Sunday , April 5 2020
Home / Inspiration / Tips / 4 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Apartemen
hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli apartemen

4 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Apartemen

Membeli apartemen memang gampang-gampang susah. Ada beragam tipe dan gedung yang bisa dipilih dengan harga yang juga beragam. Daftar apartemen di Indonesia saat ini juga sudah ratusan dengan pilihan-pilihan fasilitas yang menarik.

Source: ilovemudgee.com

Agar Anda tidak terlalu kebingungan dan pada akhirnya jadi salah memilih, ikutilah beberapa hal penting ini:

Sebelum Membeli Apartemen:

Foto: Fatur Rahman
Foto: Fatur Rahman

Baca juga: Beli Rumah, Lebih Baik KPR atau Cash?

 

  1. Lokasi
    Lokasi adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan ketika memilih apartemen. Pilih apartemen dengan akses jalan yang baik agar Anda mudah keluar-masuk ke dalam gedung atau area apartemen. Nilai investasi apartemen juga akan semakin tinggi jika letaknya dekat dengan bangunan-bangunan kantor, sekolah, rumah sakit, mall, dan fasilitas umum yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Semakin strategis lokasinya, harga apartemen juga akan semakin mahal.
  2. Perhatikan dokumen dan status tanah
    Status tanah juga harus diperhatikan sebelum membeli apartemen. Banyak kasus di mana pemilik unit memiliki nasib kurang beruntung karena apartemen tersebut berada di atas tanah sengketa atau bahkan berada di atas lahan sewaan. Pastikan kelengkapan dokumen dan keabsahannya untuk menghindari masalah di kemudian hari. Caranya adalah dengan meminta bantuan notaris atau pemerintah daerah untuk memeriksa dokumen dari lahan properti yang ingin Anda beli tersebut.
  3. Fasilitas dan keamanan apartemen
    Faktor keamanan dan fasilitas yang berada di gedung juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli apartemen. Pastikan juga keadaan di sekitar area gedung, bukan hanya di dalam apartemen saja. Properti dengan fasilitas lengkap juga akan memiliki nilai lebih dan bisa meningkatkan nilai investasi apartemen tersebut. Selain itu, pastikan fasilitas parkir dan besarnya biaya per bulan, pastikan CCTV berjalan dengan baik dan memiliki kualitas bagus, dan pastikan tidak semua orang bisa masuk ke apartemen.
  4. Pastikan kredibilitas dari pengelola apartemen
    Perhatikan kredibilitas pengelola atau developer dengan cara melihat rekam jejak (track record) dari proyek apartemen atau jenis properti lain yang pernah dikembangkan. Jika apartemen tersebut merupakan apartemen lama, pastikan pengelola apartemen bertanggung jawab dan penghuni-penghuninya saat ini juga sejahtera.

Sumber: cermati.com

Source: express.co.uk

Itulah penjelasannya bagi yang masih bingung mengenai apa yang harus dilakukan sebelum membeli apartemen. Apakah jangan-jangan Anda sudah memiliki properti dan berniat menjualkan atau menyewakannya kepada orang lain? Seperti biasa, selalu gunakan jasa Saleshack untuk mempermudah effort Anda di sini. Saleshack adalah jasa mengiklankan dan memasarkan properti yang murah dan efisien. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net. Kalau begitu, tunggu apa lagi? Coba Saleshack sekarang juga!

Baca juga: Mengenal Bisnis Properti dan Bagaimana Memulainya

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Investasi Real Estate

Bagaimana Melakukan Investasi Real Estate dengan Tepat?

Mulailah rencana investasi di bidang real estate Anda dari saran-saran kami berikut ini!   #1 Identifikasi Tahap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *