Saturday , July 15 2023
Home / News / Info / RPTRA Jakarta Masuk Penghargaan Kategori Inovasi

RPTRA Jakarta Masuk Penghargaan Kategori Inovasi

Fasilitas Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) DKI Jakarta masuk ke dalam 15 besar kategori Inovasi Award terbaik yang diadakan oleh United Cities and Local Government Asia Pacific (UCLG ASPAC) di Guangzhou, Tiongkok. Kabar ini merupakan kabar gembira yang tentunya disambut dengan baik oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Menurut Sekjen UCLG Aspac, Bernadia Irawati Tjandradewi, RPTRA Jakarta masuk kategori karena pengembangannya yang masif dan manfaatnya besar bagi kota sehingga perlu dipromosikan ke kota-kota lainnya di dunia.

Alasan lainnya adalah karena di Jakarta cukup banyak inovasi yang dilakukan dan RPTRA dimasukkan sebagai salah satu inovasi terbaik. Dalam dua tahun, bisa dibangun RPTRA di lebih dari 150 lokasi. RPTRA memiliki banyak fungsi, selain ruang terbuka perkotaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat juga menyediakan arena bermain anak dan fasilitas untuk interaksi dan sosialisasi. Diketahui bahwa RPTRA juga digunakan untuk menggelar hajatan sunatan atau pernikahan bagi masyarakat setempat.

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) DKI Jakarta mengeluarkan data yang menyebutkan bahwa hingga saat ini sudah dilaksanakan 122 pernikahan dan 14 sunakan massal yang diselenggarakan di seluruh RPTRA di Jakarta.

Ini artinya, fungsi dan keberadaan RPTRA berhasil dan berguna untuk masyarakat banyak. RPTRA disebut sebagai konsep yang berhasil melibatkan kerjasama masyarakat dan aparatur pemerintah. Selain RPTRA, ada beberapa inovasi lain yang akan dipromosikan, yaitu seperti sistem e-budgeting untuk proses anggaran.

Baca juga: Ini Progress Taman dan Ruang Serba Guna Kalijodo

Sumber: Berita Jakarta

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *