Wednesday , July 12 2023
Home / Guide / Kekurangan Tinggal Bersama Orang Tua Setelah Menikah
Foto: Fatur Rahman | Kekurangan Tinggal Bersama Orang Tua Setelah Menikah
Foto: Fatur Rahman | Kekurangan Tinggal Bersama Orang Tua Setelah Menikah

Kekurangan Tinggal Bersama Orang Tua Setelah Menikah

Dengan alasan dari biaya hidup di kota yang tinggi, harga rumah yang mahal, niat ingin menemani orang tua, dan kebutuhan untuk menitipkan anak kepada kakek neneknya, akhirnya banyak orang memilih untuk tinggal bersama orang tua walaupun sudah menikah.

Kekurangan Tinggal Bersama Orang Tua Setelah Menikah

kekurangan tinggal serumah dengan orang tua
Foto: Fatur Rahman

Memang tidak ada salahnya tinggal bersama dengan orang tua terkasih. Selain lebih nyaman, praktis, Anda juga bisa menemani mereka yang biasanya akan merasa kesepian ketika ditinggal menikah oleh anak-anaknya. Orang tua yang sudah tidak bekerja pasti tidak keberatan dititipkan cucunya.

Tapi ada beberapa kekurangan tinggal bersama orang tua menurut Eko Endarto dari Detik Finance. Mungkin hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum terlalu merasa nyaman tinggal dengan orang tua walaupun sudah menikah:

Source: scb.co.th
  1. Tidak memiliki aset atau kekayaan
    Ketika tinggal bersama orang tua, maka Anda tidak memiliki aset, karena aset tersebut adalah milik orang tua dan bukan milik Anda. Jikapun ada, kebanyakan adalah harta konsumtif (harta yang membuat Anda kehilangan uang), dan bukan aset yang baik untuk kekayaan.
  2. Gaya hidup lebih tinggi
    Karena penghasilan yang diperoleh hanya digunakan untuk dihabiskan (konsumsi), maka tanpa sadar gaya hidup biasanya jadi lebih tinggi. Jika memiliki apartemen atau rumah sendiri, biasanya ada banyak hal lain yang harus diperhatikan, seperti tagihan-tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan mobil, dan lain sebagainya, sehingga Anda lebih bijak dalam mengeluarkan uang.
  3. Tidak memiliki investasi
    Karena merasa semua sudah terpenuhi, semua penghasilan akan dihabiskan dan tanpa sadar tidak disisihkan untuk investasi. Padahal, banyak hal yang harus diinvestasikan sejak dini, seperti biaya sekolah anak, biaya kesehatan, asuransi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Jual Rumah: “Staging” Efektif untuk Memikat Pembeli!

Source: bridestory.com

Namun, Eko mengatakan bahwa ketiga alasan tersebut bukan berarti Anda harus pindah atau tidak boleh tinggal bersama orang tua. Melainkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak hanya menghabiskan uang untuk barang-barang konsumtif:

  1. Sisihkan
    Ambil sebagian penghasilan Anda untuk masa depan, sisihkan menjadi produk investasi, seperti asuransi sekolah anak, asuransi hidup, asuransi kesehatan, cicilan rumah, dan lain sebagainya.
  2. Siapkan properti untuk masa depan
    Kondisi tinggal bersama orang tua bisa dimanfaatkan untuk mulai melakukan cicilan properti untuk masa depan Anda dan keluarga. Ketimbang menghabiskan untuk hal-hal yang konsumtif, pilihlah untuk menghabiskan uang untuk hal-hal yang produktif.
  3. Sesuaikan gaya hidup
    Jika suatu hari Anda harus pindah ke rumah sendiri, Anda akan kebingungan jika harus menurunkan gaya hidup Anda dari yang sebelumnya. Karena itu, sesuaikan gaya hidup Anda sewajarnya agar Anda tidak kaget oleh biaya-biaya yang harus dipikirkan ketika memiliki rumah sendiri.
Source: dailymail.co.uk

Ingin jual, beli, atau sewa apartemen? Buka saja Rukamen untuk melihat daftar apartemen di Indonesia yang dijual atau disewakan.

Sumber: Detik Finance

Baca juga: Begini Panduan Mengurus Akta Jual Beli Rumah

Itulah yang bisa Anda jadikan informasi Anda mengenai kekurangan tinggal bersama orang tua setelah menikah.

Jika Anda telah yakin untuk menjual atau menyewakan properti dengan kelengkapan dokumen dan perizinan yang lengkap, sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *