Friday , July 14 2023
Home / Inspiration / Tips / Tips Memilih Asuransi Properti yang Tepat
tips memilih asuransi properti

Tips Memilih Asuransi Properti yang Tepat

Salah satu hal yang sering disepelekan orang Indonesia adalah asuransi properti. Sebelum menuju kepada tips memilih asuransi properti, mengapa Anda memerlukan hal tersebut terlebih dahulu? Jika Anda memiliki sebuah properti tempat tinggal seperti rumah yang Anda tempati tiap hari, asuransi properti termasuk sangat penting untuk dipertimbangkan. Secara mendasar, rumah tersebut merupakan atap serta tempat untuk Anda dan keluarga melangsungkan hidup. Rumah Anda lebih dari sekadar atap di atas kepala Anda. Kemungkinannya, itu adalah investasi Anda yang paling berharga, dan yang mungkin tidak bisa langsung bisa Anda ganti jika terjadi bencana.

Berdasarkan artikel kami mengenai Pentingnya Mengasuransikan Apartemen yang Disewakan, maka kita sudah mengetahui bahwa gedung apartemen sudah diwajibkan untuk diasuransikan oleh pengembang dan pemilik gedung. Inilah alasan kenapa asuransi properti sangat penting dan kenapa membayar iuran asuransi tidak merugikan.

Melindungi dari Bencana Alam

Indonesia berada di area yang beberapa wilayahnya rawan oleh bencana. Asuransi rumah mampu melindungi rumah ketika terjadi musibah bencana alam seperti gempa, banjir, kebakaran dan pemilik polis bisa mendapatkan ganti rugi secara finansial sesuai dengan asuransi yang dipegang.

Membantu Anda Pasca Bencana

Tips memilih asuransi properti selanjutnya adalah jika rumah tidak bisa ditempati, asuransi akan menyediakan rumah sementara untuk ditinggal. Selain itu, asuransi juga memberikan biaya pasca musibah, seperti biaya pembersihan puing, biaya arsitek atau surveyor untuk membangun rumah kembali. Asuransi properti membantu rekonstruksi kembali dengan cara memperbaiki atau mengganti barang-barang yang rusak.

Melindungi Harta di Dalam Properti

Selain bangunan rumah itu sendiri, isi rumah atau harta Anda dalam rumah juga bisa dilindungi asuransi seperti ruang atau perabotan tertentu.

Melindungi Masalah Hukum

Ada beberapa asuransi bahkan meng-cover pemilik properti dari masalah hukum jika pemilik mengalami kecelakaan atau masalah hukum lainnya.

Baca juga: Allianz Meluncurkan Asuransi ApartemenKu, Produk Asuransi Apartemen Pertama di Indonesia

 

tips memilih asuransi properti

TIPS MEMILIH ASURANSI PROPERTI

Ada banyak perusahaan asuransi yang mengklaim bahwa mereka meng-cover segala bentuk resiko, padahal perlu diketahui bahwa asuransi memiliki batasan tanggung jawab tertinggi dalam segi pembayaran klaim. Agar tidak rugi karena salah memilih, ikuti tips memilih asuransi properti ini.

  1. Pahami kebutuhan asuransi yang dibutuhkan. Pertimbangkan dari segi penggunaan properti, lokasi dan potensi resiko.
  2. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik.
  3. Pelajari keuntungan yang ditawarkan dengan potensi risiko yang akan timbul. Jika perlu, minta presentasi atau penjelasan khusus dari pihak asuransi.
  4. Buatlah daftar rincian perabotan, peralatan atau stok barang lain sebagai data pegangan ketika akan mengajukan permohonan klaim asuransi.
  5. Minta polis asli dan memeriksa isi polis, apakah telah sesuai dengan proposal dan permintaan Anda.
  6. Catat nomor telepon kantor atau agen dari perusahan asuransi untuk keperluan klaim dan perpanjangan tahun berikutnya.

Baca juga: Cara Mengajukan KPA untuk Memiliki Hunian Apartemen Idaman

Jadi, jika Anda sudah tahu kenapa asuransi properti itu penting dan apa saja tips memilih asuransi properti, segeralah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk menjamin keadaan properti yang Anda tempati saat ini. Apakah saat ini Anda memiliki hunian tempat tinggal yang sudah terproteksi dengan baik oleh asuransi dan ingin menjual atau menyewakannya kepada orang lain? Bisa jadi ada calon tenan yang tertarik! Jika demikian, pasarkanlah properti Anda tersebut bersama Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Menarik, bukan?

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …