Tuesday , July 18 2023
Home / Investasi / Pengertian dan Prosedur Apartemen Bersubsidi

Pengertian dan Prosedur Apartemen Bersubsidi

Hunian merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Namun, untuk mendapatkan hunian yang layak ternyata tidak semudah yang dibayangkan, terutama bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar. Bagi Anda yang kesulitan tempat tinggal, pemerintah telah menyiapkan solusinya yakni dengan dibangunnya apartemen bersubsidi. Hunian yang lebih dikenal dengan rumah susun sederhana milik atau yang sering disingkat menjadi rusunami merupakan bangunan bertingkat yang didirikan dalam satu lingkungan hunian yang memiliki fasilitas sepertri wc atau dapur yang terkadang menyatu dengan unit, atau disediakan untuk umum. Ingin tahu lebih lanjut mengenai apartemen jenis ini? Silahkan simak ulasan di bawah ini.

Source: finansialku.com

Prosedur Memiliki Apartemen Bersubsidi

Apartemen bersubsidi menjadi pilihan bagus bagi mereka yang memiliki sedikit masalah dalam mencari hunian. Namun demikian, terdapat berbagai syarat yang bersifat administratif atau persyaratan lain agar bisa  memiliki apartemen ini. Pemerintah nampaknya sedang gencar-gencarnya membangun hunian bersubsidi ini. Rencana pembangunan hunian ini sekitar 50  % berada di Jabodetabek, 30 % di wilayah kota-kota besar yang berada di pulau Jawa dan di luar Jabodetabek seperti Bandung dan Surabaya, dan sisanya akan dibangun di luar pulau Jawa, terutama di daerah Batam. Program ini sengaja dikhususkan untuk masyarakat yang memiliki penghasilan tetap, namun masih tergolong ekonomi menengah ke bawah. Subsidi yang diterima berupa subsidi uang muka serta subsidi bunga.  Harga maksimum dari apartemen ini adalah sekitar 144 juta dengan luas unit antara 21 M2 hingga 36 M2.

Source: rumahmax.com

Syarat-syarat untuk mendapatkan apartemen bersubsidi ini cukup rumit. Beberapa syarat administratif tersebut antara lain harus warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga. Warga yang bersangkutan minimal berusia 21 tahun atau sudah menikah. Warga yang mengajukan subsidi tersebut juga harus berdomisili di daerah dimana apartemen tersebut berada, misalnya untuk pengajuan subsidi di daerah Jakarta, maka pengaju harus memiliki KTP Jakarta.

Source: batamclick.com

Hal lain yang menjadi syarat dalam pengajuan apartemen dengan subsidi adalah pengaju belum pernah ambil kredit dari Bank Tabungan Negara (BTN) atau belum pernah disubsidi pemerintah. Range penghasilan yang dimiliki berkisar antara 1,2 juta sampai 4,5 juta per bulannya. Warga tersebut juga harus belum memiliki rumah di daerah yang diajukan. Apartemen yang diberikan maksimal satu unit saja. Dan satu lagi syarat administratif yang tidak boleh terlupa yakni, memiliki Nomor Pokok wajib Pajak (NPwP).

Pengertian dan Prosedur Apartemen Bersubsidi

PENGERTIAN-APARTEMEN-BERSUBSIDI-SQUARE

Jika Anda bertanya-tanya mengapa perlu NPWP dalam mengajukan apartemen bersubsidi? Hal ini disebabkan karena warga negara yang memiliki penghasilan minimal 1,2 juta perbulan sudah termasuk kategori penghasilan kena pajak. Jumlah 1,2 juta tersebut sudah melebihi penghasilan di atas PTKP. Dengan demikian Anda yang memiliki penghasilan di atas 1,2 juta sudah seyogyanya memiliki NPwP. Lalu apa keuntungan memiliki NPwP? Banyak keuntungan bagi Anda yang sudah memiliki NPwP. Selain Anda dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan Apartemen dengan subsidi ini, maka Anda juga berhak menikmati subsidi-subsidi lain yang diadakan oleh pemerintah. Untuk program subsidi, Anda akan mendapatkan subsidi bunga dan bantuan uang muka. Jika Anda tidak mendapatkan subsidi, maka Anda wajib membayar seluruh uang mukanya ditambah dengan PPn sebesar 10 %.

Source: liputan6.com

Demikianlah penjelasan mengenai Apartemen bersubsidi. Jenis apartemen ini kini menjadi solusi bagi Anda yang ,mengalami kesulitan tempat tinggal. Meskipun syaratnya cukup banyak dan rumit namun tentu lebih baik Anda mengupayakannya demi sebuah tempat tinggal yang nyaman.

Source: arsitag.com

Jika Anda ingin menyewakan atau menjual properti Anda tersebut, Anda dapat menaruh listing properti Anda dengan Saleshack yang telah jelas kredibilitas dan reputasinya. Seperti biasa, selalu gunakan jasa Saleshack untuk mempermudah effort Anda di sini. Saleshack adalah jasa mengiklankan dan memasarkan properti yang murah dan efisien. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net.

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Beli Properti di Eropa

Beli Properti di Eropa Bonus Kewarganegaraan!

Tergantung dari berapa banyak waktu dan/atau uang yang ingin habiskan, Anda mungkin malah bisa mendapatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *