Sunday , November 17 2019
Home / News / Infrastruktur / Meikarta, Kota Baru Yang Siap Menyaingi Jakarta
meikarta

Meikarta, Kota Baru Yang Siap Menyaingi Jakarta

Meikarta, Kota Baru Yang Siap Menyaingi Jakarta

Karena lahan di Jakarta sudah hampir tidak tersedia lagi, pengembang berlomba-lomba untuk membangun kota baru yang menjadi pesaing Ibu Kota. Salah satu contohnya adalah Lippo Group yang saat ini sedang membangun kota baru bernama Meikarta di Cikarang.

Lippo Group menyiapkan dana Rp 278 triliun untuk membangun kota yang akan menyerupai kota Shenzhen di Cina. CEO Group Lippo, James Riady, bahkan ikut turun tangan dalam menangani proyek tersebut. Ia mengatakan bahwa pembangunan kota baru yang berada di antara Jakarta dan Bandung, serta terintegrasi dengan Bekasi-Cikarang akan membuat Meikarata menjadi pusat perekonomian terbesar di Indonesia.

Menurutnya, dalam 1-0 tahun ke depan, kawasan ini akan menjadi area paling pesat pertumbuhannya karena terhubung dengan pusat perekonomian saat ini: Bekasi=Cikarang. Cikarang memang saat ini menjadi wilayah dengan pertumbuhan infrastruktur pesat, mulai dari elevated toll, kereta cepat, hingga LRT dan MRT.

Baca juga: Transformasi Menjadi Kota Terintegrasi, Ini Proyek Yang Tengah Dibangun Jababeka

Selain itu, wilayah ini juga dikelilingi dengan perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional raksasa seperti Astra, Honda, Toyota, Suzuki, dan lain-lain. Nantinya juga akan terhubung dengan area besar di Cikarang, seperti Lippo Cikarang, Jababeka, MM2100 dan Delta Mas.

Rencananya, akan dibangun tujuh mal dengan total luas 500.000 meter persegi, 5 hotel internasional bintang lima, rumah sakit taraf internasional, gedung berskala internasional, dan 10 sekolah dasar (SD), lima sekolah menengah (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) taraf internasional dan nasional plus, hingga tiga perguruan tinggi nasional.

meikarta

Dalam tahap pertama, Apartemen Meikarta sudah di bangun 250.000 unit dengan total luas bangunan 22 juta meter persegi. Pembangunan sudah dimulai sejak Januari 2016 dan 50 gedung akan mulai siap huni di bulan Desember 2018.

Selain apartemen, Lippo juga sudah membangun 400.000 perumahan yang bisa menampung 2 juga penghuni. Dalam pembagunan dan konstruksinya, Lippo akan mengelola sendiri dengan bekerja sama dengan kontraktor-kontraktor besar seperti Total Bangun Persada, Wika, PP Properti, dan lain-lainnya.

Selain proyek-proyek di atas, Meikarta Lippo Cikarang juga berencana untuk membangun proyek-proyek ini secara bertahap:

  1. Kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung dengan investasi Rp65 trilliun.
  2. Patimban Deep Seaport bernilai Rp40 trilliun.
  3. Lapangan terbang baru ‘Kertajati International Airport’ bernilai Rp23 trilliun
  4. APM Monorail menyatukan tujuh kota baru di sekitar Meikarta.
  5. Tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway bernilai Rp16 trilliun.

meikarta

Baca juga: Penyebab Fenomena Tingginya Minat Apartemen di Cikarang

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Fakta Proyek Meikarta

Tersandung Kasus Dugaan Suap, Berikut Fakta Proyek Meikarta Terbaru 2018

Mega proyek Meikarta tengah ramai dibicarakan khalayak belakangan ini. Fakta proyek Meikarta terbaru adalah ketika …

One comment

  1. Meikarta memang menjadi pilihan yang tepat dan rasional dalam memilih hunian saat ini..
    Dengan harga murah dan terjangkau , fasilitas yang modern dan dukugan infrastruktur yang sangat lengkap, meikarta dapat dimiliki semua kalangan dengan tetap menjaga kemewahan..
    cp : 08122 54 87 400
    https://d-meikarta.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *