Saturday , July 15 2023
Home / Inspiration / Tips / Pro & Kontra Tinggal di Apartemen Loft

Pro & Kontra Tinggal di Apartemen Loft

Sekarang ini ada banyak tipe apartemen yang bisa dipilih sesuai preferensi dan bujet. Salah satu pilihan populer adalah apartemen tipe loft. Apa itu apartemen loft? Apartemen jenis ini adalah apartemen dengan dua lantai dalam satu unit. Lantai kedua biasanya tidak dibangun secara “penuh,” layaknya apartemen dua lantai. Oleh karena itu, apartemen ini tentunya berbeda dengan apartemen dua lantai pada umumnya.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk tinggal di apartemen jenis ini, berikut ini adalah pro dan kontranya.

Apartemen Loft

Kelebihan-dan-Kekurangan-Apartemen-Loft-Square

Kelebihan:

  1. Lebih luas dari apartemen biasa
    Karena luas hunian jenis ini lebih besar dari apartemen biasa dan memiliki dua lantai, maka Anda akan merasa seperti tinggal di rumah tapak.
  2. Langit-langit lebih tinggi
    Foto: Peter Hartono
    Foto: Peter Hartono

    Apartemen loft biasanya memiliki langit-langit dengan tinggi 4 sampai 7 meter untuk mengakomodasi keberadaan dua lantai di dalamnya, meskipun lantai kedua tidak memiliki luasan sepenuh lantai pertama.

  3. Memiliki pencahayaan alami yang lebih banyak
    Foto: Peter Hartono
    Foto: Peter Hartono

    Hunian jenis ini juga biasanya memiliki jendela-jendela berukuran besar di dindingnya. Ini artinya cahaya matahari bisa masuk sebagai penerangan alami pada siang hari. Artinya, Anda akan lebih hemat listrik karena tidak memerlukan banyak lampu. Dengan demikian, suasana ruangan juga lebih segar.

  4. Ruangan terasa lebih terbuka dan bisa didesain dengan bebas
    Apartemen  memiliki desain terbuka dan minim sekat, sehingga Anda bisa merancang dan menata interior sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: Ini Penyebab Lamanya Penerbitan Sertifikat Strata Apartemen

Kekurangan:

  1. Lebih bising dari apartemen biasa
    Foto: Veryiproperty
    Foto: Veryiproperty

    Karena hunian jenis ini hanya terdiri dari satu lantai yang sangat tinggi tetapi dijadikan dua lantai, maka suara di dalam unit cenderung lebih bergema ke seluruh penjuru ruangan. Tapi, hal ini bisa dihindari dengan trik interior yang tepat.

  2. Minim tempat penyimpanan
    Dengan desain minim sekat dan dinding, biasanya ruang penyimpanan (lemari) tidak bisa diletakkan terlalu banyak. Karena itu, Anda harus lebih pintar bermain dalam desain interior agar tempat penyimpanan yang dibutuhkan tetap ada.
  3. Biaya renovasi lebih mahal
    Karena konstruksi yang besar, maka biaya untuk merenovasi unit tentunya lebih besar. Biasanya ukuran furnitur yang ada di pasaran belum tentu cocok untuk apartemen dengan luasan dan tinggi seperti di hunian jenis ini. Terkadang, Anda bisa jadi harus memesan secara kustom.

Jika Anda ingin jual, beli, atau sewa apartemen loft, buka Rukamen!

Tonton juga tur seputar salah satu apartemen tipe loft di Jakarta, yaitu Citylofts Sudirman yang dibuat spesial oleh Tim Rukamen!

Atau lihat juga beberapa pilihan apartemen jenis loft di Jakarta lainnya yaitu The Smith Alam Sutera, Satu8 Residence, SoHo @ Podomoro City, The Royale Springhill Residences.

Baca juga: Inilah 10 Kota Paling Macet di Indonesia

Jika Anda berpikir untuk menjadikan apartemen yang akan Anda miliki itu sebagai ladang investasi di kemudian hari, sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *