Friday , July 14 2023
Home / Inspiration / Tips Memiliki Properti di Usia Muda

Tips Memiliki Properti di Usia Muda

Mungkinkah memiliki properti di usia muda? Ternyata, tingginya harga properti beberapa tahun belakangan ini tetap tidak menyurutkan minat kaum muda untuk memiliki properti sejak dini. Sebuah survei di Indonesia mengungkapkan, anak muda usia 20-30 tahun sudah siap membeli properti.

Survei juga menunjukkan bahwa 70 persen anak muda menyatakan ingin membangun rumah tapak (landed house). Padahal, rumah tapak ini biasanya memiliki harga lebih tinggi ketimbang apartemen sederhana.

Bagi Anda yang masih muda dan berkeinginan serupa, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mewujudkan mimpi memiliki properti impian. Jangan khawatir soal pendapatan yang terbatas, karena yang paling penting adalah tekad yang kuat untuk memiliki properti di usia muda.

Tips-memilih-properti-di-usia-muda-square

Hal ini senada dengan yang diungkapkan Mike Rini Sutikno, perencana keuangan dari Mitra Rencana Keuangan.

Usia muda adalah waktu yang tepat untuk membeli rumah karena belum banyak keperluan dan tanggungan keluarga. Untuk itu tabungan dari sejak dini adalah hal yang wajib direncanakan.

“Seseorang yang baru lulus kuliah dan bekerja, gaji pertama harus mulai ditujukan untuk menabung uang muka. Jangka waktu menabung untuk uang muka bisa ditargetkan minimal dua tahun. Karena kalau lebih dari itu, harga rumah bisa semakin melambung,” papar Mike.

“Cara paling mudah untuk memiliki properti di usia muda adalah dengan menyisihkan setengah dari uang gaji untuk ditabung membayar uang muka. Kekurangannya bisa didapatkan dari uang THR (Tunjangan Hari Raya) dan bonus tambahan.” tambahnya.

Mengenai usia, menurut Mike, semakin muda akan semakin baik. Misalnya kisaran usia 22 sampai 26 tahun. Sehingga pada usia 28 sampai 30 tahun uang muka yang dibutuhkan sudah terkumpul dan siap mengajukan KPR.

“Intinya ketika ada kebutuhan punya rumah Anda harus menomorduakan keinginan untuk senang-senang. Karena kebutuhan beli baju, tas dan lain sebagainya bisa dialokasikan untuk menambah uang tabungan,” saran Mike.

Setelah uang DP terkumpul, Anda bisa mulai mengajukan KPR dengan menyisihkan maksimal 30 persen dari penghasilan tetap.

“Kalau sudah terbentuk disiplin menabung DP, nantinya Anda tidak akan kesulitan menyicil KPR bulanan,” ucap Mike.

Bila Anda masih merasa kesulitan mengumpulkan uang muka dalam waktu dua tahun, masih ada beberapa cara yang wajib dicoba untuk menambah penghasilan dan pundi-pundi tabungan.

Baca juga: Begini Panduan Mengurus Akta Jual Beli Rumah

Properti di Usia Muda

Source: searchenginejournal.com

Mulai berinvestasi

Apakah Anda memiliki uang tabungan dengan jumlah tertentu di rekening bank? Daripada dibiarkan begitu saja, ada baiknya Anda mulai berinovasi untuk memanfaatkannya sebagai modal usaha.

Bayangkan jika mendapatkan tingkat pengembalian setidaknya dua kali lipat selama dua tahun. Jika investasi awalnya sebesar Rp15 juta, maka hasilnya sudah Rp30 juta. Ditambah modal awal, Anda sudah punya tabungan 45 Juta.

Saat ini banyak jenis investasi yang bisa dilakukan kaum muda, mulai dari membeli saham dan menanam modal di bisnis teman, sampai mengoleksi barang-barang hobi, seperti sneakers, action figure, dan komik.

Source: boundless.org

Tinggal di rumah orang tua

Daripada mengontrak, atau sewa apartemen maupun rumah, Anda bisa meminta bantuan orang tua untuk meminimalisir pengeluaran. Misalnya dengan menumpang tinggal di rumah mereka sementara waktu.

Meski hidup mandiri dirasa lebih mudah, namun tinggal di rumah orang tua bisa menghemat pengeluaran bulanan Anda. Dalam waktu dua tahun, Anda bisa menghemat pengeluaran Rp30 juta sampai Rp50 jutaan.

Source: advisorhub.com

Pinjaman tanpa bunga

Masih kekurangan uang untuk membayar DP rumah? Anda bisa memanfaatkan “bank saudara” demi mendapat pinjaman tanpa bunga.

Dengan mencari pinjaman dari saudara, sanak keluarga, atau teman untuk tujuan ini Anda bisa terhindar dari bunga yang berkali lipat. Meski begitu, Anda harus berkomitmen untuk membayar tepat waktu.

Sumber – Okezone.com

Baca juga: Tips dan Cara Mencari Pembeli Rumah

 

Demikian informasi mengenai tips bagaimana Anda bisa memiliki properti di usia muda. Untuk keperluan pengiklanan properti, kami selalu merekomendasikan Anda untuk menggunakan Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack membantu menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Banyaknya batasan dalam mencuci baju di mesin cuci mungkin membuat Anda kebingungan saat membaca judul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *