Wednesday , July 12 2023
Home / Inspiration / Tips / Enam Elemen Penting Pada Desain Interior Skandinavia

Enam Elemen Penting Pada Desain Interior Skandinavia

Sekarang ini banyak orang mulai mencoba desain Skandinavia untuk interior rumah dan apartemen. Gaya Skandinavia biasa digunakan di negara-negara Eropa Utara seperti Norwegia, Islandia, Denmark, dan Swedia. Gaya Skandinavia biasanya simpel, hangat, multi-fungsi, rapi, bersih, dan merupakan hasil keterampilan pemiliknya sendiri dengan tambahan kesan elegan.

Rumah bergaya Skandinavia biasanya terbuka, karena cahaya alami adalah salah satu hal paling penting dalam gaya ini. Selain itu warna yang digunakan adalah warna-warna terang dan netral dengan penggunaan ornamen yang sedikit.

Bagi Anda yang ingin mencoba dekorasi ala Skandinavia, berikut ini adalah enam elemen penting yang biasanya diterapkan menurut penata desain interior IKEA Indonesia, Indy Anindita:

Foto: Fatur Rahman
Foto: Fatur Rahman

1. Multifungsi
Orang Eropa Utara adalah orang-orang sederhana dan praktis. Barang-barang yang digunakan adalah barang-barang yang sesuai kebutuhan. Bahkan, biasanya mereka menggunakan suatu barang yang bisa memiliki beberapa fungsi sekaligus agar lebih efisien.

2. Kemanusiaan
Swedia mengutamakan edukasi dan perkembangan anak-anak. Karena itu desain Skandinavia biasanya fokus pada kebutuhan-kebutuhan anak-anak.

3. Cahaya
Karena warga Eropa Utara mengalami musim dingin yang sangat panjang, maka unsur cahaya adalah hal terpenting dalam desain gaya Skandinavia. Karena suatu saat, mereka hanya bisa menikmati cahaya matahari selama 2-3 jam sehari. Karena itulah warga Eropa Utara mengutamakan bagaimana cahaya matahari bisa masuk secara maksimal ke dalam ruangan.

4. Warna
Pada desain Skandinavia, biasanya digunakan warna-warna alami yang ditemukan di alam. Warna-warna yang digunakan adalah putih dan abu-abu muda. Gunakan warna-warna tersebut pada dinding dan lantai.

5. Alami
Desain Skandinavia biasanya menggunakan banyak unsur alam. Warga Eropa Utara biasanya menyukai tanaman dan berusaha menggunakan suasana taman tersebut ke dalam rumah.

6. Inovasi
Karena gaya hidup terus berubah seiring perkembangan jaman, maka diperlukan inovasi untuk mendukung kebutuhan dan gaya hidup orang-orang banyak.

Demikian enam elemen penting pada desain interior Skandiavia. Untuk tips dekorasi lainnya, baca di Blog Rukamen.

Sumber: Kompas Properti

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *