Wednesday , July 12 2023
Home / Inspiration / Tips / Menggunakan Cuka Apel Untuk Membersihkan Rumah
Menggunakan Cuka Apel
Menggunakan Cuka Apel

Menggunakan Cuka Apel Untuk Membersihkan Rumah

Ternyata, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkan rumah. Bagaimana caranya? Untuk Anda yang menginginkan proteksi lebih untuk keluarga Anda, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami dapur untuk membersihkan rumah. Contohnya adalah apple cider vinegar atau cuka apel yang biasa digunakan untuk memasak.

Apalagi, sekarang ini sudah semakin banyak produk pembersih rumah yang mengandung banyak bahan kimia membahayakan. Bahan-bahan tersebut dapat menjadi berbahaya jika tidak ditangani atau digunakan semestinya.

Selain untuk membantu menurunkan berat badan atau sebagai bahan kecantikan lainnya, cuka apel juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan cuka apel untuk membersihkan rumah bebas dari bahan kimia. Usahakan untuk memakai cuka apel organik yang masih mengandung mother, atau serat-serat yang ada di dalam botol.

 

Sumber: Bragg
Sumber: Bragg

Menggunakan Cuka Apel

 

Membersihkan saluran wastafel
Campurkan cuka apel, baking soda dan garam untuk membersihkan kuman-kuman yang berada di sepanjang saluran wastafel. Caranya, campur setengah cup garam dan setengah cup baking soda ke dalam mangkuk dan tuangkan ke dalam saluran. Setelah itu, tuangkan setengah cup cuka apel tersebut. Zat cuka dan baking soda akan memberikan reaksi karbondioksida yang tidak berbahaya. Diamkan selama 2-3 jam, lalu biarkan air mengalir ke dalam saluran.

 

Membersihkan lantai
Cuka apel bisa digunakan untuk mengepel lantai yang terbuat dari kayu dan marmer. Caranya, tambahkan 1 cup cuka apel ke dalam air hangat sebanyak 3.5 liter. Jangan lupa untuk mengepel semua sisa-sisa air yang ada di lantai agar lantai tidak berkerut.

 

Membersihkan meja dapur atau talenan
Bakteri dan kuman yang tertinggal saat Anda memotong dan menyiapkan bahan-bahan masakan bisa dibersihkan menggunakan cuka apel. Masukan cuka apel organik ke dalam botol semprot, semprot cairan ke permukaan yang ingin dibersihkan, lalu segera semprotkan permukaan dengan cairan hidrogen peroksida 3%. Lap permukaan dan bilas dengan air.

 

Membersihkan kamar mandi
Tuangkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam saluran, diikuti dengan secangkir cuka sari apel dan 1 cangkir air panas. Biarkan selama 10 menit; kemudian siram dengan air mendidih. Gunakan cuka sari apel dengan kekuatan penuh pada pancuran dan bak mandi untuk menghilangkan buih sabun. Keasaman cuka sari apel membantu memotong deposit mineral dan penumpukan lainnya tanpa membuat asap kimia atau meninggalkan residu yang harus dicuci.

 

Membersihkan daging dan sayuran
Anda bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkan parasit, jamur, dan bahan kimia pestisida yang ada di sayur dan daging. Caranya, tinggal mencampurkan satu bagian cuka apel dengan satu bagian hidrogen peroksida 3%.

 

Menghilangkan bau
Bagi Anda yang memiliki binatang peliharaan, cuka apel juga bisa menghilangkan bau yang menempel di furnitur rumah karena bisa membunuh bakteria yang menyebabkan bau tersebut. Bahkan, hanya dengan meletakkan mangkuk berisi cuka apel di atas lantai (bisa juga di dalam mobil) dan didiamkan semalaman, bau bekas muntah, rokok, cat, bir tumpah, dan lainnya bisa langsung hilang.

 

Membersihkan kaca
Campurkan 1 bagian cuka apel dengan 1 bagian air dan masukkan ke dalam botol semprot. Jika jendela kaca sudah sangat kotor, gunakan cuka apel organik yang belum dicampur apa-apa. Ketika cairan sudah kering, lap jendela kaca dengan kain atau tisu agar jendela bebas noda.

 

Pelembut Pakaian
Cuka apel juga bisa dijadikan sebagai pengganti pelembut pakaian untuk orang-orang dengan kulit sensitif. Tidak hanya aman untuk digunakan pada pakaian warna, cuka apel juga cocok untuk segala hal mulai dari jeans dan handuk hingga linen halus dan bahan halus.

Gunakan sebagai pelembut kain alami (tanpa aroma yang menyengat) atau tuangkan langsung pada kain untuk menghilangkan noda yang sulit. Anda bahkan dapat menuangkannya di seprei tempat tidur hewan peliharaan untuk menghilangkan bau dan rambut hewan peliharaan yang biasanya sulit dihilangkan.

 

Menghilangkan bau pada tangan
Bau bawang putih, bawang bombay, dan bahkan bau ikan bisa langsung hilang hanya dengan membilas tangan dengan cuka apel.

Sumber: Bobby’s Healthy Shop, Hello Nest, SF Gate Home Guides

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

One comment

  1. bermanfaat sekali, ijin tak share ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *