Wednesday , July 12 2023
Home / Guide / Apa Saja Istilah Properti yang Sering Dipakai?
Istilah Properti
Istilah Properti

Apa Saja Istilah Properti yang Sering Dipakai?

Apa Anda adalah seseorang yang sedang mencari unit hunian apartemen atau investor baru di dunia properti? Jika memang demikian, Anda perlu mengakrabkan diri dengan istilah properti yang umum digunakan agar tidak kebingungan. Anda akan sering mendengar istilah-istilah berikut saat bertemu dengan pengelola gedung, tim pemasaran, sesama penggelut properti atau di forum beserta media listing. Apa saja istilah-istilah yang biasa digunakan di properti?

 

Rumah Susun

Menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011, rumah susun adalah gedung bertingkat yang dibangun di dalam sebuah lingkungan yang terbagi dalam struktur fungsional, baik horizontal maupun vertikal. Istilah properti ini merujuk ke satuan-satuan unit yang dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah.

Rumah susun juga merupakan rumah hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama yang terletak pada lokasi dan alamat tertentu.

Bagian Bersama
Bagian bersama merupakan semua bagian yang melekat pada rumah susun, seperti elevator, koridor, peralatan mekanikan dan elektrikal, atap, dinding luar, kolom struktur, fondasi, dan lain-lain.

Benda Bersama
Benda bersama adalah benda-benda yang berdiri sendiri dan berada di atas tanah bersama, seperti pos satpam, taman, tanda lalu lintas, lapangan olahraga, kolam renang, dan lain-lain.

Tanah Bersama
Tanah bersama adalah tempat berdirinya rumah susun hingga dinding atau pagar pembatas.

Hak Bersama
Hak bersama dimiliki secara bersama-sama oleh para pemilik rumah susun, yang terdiri dari bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Menjual Rumah Cepat Laku

 

Rusunami
Istilah properti berikutnya adalah Rusunami yang merupakan kepanjangan dari rumah susun sederhana milik. Rusunami adalah rumah di mana pemilik merupakan pengguna tangan pertama yang membeli dari pengembang.

Contoh: The JarrdinBassura City, Casablanca East Residence, Delta City Cakung, dan Kebagusan City.

 

Istilah Properti

Istilah Apartemen

 

Rusunawa
Rusunawa adalah kepanjangan dari rumah susun sederhana sewa di mana pengguna menyewa dari pengembang.

Baca juga: Inilah Penjelasannya bagi Yang Belum Tahu Apa Itu Rusunami

 

Service charge 
Istilah properti berikutnya adalah service charge yang lazim Anda temui di apartemen. Service charge terdiri dari biaya pemakaian, perawatan dan perbaikan hak bersama (common property), pajak-pajak asuransi, biaya konsultan dan auditor, biaya karyawan dan biaya administratif badan pengelola.

 

Sinking fund
Sinking Fund (atau utility charge) adalah dana cadangan untuk mengganti/memperbaiki komponen utilitas yang telah aus atau rusak. Besarnya service charge dan utility charge ditetapkan dalah AD/ART Perhimpunan Penghuni.

 

Superblock
Menurut Ridwan Kamil, superblock merupakan suatu kawasan di konteks urban yang dirancang secara terpadu dan terintegrasi, berdensitas cukup dalam konteks tata guna yang bersifat campuran.

Idealnya, kawasan superblock mampu menjadi kawasan mandiri, di mana warga bisa tinggal, bekerja dan berekreasi di satu lokasi.

Contoh apartemen superblock: Casa Grande, K2 Park, The Edge SuperblockGateway Pasteur, dan Grand Sungkono Lagoon.

 

Mixed-use Development
Mixed-Use Development adalah suatu pengembangan produk properti yang terdiri dari produk perkantoran, hotel, tempat tinggal, komersial yang dikembangkan menjadi satu kesatuan atau minimal dua produk properti yang dibangun dalam satu kesatuan.

Contoh mixed-use development adalah CityloftsSeasons CityKemang Village, dan Kalibata City.

Baca juga: Lebih Baik Mana: Apartemen vs Rumah?

 

Setelah mendapatkan properti yang Anda inginkan berkat pengetahuan Anda terhadap istilah properti tadi, bagaimana jika Anda ingin menginvestasikannya dengan cara menyewakan atau menjualnya kembali? Jika memang tujuan Anda demikian, gunakanlah jasa Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

Desain Kamar Anak

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *