Thursday , May 24 2018
Home / Inspiration / Tips / Cara Orang Swedia Membuat Apartemen Studio Terasa Lebih Luas

Cara Orang Swedia Membuat Apartemen Studio Terasa Lebih Luas

Apakah Anda merasa bahwa apartemen Anda tidak pernah bisa rapi? Baru saja dibereskan, tapi tetap saja terlihat berantakan? Tenang, Anda tidak sendiri. Apalagi jika luas apartemen tidak terlalu besar. Banyak barang-barang yang tudak memiliki tempatnya. Bagaimana cara memaksimalkan ruang di rumah atau apartemen dengan luasan tidak terlalu besar?

Berikut ini adalah cara orang-orang Swedia memaksimalkan ruangan dengan menggunakan gaya minimalisme. Hanya dengan beberapa trik dan kebiasa, Anda bisa menjadi orang yang cukup minimalis sehingga rumah Anda bisa telihat luas dan rapi.

Inilah sembilan cara mudah untuk memaksimalkan ruang di apartemen studio

Ciptakan penyimpanan rahasia

Jika di apartemen studio Anda tidak memungkinkan untuk diletakkan emari, ciptakan tempat penyimpanan yang baru. Gunakan tempat tidur yang memiliki penyimpanan di bawahnya, dan simpan baju-baju Anda disitu. Cari ruang-ruang yang bisa digunakan untuk penyimpanan tambahan, contohnya menggunakan bagian atas lemari dapur untuk tempat penyimpanan

Tetap terorganisir

Jika Anda menyimpan barang-barang personal Anda di tempat penyimpanan tersembunyi, gunakan sebuah inventori ketika merapikannya dan simpan dokumen tersebut dengan sebuah map organisasional. Dengan adanya sistem organisasi ini, Anda bisa menemukan semua barang yang Anda cari dengan mudah ketika membutuhkannya.

Pisahkan area umum dengan area pribadi

Ciptakan area terpisah untuk pekerjaan-pekerjaan berbeda di studio Anda. Jangan lupa untuk tetap kreatif dalam menggunakan ruang Anda untuk memaksimalkan kegunaannya. Contohnya, sebuah area makan bisa digunakan untuk area pesta. Jangan lupa juga untuk memisahkan area tidur dengan area tamu.

Sering-sering eliminasi barang

Secara berkala, lakukan pembersihan secara menyeluruh dan buang semua barang-barang yang sudah tidak digunakan. Paling tidak, lakukan hal ini dua kali setahun. Jika Anda menemukan sesuatu yang sudah lama tidak digunakan, jangan letakkan kembali barang tersebut di tempatnya. Buang atau donasikan barang tersebut secepatnya.

Rotasi pakaian Anda

Paling tidak dua kali setahun, rotasi pakaian yang Anda miliki. Luangkan waktu untuk mengubah letak-letak lemari baju Anda sehingga memilih pakaian setiap hari menjadi lebih mudah.

Gunakan perabotan multifungsi

Salah satu syarat utama ketika tinggal di apartemen studio yang pastinya sudah Anda ketahui adalah untuk menggunakan furnitur multifungsi. Jika Anda menyukai sebuah tempat duduk, pastikan tempat duduk tersebut juga bisa menjadi tempat penyimpanan.

Hanya gunakan barang-barang yang benar-benar Anda sukai

Tempat yang terbatas membuat Anda harus lebih memilah barang-barang yang diletakkan di dalamnya. Jika Anda tidak benar-benar menyukai suatu barang, janganlah membelinya. Teruslah mencari sampai Anda menemukan barang yang benar-benar Anda sukai.

Lebih Dikit Lebih Baik

Meletakkan aksesoris kecil dalam jumlah banyak bisa membuat suatu ruangan menjadi lebih terlihat berantakan. Semakin sedikit barang yang Anda miliki, lebih besar ruangan Anda terasa. Selain itu, jangan gunakan furnitur yang terlalu besar, hanya gunakan yang benar-benar dibutuhkan, gunakan kamar hotel sebagai referensi Anda.

Bersih-besih secara teratur

Rumah yang rapi adalah rumah bahagia. Apartemen Anda akan terasa lebih besar secara alami ketika keadaannya bersih dan bebas berantakan. Singkirkan baju-baju, lap meja dapur, sapu setiap hari.

Sumber: Apartment Therapy

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Apartemen Elegan di Paris Ini Luasnya Hanya 18 Meter Persegi!

Pasti Anda tidak akan menyangka kalau apartemen di Paris yang sangat elegan ini luasnya hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *