Wednesday , July 12 2023
Home / Inspiration / Tips / Ini Kriteria Kamar Mandi Baik dan Sehat

Ini Kriteria Kamar Mandi Baik dan Sehat

Ini Kriteria Kamar Mandi Baik dan Sehat

Peristiwa perampokan dan pembunuhan di Pulomas, Jakarta Timur akhir Desember lalu yang membuat seluruh Indonesia gempar membuat orang-orang semakin sadar akan pentingnya mengikuti kriteria kamar mandi baik dan sehat. Dari insiden tersebut, enam korban meninggal karena kekurangan oksigen karena di kamar mandi tersebut tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

Dikutip dari berbagai situs, berikut ini adalah kriteria kamar mandi yang baik dan sehat:

kamar mandi baik dan sehat

Ukuran

Untuk menciptakan kamar mandi baik dan sehat, ukuran luas kamar mandi tidaklah harus dengan ukuran yang besar, karena besar kecilnya bisa disesuaikan dengan luas hunian yang kita miliki. Tetapi kebersihan serta perawatan secara rutin yang harus selalu diperhatikan.

Material Kamar Mandi

Penggunaan keramik pada material kamar mandi disarankan, karena keramik sangat mudah dibersihkan. Gunakan keramik bertekstur pada lantai kamar mandi dimaksudkan untuk lantai tidak licin dan mengkilap. Pemasangan lantai keramik harus di perhatikan juga, seperti lantai harus sedikit miring dan condong turun ke bagian pembuangan agar air lebih mudah mengalir ke lubang pembuangan.

kamar mandi baik dan sehat

Harus memiliki jendela atau skylight

Fungsi jendela bukan hanya untuk sumber masuk cahaya agar kamar mandi tidak gelap, tetapi juga sebagai sumber sirkulasi udara agar suhu udara di dalam lebih ideal dan kamar mandi tidak menjadi lembab dan pengap.

Memiliki exhaust fan

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan jendela di kamar mandi, maka alternatif lainnya adalah menggunakan kipas angin atau exhaust fan untuk menyaring serta menyerap udara di dalam kamar mandi, sehingga sirkulasi udara tetap terjaga. Jika menggunakan exhaust fan, maka dapat digunakan dengan menggunakan sirip-sirip pada pintu kamar mandi agar udara bisa masuk ke dalam.

kamar mandi baik dan sehat

Gunakan shower

Salah satu cara mengurangi kelembaban ruangan adalah menghindari penggunakan bak mandi dan menggantinya menjadi shower. Karena tinggal di daerah tropis dan lembab, jamur mudah tumbuh dan bila terhirup bisa menyebabkan alergi dan penyakit pernapasan. Karena itulah usahakan kamar mandi selalu kering untuk mengurangi berkembangnya kuman.

Pemilihan Tempat Sampah

Gunakanlah tempat sampah yang tertutup dan mudah untuk dibuka. Untuk menghindari kotoran ataupun sisa barang pemakaian dikamar mandi berantakan disekitar kamar mandi. Dan selalu membuang sampah yang ada serta membersihkan tempat sampah secara berkala.

Bersihkan Secara Rutin

Hal yang sangat terpenting dalam menciptakan kamar mandi baik dan sehat adalah selalu membersihkan secara rutin dan berkala setiap minggu untuk menjaga agar bakteri dan kuman tidak tumbuh dan membuat tempat tersebut menjadi kotor.

 

kamar mandi baik dan sehat

Baca artikel seputar kehidupan sehari-hari lainnya di Blog Rukamen

Sumber: Grya & Keluarga[dot]com

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *