Wednesday , August 15 2018
Home / Inspiration / Tips / Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Sebentar lagi cuti bersama Lebaran akan tiba. Sebagian masyarakat Indonesia akan mudik untuk berkumpul bersama keluarga besar. Karena asisten rumah tangga juga mudik, maka rumah akan kosong selama liburan tersebut. Meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang tidak sebentar artinya kita harus lebih waspada dalam memastikan rumah selalu dalam keadaan aman.

Berikut ini adalah beberapa tips meninggalkan rumah kosong dari Real Simple

  1. Beri pengganjal
    Selain mengunci pintu, sebaiknya Anda mengganjal sapu, tongkat, atau benda apapun yang membuat pintu benar-benar terganjal rapat. Gunakan benda-benda ini juga untuk mengganjal engsel jendela.
  2. Menitip paket kepada tetangga
    Paket yang menumpuk di teras rumah berhari-hari merupakan tanda jelas bahwa rumah sudah kosong beberapa hari. Jika Anda sedang menantikan paket, atau masih menerima surat-surat, carilah tetangga yang Anda percaya yang tidak pergi liburan untuk mengambil paket tersebut sampai Anda kembali. Jangan lupa membelikan suvenir untuk tetangga tersebut ya!
  3. Buat rumah seperti ada penghuni
    Pencuri akan lebih memilih rumah kosong ketimbang yang ada penghuni. Jika memungkinkan, gunakan timer untuk menghidupkan dan mematikan lampu di rumah. Pastikan lampu nyala pada malam hari dan mati pada pagi dan sore hari. Jika kompleks Anda aman dan memungkinkan, tinggalkan kendaraan di carport untuk kesan ada orang di dalam rumah.
  4. Jangan terlalu sering update media sosial
    Jika Anda sering mengupdate media sosial dan media sosial Anda terbuka untuk umum, hal ini merupakan suatu ‘undangan’ bagi pencuri untuk menyusup ke dalam rumah kosong Anda. Tahan diri hingga Anda kembali ke rumah sebelum mengepos foto.
  5. Lakukan cek di menit-menit terakhir
    Beberapa detik sebelum berangkat, pastikan pintu-pintu, jendela benar-benar tertutup rapat. Ini untuk menghindari anggota keluarga yang lupa mengunci salah satu jendela yang sebelumnya dibuka. Pastikan kompor dan lampu-lampu sudah dimatikan, listrik tidak ada yang konslet, tidak ada sisa makanan segar di kulkas, dll. Hal ini akan membuat Anda tenang dan bebas rasa bersalah ketika liburan nanti.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Sebelum Meninggalkan Apartemen Untuk Liburan

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Copy Paste Nomor Call Center Jalan-Jalan Tol Ini Untuk Mudik Nanti

Persiapan mudik Anda mungkin sudah selesai, dari baju-baju, makanan untuk di jalan, oleh-oleh untuk keluarga, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *