Wednesday , July 12 2023
Home / Guide / Sewa Apartemen? Ketahui Dulu Kewajiban Penyewa Apartemen
Penyewa Apartemen
Penyewa Apartemen

Sewa Apartemen? Ketahui Dulu Kewajiban Penyewa Apartemen

Berpikiran untuk menyewa apartemen? Jika demikian, Anda harus tahu apa saja kewajiban penyewa apartemen! Jika pemilik menyewakan unit apartemennya, maka pemilik telah dianggap menyerahkan hak-haknya untuk menggunakan bagian, benda, dan tanah bersama kepada penyewa, dan pemilik tidak lagi berhak untuk menggunakan bagian, benda, dan tanah bersama tersebut, kecuali atas persetujuan dan undangan dari penyewa dengan menaati tata-tertib yang berlaku.

Sebelum disewakan, pemilik apartemen harus membuat formulir yang berisi tentang hak dan kewajiban yang dialhikan kepada penyewa apartemen. Untuk mengetahui cara membuat surat tersebut, silahkan membaca artikel kami berjudul ‘Isi, Kesalahan, dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen.’

Penyewa Apartemen

Setiap perjanjian sewa menyewa unit apartemen harus di laporkan kepada Badan Pengelola Apartemen (sebagian ada yang akan dikenakan biaya administrasi). Dalam hal sewa-menyewa apartemen, Badan Pengelola Apartemen:

  • Akan menyiapkan formulir standard kontrak sewa bagi pemilik yang akan menyewakan unit agar kepentingan pengelola apartemen terlindungi
  • Tidak bertanggung jawab apabila di kemudian hari terjadi masalah antara pemilik unit dengan penyewa yang berhubungan dengan sewa-menyewa tersebut
  • Memiliki jasa untuk memasarkan sewa unit jika pemilik unit membutuhkannya

Baca juga: Apa Saja Cara Jual Tanah Warisan?

Source: torontorentals.com

Kewajiban-kewajiban penyewa apartemen adalah:

  • Membayar uang sewa
    Cara membayar uang sewa akan dikemukakan di dalam surat perjanjian sewa menyewa, termasuk perihal biaya maintenance fee, air, listrik, dll.
  • Membayar uang jaminan
    Sebelum masuk ke dalam unit, penyewa harus memberikan uang jaminan sebesar yang diminta oleh pemilik. Jika ada kerusakan atau penyewa kabur dari tanggung jawab, maka pemilik akan menggantinya dari uang jaminan tersebut
  • Menjaga ketenangan
    Penyewa, beserta dengan anggota keluarga yang tinggal di dalam unit, berkewajiban untuk menjaga ketenangan dan tidak mengganggu penghuni lain dari apartemen.
  • Menjaga harta milik pribadi masing-masing
    Pemilik tidak bertanggung jawab atas hilangnya harta milik penyewa, kerusakan, atau pencurian terhadap harta milik pribadi penyewa.
  • Menjaga unit apartemen dengan baik
    Penyewa bertanggung jawab untuk menjaga apartemen seperti pertama kali mereka masuk ke dalam unit apartemen. Kerusakan pada apartemen selama masa tinggal adalah tanggung jawab penyewa. Penyewa juga dilarang melakukan perubahan apapun pada ruang apartemen, terutama yang bersifat permanen, yang berpotensi merusak kondisi asal unit.
  • Menjaga kelengkapan perabotan, dll
    Penyewa bertanggung jawab menjaga kelengkapan perabotan yang telah disediakan oleh penyewa (jika ada) dan wajib mengganti rugi atau membayar perabotan yang rusak atau hilang.
  • Menjaga kebersihan apartemen
    Penyewa dilarang melakukan perubahan apapun pada unit dan berkewajiban menjaga kebersihan apartemen
  • Dilarang melakukan perpindahan tangan
    Penyewa apartemen tidak berhak menyewakan lagi unit kepada pihak lain, kecuali ada perjanjian sebelumnya dengan pemilik. Hal ini juga harus dicantumkan pada perjanjian sewa menyewa apartemen.
  • Dilarang memelihara hewan peliharaan
    Tergantung dengan perjanjian, kebanyakan apartemen tidak mengijinkan adanya hewan peliharaan yang bisa merusak kayu atau dinding sekitar.
Source: moneycrashers.com

Sumber: cosylogis, bintanghome.com

Baca juga: Cara Hitung KPR Rumah Idaman Anda

 

Itulah informasi mengenai penyewa apartemen yang bisa Anda jadikan informasi. Jika apartemen Anda saat ini sedang dijadikan ladang investasi, baik dalam masa angsuran ataupun tidak, sudah saatnya Anda beralih ke Saleshack dalam segi pemasarannya! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda. Praktis, mudah dan cepat, bukan?

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *