Monday , September 20 2021
Home / Inspiration / Tips / Inilah Bagaimana Cara Perpanjang Sertifikat HGB Apartemen
cara perpanjang sertifikat hgb apartemen

Inilah Bagaimana Cara Perpanjang Sertifikat HGB Apartemen

HGB atau yang disebut Hak Guna Bangunan merupakan salah satu hal penting dalam setiap pembelian unit apartemen. Pada artikel ini akan dibahas bagamana cara perpanjang sertifikat HGB apartemen yang Mungkin selama ini masyarakat masih bingung perihal antara hak milik properti, hak kepemilikan tanah dan juga hak guna bangunan. Di dalam bisnis properti, sebenarnya untuk urusan legalitas sama saja dengan pembelian rumah. Namun hal yang membedakan di sini adalah bukti kepemilikan tanah. Untuk perumahan biasanya sertifikat yang akan dimiliki oleh pemilik rumah adalah SHGB dan juga SHM. Namun untuk pemilik unit apartemen, sertifikat yang akan dimiliki oleh penghuni apartemen adalah SHGB atau Sertifikat Hak Guna Bangunan. Berikut ini adalah cara untuk perpanjang sertifikat HGB apartemen yang wajib untuk diketahui bagi setiap pemilik unit apartemen.

Mendapatkan Pemberitahuan

Cara perpanjang sertifikat HGB apartemen yang pertama adalah Anda harus mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu. Jika Anda belum mendapatkan pemberitahuan, itu tandanya SHGB Anda masih berlaku dan belum jatuh tempo. Saat SHGB sudah jatuh tempo pemakaiannya, tim dari Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun akan mendatangi penghuni apartemen untuk memperpanjang SHGB yang dimiliki. Biasanya SHGB bisa digunakan dalam jangka waktu sekitar 20 sampai dengan 30 tahun. Jika sudah lewat dari 20 tahun atau 30 tahun, penghuni apartemen seperti apartemen Kalibata City akan diberikan pemberitahuan bahwa masa berlaku SHGB nya telah habis.

Mengisi Formulir Permohonan

Cara perpanjang sertifikat hgb apartemen selanjutnya ialah diberikan pemberitahuan bahwa SHGB Anda segera berakhir. Anda bisa mengisi formulir surat permohonan untuk memperpanjang SHGB. Nantinya, formulir dan surat permohonan untuk memperpanjang SHGB tersebut akan diperkuat menggunakan materai sehingga kuasanya kuat, tidak hanya cukup menggunakan tanda tangan saja. Isi dari formulir permohonan ini mencakup tentang data diri atau identitas diri dari pemohon, menerangkan berapa luas, letak dan penggunaan tanah yang dimohon, pernyataan bahwa tanah bukan tanah sengketa dan surat pernyataan bahwa tanah dikuasai secara fisiknya.

Cara Perpanjang Sertifikat HGB Apartemen

cara perpanjang sertifikat hgb apartemen

Melengkapi Dokumen Penting

Setelah mengisi formulir, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi oleh penghuni apartemen yang ingin memperpanjang SHGB. Dokumen itu nantinya akan melengkapi syarat administrasi perpanjangan SHGB. Berikut ini adalah dokumen yang harus dilengkapi dan penghuni apartemen siapkan :

  • Surat kuasa. Surat kuasa ini harus ada jika apartemen tersebut dikuasakan kepada orang lain yang telah diberi kuasa
  • Melampirkan fotokopi identitas asli dari pemohon perpanjangan SHGB.
  • Melampirkan fotokopi kartu keluarga atau KK atau kartu izin untuk menetap apabila apartemen tersebut dikuasakan. Biasanya petugas loket akan memeriksa kecocokan dengan surat kuasa yang dikuasakan.
  • Melampirkan fotokopi akta pendirian dan juga akta pengesahan berbadan hukum. Akta tersebut harus dicek oleh petugas loket terlebih dahulu.
  • Melampirkan sertifikat Hak Guna Bangunan yang asli.
  • Fotokopi SPPT PBB yang sudah dicocokkan aslinya oleh petugas loket.

Membayar Biaya

Memperpanjang SHGB ini lebih murah dibandingkan dengan memperpanjang SHM atau Sertifikat Hak Milik, oleh sebab itu besarnya biaya untuk memperpanjang SHGB tidak akan memberatkan pemilik apartemen tersebut. Jumlah yang harus dibayarkan ini berdasarkan dengan Nilai Jual Objek Pajak ( NJOP ) atau bisa juga di atas NJOP. Sebagai aturan umum untuk perpanjangan SHGB apartemen ini adalah dengan menghitung luas tanah di apartemen setelah itu dibagi dengan jumlah unit yang ada, lalu dikalikan dengan luas unit per meter persegi. Sehingga semakin luas apartemen Anda, maka biaya SHGB pun semakin banyak.

Bagi Anda yang ingin membeli apartemen dengan SHGB, Anda bisa mengakses rukamen. SHGB sendiri merupakan syarat wajib yang harus ada ketika Anda akan membeli apartemen. Membeli apartemen melalui rukamen pun memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan selain apartemen dilengkapi dengan sertifikat HGB, Anda juga bisa melakukan cara perpanjang sertifikat HGB apartemen yang mudah dan tidak ribet.

About fadhil

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *