Thursday , July 2 2020
Home / Inspiration / Rumah Koda, Tren Baru Rumah Mikro Prafabrikasi
rumah koda

Rumah Koda, Tren Baru Rumah Mikro Prafabrikasi

Untuk mengatasi masalah harga properti yang semakin meningkat serta berkurangnya lahan yang ada di UK, sebuah perusahaan desain asal Estonia, Kodasema, meluncurkan sebuah rumah koda yang sudah prafabrikasi yang bisa dibuat dalam waktu kurang dari sehari.

Rumah mikro berukuran 25 meter persegi tersebut juga bisa direlokasi kapanpun Anda mau dan bisa menggunakan lahan kosong. Rumah mikro ini akan dijual dengan harga £150,000 (IDR 2,5 Miliar) sepaket, termasuk biaya perencanaan dan regulasi pembangunan, serta pengiriman, persiapan lahan, instalasi, dan koneksi ke air, listrik, dan pembuangan air.

Struktur gedung Kodasema tidak memerlukan pondasi dan bisa dipindahkan dengan mudah dengan transportasi truk. Rumah ini diharapkan akan menggebrakkan pasar properti UK dengan cara mengundang warga untuk memulai budaya membangun sendiri dan agar bisa memanfaatkan lahan kosong dengan lebih baik.

Rumah KODA juga akan menggunakan panel surya yang dipasang di atap nya untuk menciptakan daya, dan di dalam rumahnya terdapat sistem rumah pintar, mulai dari alarm, pencahayaan LED yang bisa diatur, dan sistem kontrol cuaca.

Temboknya terbuat dari tembok konkrit tipis yang di insulasi vakum agar bisa membantu menghangatkan dalam ruangan, atau mendinginkan ruangan, tergantung dari musim nya. Temboknya juga bisa menginsulasi ruangan dari suara-suara bising di luar.

Rumah Koda

Sebuah jendela dari atap ke lantai melapisi area depan bangunan, yang terdiri dari sebuah lounge terbuka, sebuah dapur di lantai dasar, dan kamar tidur mezzanine. Area tidur berada di atas unit dapur, sedangkan kamar mandi nya berada di belakangnya.

Sebuah teras lebar 3,5 meter juga terintegrasi dengan fasad rumah untuk memasikan ada paling tidak sedikit bagian luar ruangan di dalam ruangan.

Rumah koda bisa menyediakan pilihan yang efektif biaya akan banyaknya permintaan rumah terjangkau atau apartemen sewaan sementara untuk pekerja profesional muda, pelajar, dan mereka yang ingin mulai irit.

Walau sudah diluncurkan sejak tahun lalu, contoh pertama rumah KODA baru saja dipasang di Taman Inovasi BRE di UK, sebuah fasilitas penelitian di Watfor dimana contoh-contoh rumah yang rendah karbon dan berkesinambungan didemonstrasikan dalam skala yang sebenarnya.

Baca juga: Kammerspiel, Kubus Serba Ada Untuk Apartemen Mikro

Sumber: Dezeen

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Banyaknya batasan dalam mencuci baju di mesin cuci mungkin membuat Anda kebingungan saat membaca judul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *