Sunday , May 31 2020
Home / Inspiration / Tips / Tips Mencari Apartemen Secara Online Bebas Penipuan

Tips Mencari Apartemen Secara Online Bebas Penipuan

Dengan maraknya situs penjual-belian apartemen di Indonesia, di samping hal ini mempermudah kebutuhan masyarakat dalam menemukan unit hunian apartemen, di satu sisi Anda juga perlu berhati-hati juga. Hal ini dikarenakan adanya banyak metode dan modus penipuan yang menargetkan pencari properti dan pemilik listing properti. Adakah tips mencari apartemen secara online bebas penipuan yang bisa diterapkan kalau begitu?

Pertama-tama, mari kita kenali dulu salah satu contoh skenario penipuan yang mungkin terjadi. Skenario nya sebagai berikut: A adalah seorang penipu yang mengambil data properti milik B di situs X. A kemudian mengambil informasi mengenai properti milik B tersebut dengan mengubah sedikit rinciannya dan dengan harga yang lebih murah di situs properti Y dan bertindak seolah sebagai agen properti. Maka ketika korban C sedang mencari properti dan melihat properti milik A, Ia tergiur untuk menghubungi A.

A kemudian memberikan seribu satu alasan, seperti pemilik properti sedang di luar negeri dan C diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening A sebagai deposit agar properti tersebut menjadi milik C. C pun melakukan transfer tersebut karena ia tidak menyadari bahwa A sedang melakukan modus penipuan.

Tentunya Anda tidak menginginkan hal itu terjadi. Maka dari itu, kami akan memberikan Tips mencari apartemen bagi para pencari properti agar tidak menjadi korban penipuan properti seperti C.

 

tips mencari apartemen online

 

Jangan pernah melakukan transfer dana tanpa memeriksa properti tersebut secara langsung

Meskipun Anda tergiur dengan harga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan yang lain, jangan menarik keputusan terburu-buru tanpa melakukan survei lokasi dan bertemu langsung dengan agen atau pemilik properti tersebut.

 

Lakukan pemeriksaan pada agen properti atau pemilik properti

Tips mencari apartemen selanjutnya adalah dengan melakukan pencarian singkat secara online tentang sah atau tidaknya nama agen, nama agen propertinya, alamat email, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa pemilik atau agen properti yang memasarkan properti tersebut memang ada dan legit.

 

Waspadai listing yang di-post beberapa kali

Jika Anda menemukan kejadian ini, silakan dibandingkan dulu informasi yang diberikan di setiap listing dan tilik perbedaannya di mana. Biasanya nama pemilik, kontak dan harga yang dipasang berbeda-beda dalam situasi ini. Inilah cara penipu mengelabui korbannya, yakni dengan menggunakan listing apartemen asli dan menurunkan harganya.

 

Jangan memberikan informasi pribadi

Jangan pernah memberikan rincian informasi pribadi seperti nomor verifikasi kartu kredit, rekening bank, kartu identifikasi, dan apapun dengan mudah, apalagi melalui internet. Jika memang ada kepentingan untuk memberikan informasi dengan data sesensitif itu, mintalah untuk bertemu dengan calon pembeli atau penyewa secara tatap muka. Ajak seorang teman atau keluarga untuk menemani Anda saat bertemu jika Anda khawatir dengan orang yang Anda temui. Ingat, lebih baik terlalu berhati-hati daripada terlalu gampang percaya.

 

Waspadai harga yang jauh lebih murah dari pasaran

Tips mencari apartemen selanjutnya adalah jangan pernah lupa untuk melakukan survei harga pasaran di daerah properti yang Anda minati. Jika harga sudah terlalu jauh di bawah harga pasaran, waspadalah karena bisa jadi merupakan penipuan. Kedok penipuan biasanya berupa iklan yang diberikan detail seperti: “Dijual cepat karena butuh uang” sehingga menarik calon pembeli untuk segera menghubungi orang tersebut sebelum terlambat.

 

Hubungi pihak yang berwenang

Jika Anda mencurigai adanya modus penipuan, harap hubungi pemilik situs tersebut agar bisa dilakukan penyelidikan dan menghindari korban lain yang lebih banyak. Waspadalah juga kepada situs properti yang terlihat kurang terpercaya.

Demikian tips mencari apartemen yang harus diperhatikan ketika membeli/menyewa apartemen secara online. Anda dapat menaruh listing properti Anda dengan Saleshack yang telah jelas kredibilitas dan reputasinya. Seperti biasa, selalu gunakan jasa Saleshack untuk mempermudah effort Anda di sini. Saleshack adalah jasa mengiklankan dan memasarkan properti yang murah dan efisien. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net. Kalau begitu, tunggu apa lagi? Coba Saleshack sekarang juga!

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …