Tuesday , July 11 2023
Home / Guide / Mengenal Instrumen Investasi DIRE (Dana Investasi Real Estate)

Mengenal Instrumen Investasi DIRE (Dana Investasi Real Estate)

Sekarang ini ada banyak pilihan instrumen investasi dan salah satunya adalah instrumen DIRE. Apa itu DIRE dan apa saja resikonya?

Apa itu DIRE?

Dana Investasi Real Estate (DIRE) atau nama lainnya REIT (Real Estate Investment Trust), adalah sarana investasi untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang dikelola oleh sebuah perusahaan investasi untuk diinvestasikan kepada aset real estate (properti) seperti tanah, bangunan, gedung, pusat belanja, dll.

Secara sederhana, sekumpulan investor mengumpulkan uang untuk dikelola secara profesional oleh manajer investasi untuk kemudian dikelola ke dalam properti. Dengan sarana ini, investor dapat berinvestasi di sektor properti dengan modal sedikit. Investasi dilakukan secara langsung, yaitu dengan membeli gedung lalu menyewakannya atau tidak langsung, yaitu dengan membeli saham atau obligasi perusahaan properti.

DIRE diwajibkan menginvestasi setidaknya 80 persen dari dana yang dikelolanya ke sektor properti. Minimal 50 persen dari dana tersebut harus berbentuk aset properti langsung.

Resiko dari DIRE
Seperti sarana investasi lainnya, DIRE juga memiliki resikonya sendiri. Beberapa resikonya adalah:

  • penyewa gagal bayar
  • turunnya nilai properti
  • resiko likuiditas karena menjual aset properti tidak semudah menjual aset di pasar modal

Latar belakang hukum DIRE
Karena tergolong sarana investasi baru di Indonesia, secara hukum DIRE berbentuk KIK (Kontrak Investasi Kolektif). Walapun sama-sama berbentuk KIK, DIRE berbeda dengan reksadana. Perbedaannya pada aturan dan komposisi portofolio.

Pada reksadana, aset di dalam portfolio berbentuk efek pasar modal, seperti saham, obligasi, dan deposito. Sedangkan pada DIRE, aset portfolionya mayoritas pada aset real estate.

Dukungan pemerintah terhadap DIRE
Untuk mendorong produk pasar modal seperti DIRE, pemerintah menghapus pajak berganda saat membeli aset dan pembagian dividen pada DIRE. Keputusan ini melalui paket kebijakan kelima dimana dari aturan ini, pemerintah membebaskan dividen yang diterima oleh perusahaan khusus, atau Special Purpose Company (SPC) pengelola DIRE dari kewajiban pajak penghasilan (PPh).

(SPC adalah perusahaan yang 99,9 persen sahamnya dimiliki secara kolektif dengan modal yang berasal dari dana masyarakat pemodal (DIRE)).

Dengan aturan ini, pemerintah ingin pasar modal DIRE berkembang lebih banyak sehingga bisa mendorong pertumbuhan pada sektor infrastruktur dan real estate di tanah air.

Baca berita seputar dunia properti lainnya di Blog Rukamen.

Mengenal-Instrumen-Investasi-DIRE-(Dana-Investasi-Real-Estate)-square

Sumber: propertinasional.com

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *