Monday , February 24 2020
Home / Inspiration / Tips / Menghitung Biaya Hidup di Apartemen pada Umumnya

Menghitung Biaya Hidup di Apartemen pada Umumnya

Apa sajakah biaya hidup di apartemen? Jika ini pertama kalinya bagi Anda untuk tinggal di apartemen, mungkin pertanyaan ini bisa melintas di benak Anda. Pengeluaran apa saja yang perlu dipertimbangkan saat menyewa apartemen? Lebih baik menyewa apartemen atau tinggal di kost?

Menyewa bisa menjadi pilihan lebih baik dibandingkan dengan membeli apartemen untuk sebagian orang. Biaya menyewa apartemen memanglah tidak selamanya murah dan banyak kebutuhan lain yang harus diperhitungkan juga. Menentukan budget harus dilakukan dengan teliti.

piggy bank

Anggaran keuangan Anda untuk biaya hidup di apartemen harus dikalkulasi sesuai dengan total pendapatan Anda. Kebutuhan seharian atau bulanan pun sebaiknya jelas tercatat agar total pendapatan anda mampu membayar semua pengeluaran. Banyak orang melupakan kebutuhan kecil atau kesehariannya yang jikalau digabungkan setiap bulannya akan cukup besar dan seringkali terlupa dalam anggaran pengeluaran.

Berikut adalah macam-macam hal yang sebaiknya tidak Anda lupakan dalam membuat anggaran sebagai penyewa apartemen.

 

Biaya Hidup Di Apartemen

MENGHITUNG-BIAYA-HIDUP-DI-APARTEMEN-SQUARE

 

Uang Sewa

Biaya hidup di apartemen yang pertama adalah pengeluaran utama dan pokok untuk sewa, yang juga terbesar dalam pengeluaran. Pengeluaran dalam uang sewa ditentukan dari banyak hal yang bisa juga menghemat pengeluaran lain. Misalnya, lokasi apartemen dekat dengan tempat kerja atau kuliah, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang transportasi.

Kemungkinan lain juga Anda mendapatkan apartemen yang sudah terisi furniture sehingga tidak perlu beli lagi. Pembayaran uang sewa pun bisa dibayar bulanan maupun tahunan. Untuk pembayaran sewa tahunan akan lebih baik jika tetap dianggarkan setiap bulan agar bisa disimpan. Sehingga ketika saatnya jatuh tempo, Anda tidak kerepotan dengan uang yang sangat besar harus dibayarkan.

Source: ohmyapt.apartmentratings.com

 

Tagihan bulanan

Pengeluaran tagihan bisa menjadi biaya terbesar kedua dalam biaya hidup di apartemen. Pengeluaran tagihan bulanan di bagi menjadi banyak macam dan harus di bayar setiap bulannya. Ada tagihan service charge, sinking fund, utilities, tagihan listrik, dan air. Service dan sinking adalah biaya yang harus dibayar setiap bulannya untuk menikmati fasilitas yang gedung apartemen Anda miliki. Service dan sinking dihitung dari luasnya unit apartemen. Rata-rata biaya service charge adalah 10-15 ribu rupiah per luas persegi, dan sinking fund biasanya hanya 20% dari service charge.

Utilities bill merupakan tagihan listrik dan air yang digunakan di unit dan pembayaran untuk tagihan ini bisa per bulan maupun tiga-bulan tergantung dengan kebijakan apartemen masing-masing. Dalam utilities bill juga termasuk tagihan telepon dan Internet. Dipakai sesuai kebutuhan, kedua tagihan ini bisa terlihat kecil. Namun dengan pemakaian yang berlebih akan dapat membuat tagihan menjadi mahal.

Tagihan yang bisa menjadi pertimbangan dan walaupun tidak semua orang menggunakannya adalah biaya Parkir. Parkir untuk semua mobil pertama biasanya gratis dalam kebanyakan apartemen.

Source: moderntype.com

 

Perawatan Hunian

Perawatan hunian di apartemen tidaklah semahal dibanding dengan perumahan. Namun tetap ada pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk perawatan dan termasuk kedalam biaya hidup di apartemen. Terutama untuk Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu, biasanya jasa asisten rumah tangga menjadi pilihan terbaik. Biaya bulanan ini tidak boleh lupa dihitung dalam anggaran, termasuk juga kelengkapan bersih-bersih.

 

Transportasi

Memilih untuk tinggal di apartemen dapat memiliki banyak keuntungan, salah satunya dekat dengan tempat kerja atau kuliah Anda. Jika tempat kerja atau kuliah cukup ditempuh dengan hanya jalan kaki, Anda tidak perlu pusing mengeluarkan biaya transportasi. Namun jika Anda memiliki kendaraan pribadi atau transportasi umum, Anda dapat menghitung biaya kebutuhan transportasi selama sebulan.

 

rukamen saleshack

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Apartemen di Jakarta Selatan

Inilah 5 Apartemen di Jakarta Selatan yang Berlokasi di Kuningan

Mencari apartemen di lokasi yang strategis dan mudah menjangkau tempat-tempat penting setiap harinya sangat penting …

2 comments

  1. Informasi yang sangat bagus, kita memang harus memikirkan dahulu biaya untuk hidup di apartemen sebelum menempatinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *