Tuesday , July 18 2023
Home / Guide / Ketahui Kriteria Properti Halal

Ketahui Kriteria Properti Halal

rukamen_article_9

Sekarang ini semakin banyak apartemen dan perumahan yang mengklaim dirinya memiliki konsep islami dan berbasih syariah. Tapi, sebelum memutuskan membeli, sebaiknya Anda mengetahui kriteria produk properti yang memenuhi prinsip syariah di Indonesia.

Artikel ini kami ambil dari situr Kontan yang mendapatkan informasinya dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Menurut Gunawan Yasni, Ahli Perbankan Syariah sekaligus Anggota DSN-MUI, ada dua kriteria sebuah produk layak diberi stempel syariah dan halal:

  1. Syaran
    Syaran adalah sesuai dengan prinsip syariah di Indonesia dan mengacu pada produk keuangan atau komersial, dan sesuai dengan fatwa DSN MUI
  2. Qanunan
    Qanunan 
    dihukum positifkan dengan peraturan-peraturan berkaitan lain yang digunakan di Indonesia.

Artinya, kredit pemilikan rumah (KPR) syariah tanpa riba maka disebut di-qanun-kan dengan aturan-aturan seperti Undang Undang Perbankan Syariah, surat berharga syariah, peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Peraturan Bank Indonesia.

“Sebelum sebuah produk diklaim syariah, kita harus tahu dulu domainnya yang mana dan di bawah otoritas apa dan kalau tidak sesuai dengan peraturan yang ada maka produk itu tidak sah secara negara,” kata Gunawan.

Untuk itu, Gunawan yakin bahwa produk berlabel syariah yang memenuhi kriteria di atas mampu menaikkan perekonomian nasional di tengah-tengah kondisi ekonomi sekarang. Selain itu, ia juga ingin menghilangkan stiga negatif terhadap perbankan syariah.

Saat ini, orang hanya melihat syariah sebagai sistem perbankan yang luwes dan banyak membantu, padahal seharusnya perbankan syariah harus dibedakan dengan kegiatan filantropi karena sejatinya jika orang berbicara perbankan syariah, maka berbicara pula tentang bisnis.

“Orang-orang bilang kok syariah mahal padahal syariah itu nggak ada kaitannya dengan mahal atau murah karena ini bisnis dan itu yang mesti dihilangkan dari masyarakat. Syariah ini sering dianggap seperti halnya donasi padahal kan nggak,” pungkasnya.

Ingin jual, beli, atau sewa apartemen? Buka saja Rukamen untuk melihat daftar apartemen di Indonesia yang dijual atau disewakan.

Sumber: Kontan

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *