Wednesday , December 13 2017
Home / News / Infrastruktur / Kota Baru Meikarta Akan Memiliki 100 Gedung Pencakar Langit

Kota Baru Meikarta Akan Memiliki 100 Gedung Pencakar Langit

Proyek kota baru Meikarta yang berada di lahan dengan luas 500 hektar oleh Lippo Group di Cikarang, Jawa Barat akan diubah menjadi pusat bisnis dengan standard internasional. Nantinya akan ada 100 gedung pencakar langit dengan tinggi 35-46 lantai dan fasilitas kota yang luasnya mencapai 3.250 hektar.

Nantinya, kota yang menyatu dengan Lippo Cikarang dan Orange County ini akan berjalan dengan industri sebagai basis ekonominya. Dengan total nilai investasi Rp 278 triliun, di dalam kota akan dibangun apartemen, 10 pusat belanja, hotel, perkantoran, pusat komersial, rumah sakit, kampus domestik dan asing, puluhan sekolah dan fasilitas lainnya.

Kota Baru Meikarta

meikarta

Semua gedung nantinya akan terhubung sehingga orang tidak perlu lalu-lalang di jalan. Jalanan untuk pejalan kaki dan kendaraan nantinya juga akan dipisahkan.

Sumber pendanaannya antar lain 35% dari kas Lippo, sedangkan sisanya dari kerja sama dengan mitra bisnis, baik dalam maupun luar negeri (Jepang, Korea, Taiwan, dll). Pendanaan kota ini memang sangat besar karena proyek dibangun sekaligus.

Baca juga: Meikarta, Kota Baru Yang Siap Menyaingi Jakarta

Pembangunan gedung apartemennya sudah berjalan walaupun Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar, menginstruksikan agar aktifitas pembangunan dan pemasaran dihentikan karena masalah perizinan. Tidak ada informasi mengenai waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek ini.

Pada tahap pertama akan dibangun 250.000 unit terdiri dari beberapa tipe: tipe Amerika, Eropa dan Asia dengan luas 42,58 m2 hingga 98,29 m2 dan harga Rp 12,5 juta per meter persegi. Jenis apartemen yang ditawarkan juga beragam karena Lippo bekerja sama dengan beberapa mitra bisnis dari luar negeri, seperti Mitsubishi dan Toyota.

Dari segi infrastruktur transportasi, nantinya akan ada lima infrastruktur yang akan dibangun di sekitar Meikarta, yaitu jalan tol layang Jakarta-Cikampek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Light Rail Transit (LRT) koridor Cawang-Bekasi Timur-Cikarang. Beberapa infrastruktur yang dekat diantaranya adalah Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban.

Selain itu ada beberapa fasilitas dan infrastruktur yang akan dibangun di dalam kawasan ini, yaitu Automated People Mover (mono rail) yang akan mulai dibangun tahun depan. Pihak Lippo bekerja keras menyiapkan pengembangan proyek baru ini karena melihat potensinya yang sangat besar.

Targetnya, 250.000 unit apartemen meikarta yang saat ini sudah dibangun akan selesai pada akhir 2018 sehingga bisa segera dihuni.

Baca juga: Penyebab Fenomena Tingginya Minat Apartemen di Cikarang

Sumber: Kompas, Detik

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Sembilan Ruas Tol Yang Tarifnya Akan Naik Akhir Tahun Ini

Setelah sebelumnya mengumumkan keputusan akan kenaikan empat ruas tol, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *