Tuesday , December 18 2018
Home / Inspiration / Desain Ruangan di Rumah Ini Bisa Diubah-ubah

Desain Ruangan di Rumah Ini Bisa Diubah-ubah

Situs arsitektur dan desain, Dezeen, melakukan kerjasama dengan merk MINI Living dalam membuat desain apartemen di serial video yang mereka namakan Dezeen x Mini Living. Serial ini adalah sebuah kerja sama selama setahun untuk mencoba merancang arsitektur dan desain yang bisa menciptakan masa depan urban yang ternag melalui serial video dan pembicaraan-pembicaraan.

Serial video ini juga bekerja sama dengan perusahaan arsitektur asal Swedia, White Arkitekter, untuk membuat sebuah apartemen yang bisa diubah-ubah bentuknya sesuai dengan keperluan penghuninya.

Dinamakan Drömlägenheten, yang diterjemahkan dari bahasa Swedia artinya “rumah impian”, apartemen prototipe di Linköping, Swedia ini memiliki fitur tembok interior yang bisa dipindah-pindah ke posisi-posisi berbeda-beda.

Ini memungkinkan area tengah untuk dijadikan sebagai area ruang tamu dan area makan, sebagai dapur dan kamar tidur, tergantung keperluan penghuni nya. White Arkitekter menjelaskan rumah ini sebagai ‘komsep kediaman universal” yang bisa menjadi rumah bagi penghuni dengan keperluan berbeda-beda, mulai dari orang-orang lanjang hingga keluarga dengan banyak anak sekalipun.

Apartemen ukuran 55 meter persegi ini pusatnya berada di sekitar sebuah ruangan dengan konsep terbuka, dengan unit sofa dan dapur berada di kedua tembok berhadapan, dan juga ruang untuk furnitur, termasuk meja makan dan kursi-kursi.

Partisi yang berada di atap di salah satu sisi ruangan bisa ditarik kebawah untuk menciptakan tiga kamar tidur kecil di satu sisi. Kamar-kamar ini dipisahkan dengan sebuah gorden yang kedap suara, dengan kasur ukuran single dan meja-meja yang bisa dilipat ke tembok.

Di ruang keluarga utama juga terdapat sebuah kasur ukuran double yang disimpan di balik atap, yang bisa diturunkan sehingga ruang tamu diubah menjadi ruang tidur utama.

Dapurnya memiliki permukaan-permukaan meja yang bisa disingkirkan untuk memaksimalkan area yang ada, sementara di bagian bawahnya terdapat tempat penyimpanan untuk meja lipat, kursi, dan barang-barang lainnya.

Fitur hemat ruang lainnya juga terdiri dari sebuah area kosong untuk menyimpan sepeda di atap koridor, sebuah ruang mencuci yang memiliki lantai yang bisa diangkat dan di bawahnya terdapat sebuah bathtub tersembunyi.

Tonton video di bawah ini untuk melihat lebih detail interior dari Drömlägenheten

Baca juga: Unik! Menara Kontrol Udara di Airport Stockholm Diubah Menjadi Apartemen Mewah

 

Sumber: Dezeen

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

5 Tren Interior Kamar Tidur di Tahun 2018

Tidak hanya desain eksterior saja yang harus diperhatikan ketika Anda akan membeli sebuah bangunan, namun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *