Thursday , August 16 2018
Home / Guide / Tips Memilih Ruko Untuk Tempat Usaha

Tips Memilih Ruko Untuk Tempat Usaha

Apakah Anda berencana ingin membeli atau menyewa ruko untuk memulai usaha baru? Hal ini bukanlah hal yang mudah, karena ada banyak hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah tips lengkap memilik ruko yang cocok untuk usaha

Lokasi di dalam perumahan

Pilih ruko yang berada di dalam perumahan karena semakin banyak penghuni di dalam perumahan tersebut, otomatis kesempatan bisnis Anda dikenal juga semain besar. Selain berada di perumahan, ruko yang lebih baik dipilih adalah yang berada di dalam gedung apartemen. Jenis usaha yang dipilih juga lebih mengarah ke memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti fasilitas laundry berbayar, galon air isi ulang, toko sembako, kedai makanan, dll.

Cek besaran pendapatan penduduk di sekitar

Mengetahui pendapatan penduduk sekitar sangat penting untuk mengetahui daya beli konsumen. Jika Anda berencana menjalankan usaha dengan target pasa menengah ke atas, maka sebaiknya tidak mencari ruko dengan daya beli rendah.

Berada di jalan utama

Selain berada di perumahan, ruko yang lokasinya baik adalah yang berada di jalan utama. Pastikan jalan utama tersebut banyak dilalui kendaraan pribadi dan angkutan umum dan mudah diakses dari berbagai penjuru.

Lokasi aman

Sebelum memilih ruko, pastikan lokasi di sekitarnya aman. Cari tahu keamanan daerah dengan cara menanyakan kepada penduduk sekitar, membaca berita, dll.

Cek harga

Pelajari harga ruko yang ditawarkan dari segi spesifikasi, lokasi, luas bangunan, dll. Pastikan untuk membandingkan harga ruko Anda dengan kelas dan kawasan yang sama.

Pastikan kondisi struktur fondasi bangunan

Karena dibangun di sebuah kompleks, kekuatan bangunan akan dibebankan secara merata ke semua unit. Pastikan struktur fondasi yang dibangun sudah kuat untuk menopang seluruh beban unit ruko tersebut. Pastikan kualitas kekuatan bangunan sebelum memutuskan membeli atau menyewa ruko untuk usaha.

Legalitas

Hal legalitas adalah hal paling penting yang harus diperhatikan. Pastikan ruko tersebut memiliki legalitas yang absah. Pastikan gedung tidak berdiri di atas tanah sengketa yang akan menimbulkan masalah di kemudian hari atau cek ijin mendirikan bangunan, ijin lokasi, dll.

Terus perbanyak informasi

Jangan malas membaca iklan tentang ruko di surat kabar maupun forum-forum jual-beli online. Pelakari kelebihan dan kekurangan ruko dengan spek yang sama. Cari tahu mengenai ruko-ruko yang dijual atau disewa dengan lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Sumber: Finansialku, Koinworks, Liputan6

About Fely Tan

i paint with words

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *