Wednesday , September 20 2017
Home / Uncategorized / Istilah-Istilah Apa Saja yang Dipakai di Apartemen?

Istilah-Istilah Apa Saja yang Dipakai di Apartemen?

Istilah Apartemen

Apa saja istilah-istilah yang biasa digunakan di apartemen? Berikut istilah yang hanya digunakan di hunian vertical (apartemen dan kondominium) dan tidak digunakan di rumah tapak (landed house).

Rumah Susun

Menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011, Rumah susun adalah gedung bertingkat yang dibagun dalam sebuah lingkungan yang terbagi dalam struktur fungsional, baik horizontal maupun vertikal, dan merupakan satuan-satuan yang dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah.

Rumah susun merupakan rumah hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama yang terletak pada lokasi dan alamat tertentu.

Bagian Bersama
Bagian bersama merupakan semua bagian yang melekat pada rumah susun: lift, koridor, peralatan mekanikan dan elektrikal, atap, dinding luar, kolom struktur, fondasi, dll.

Benda Bersama
Benda bersama adalah benda-benda yang berdiri sendiri dan berada di atas tanah bersama: pos satpam, taman, tanda lalu lintas, lapangan olahraga, kolam renang, dll.

Tanah Bersama
Tanah bersama adalah tempat berdirinya rumah susun hingga dinding atau pagar pembatas.

Hak Bersama
Hak bersama dimiliki secara bersama-sama oleh para pemilik rumah susun, yang terdiri dari bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Rusunami
Rusunami (rumah susun sederhana milik) dimana pemilik merupakan pengguna tangan pertama membeli dari pengembang.

Contoh: The Jarrdin, Bassura City, Casablanca East Residence, Delta City Cakung, Kebagusan City

Rusunawa
Rusunawa (rumah susun sederhana sewa) dimana pengguna menyewa dari pengembang.

Service charge
Service charge
terdiri dari biaya pemakaian, perawatan dan perbaikan hak bersama (common property) , pajak-pajak asuransi, biaya konsultan dan auditor, biaya karyawan dan biaya administrative badan pengelola.

Sinking fund
Sinking Fund (atau utility charge) adalah dana cadangan untukg mengganti/memperbaiki komponen utilitas yang telah aus atau rusak. Besarnya service charge dan utility charge ditetapkan dalah AD/ART Perhimpunan Penghuni.

Superblock
Menurut Ridwan Kamil, Superblock merupakan suatu kawasan di konteks urban yang dirancang decara terpadu dan terintegrasi, berdensitas cukup dalam konteks tata guna yang bersifat campuran.

Idealnya, kawasan superblock mampu menjadi kawasan mandiri, dimana warga bisa tinggal, bekerja dan berekreasi di satu lokasi.

Contoh apartemen superblock: Casa Grande, K2 Park, The Edge Superblock, Gateway Pasteur, Grand Sungkono Lagoon.

Mixed-use Development
Mixed-Use Development adalah suatu pengembangan produk properti yang terdiri dari produk perkantoran, hotel, tempat tinggal, komersial yang dikembangkan menjadi satu kesatuan atau minimal dua produk properti yang dibangun dalam satu kesatuan

Contoh mixed-use development adalah Citylofts, Seasons City, Kemang Village, Kalibata City.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

5 Kentungan Sewa Apartemen Mediterania Tanjung Duren

Apartemen Mediterania Tanjung Duren – Salah satu tips untuk membeli atau menyewa apartemen adalah memilih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *