Friday , January 13 2023
Home / Inspiration / Tips / Lima Hal Penting Sebelum Memutuskan Investasi Properti

Lima Hal Penting Sebelum Memutuskan Investasi Properti

Investasi properti memang merupakan salah satu jenis instrumen yang paling diminati para pelaku bisnis. Karena memiliki prospek yang baik dari jangka waktu investasi 3 sampai 5 tahun, tidak heran properti semakin dilirik para investor.

Tapi, sebelum memilih properti yang akan di invest, ada lima hal yang harus diteliti agar Anda tidak salah jalan. Berikut ini adalah penjelasannya

Perkembangan area

Perhatikan bagaimana perkembangan di area tersebut – lihat bagaimana pembangunan kotanya, jumlah populasi penduduk, dan pendapatan per kapita. Anda ingin mencari daerah dengan pembangunan dan pertambahan populasi yang tinggi. Akan lebih baik lagi jika didukung dengan daya beli masyarakatnya yang tinggi karena ini berarti area tersebut memiliki potensi investasi properti yang besar.

Lokasi dan aksesibilitas

Seperti yang Anda ketahui dari artikel kami berjudul 4 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Apartemen, lokasi adalah hal yang paling penting yang harus dipertimbangkan ketika ingin investasi properti. Tetapi karena kemacetan yang semakin menjadi-jadi, ada baiknya Anda juga melihat aksesibilitas di area tersebut.

Saat ini, properti-properti yang baru dibangun yang paling diincar adalah yang dekat dengan stasiun commuter line. Jika Anda berniat investasi jangka panjang, maka pilihan properti yang dekat dengan stasiun-stasiun MRT dan LRT adalah yang paling pas.

Reputasi pengembang

Untuk mencari pembeli, biasanya pengembang memberi iming-iming harga murah atau hadiah. Sebelum memutuskan membeli suatu properti, ada baiknya Anda menyelusuri rekam jejak dari pengembang properti tersebut. Cari tahu sebanyak mungkin tentang pengembang tersebut, termasuk juga riwayat pengelolaan properti yang dikembangkannya.

Fasilitas dan infrastruktur

Lingkungan yang baik memiliki fasilitas yang lengkap di sekitarnya, mulai dari pendidikan, kesehatan, komersial, dll. Selain itu, perhatikan juga infrastruktur jalan di sekitar kawasan tersebut. Perhatikan pembangunan-pembangunan yang akan dilakukan karena dengan perkembangan infrastruktur yang baik, harga properti Anda juga akan ikut naik.

Luas lahan yang tersedia

Perhatikan juga jumlah lahan (landbank) yang dimiliki pengembang properti Anda. Jika masih banyak sisa lahan, maka potensi perkembangan kawasan tersebut juga makin tinggi. Dengan ini, Anda bisa juga berpotensi menginvestasi pada proyek-proyek mendatang di kawasan tersebut.

Lima-Hal-Penting-Sebelum-Memutuskan-Investasi-Properti-Square

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *