalam lemari. Pastikan untuk sedini mungkin mengajarkan tentang prinsip keselamatan pada mencuci piring. Misalnya, ajarkan anak untuk memisahkan pisau dan barang-barang tajam lainnya ketika mencuci agar tidak terluka.
  3. Merapikan tempat tidur
    Kemampuan merapikan tempat tidur merupakan salah satu kemampuan dasar yang bernilai. Mulai dengan hal mudah seperti memperlihatkan kepada mereka cara merapikan tempat tidur kepada anak Anda yang berumur 2 tahun. Ajarkan kepada mereka untuk meletakkan boneka-boneka, bantal, dan guling di tempat yang mereka inginkan. Ini adalah cara agar mereka menanti-nantikan waktu membereskan tempat tidur ketika pagi. Jangan letakkan terlalu banyak barang di atas tempat tidur agar anak tidak bingung.
  4. Menyapu lantai
    Walaupun ini adalah pekerjaan sederhana, cara menyapu lantai dengan efektif harus diajarkan kepada anak. Anak umur 4 tahun bisa diajak bekerja sama memegang pengki ketika Anda selesai menyapu. Anak umur 7-8 tahun, anak sudah bisa diajarkan untuk menyapu secara menyeluruh.
  5. Mengepel lantai
    Mengepel lantai bisa diajarkan kepada anak yang sudah masuk sekolah. Tujuannya adalah agar ketika anak berumur 9-10 tahun, anak sudah bisa mengepel sendiri tanpa diawasi. Ajari mereka cara menyiapkan ember, air, cara memeras kain pel, dan bagaimana cara mengepel bagian yang sulit. Ajarkan kepada anak jika ada kain pel berbeda yang harus digunakan pada lantai-lantai tertentu, seperti kayu.
  6. Merapikan barang-barang yang tidak digunakan
    Pekerjaan ini adalah pekerjaan berguna yang akan diperlukan sampai anak sudah dewasa. Ajak anak secara berkala merapikan dan menyingkirkan semua barang yang sudah tidak diinginkan. Bonus tambahan adalah untuk mendorong anak menyumbang barang-barang yang sudah tidak digunakan tersebut kepada panti asuhan dan orang-orang lain yang membutuhkan.

image

Sumber: House Keeping

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *