Tuesday , July 18 2023
Home / Inspiration / Tips / Tips Mendapatkan Penyewa Apartemen dengan Cepat
Penyewa Apartemen
Penyewa Apartemen

Tips Mendapatkan Penyewa Apartemen dengan Cepat

Apakah saat ini Anda masih berusaha menemukan calon tenan atau penyewa apartemen yang tertarik dengan unit Anda? Memang, untuk menemukan calon tenan yang tertarik belum tentu bisa dilakukan dalam waktu cepat karena banyaknya faktor dan pertimbangan. Tetapi ada beberapa tips yang dapat Anda jadikan panduan dalam mendapatkan penyewa dengan cepat. Silakan simak tulisan dari kami berikut ini.

 

Kunci Utama Persiapan Pemasaran Unit

  1. Buatlah daftar fasilitas dan kelebihan apartemen yang menjadi nilai jual apartemen Anda.
  2. Jelaskan kenapa apartemen Anda memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan yang lain, seperti memiliki akses mudah, tol, dekat dengan mal atau restoran-restoran. Jadikan semua hal tersebut sebagai highlight. Contoh kelebihan yang bisa Anda tekankan adalah seperti dekat dengan bandara, stasiun, halte busway, stasiun MRT, pusat perbelanjaan, rest area, jalan tol dan lain-lain.
  3. Gunakan kalimat singkat yang menjual pada daftar kelebihan apartemen Anda. Sedikit deskripsi akan menambah kesan bahwa Anda serius dan berniat untuk membantu calon penyewa apartemen yang tertarik untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap terhadap unit apartemen Anda. Contoh kalimat yang bisa Anda pakai adalah seperti “Kurang dari 5 menit ke SCBD”.
  4. Pasang iklan secara online di situs listing jual dan sewa apartemen, atau di media-media sosial. Salah satu jasa pengiklanan atau pemasaran properti adalah Saleshack. Bagi Anda yang belum tahu, Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan apartemen dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.
  5. Investasikan dana dan waktu untuk membuat flyer atau brosur yang menarik dan tempelkan di tempat potensial atau yang sering dilewati oleh banyak orang seperti perkantoran, kampus dan lain-lain.
  6. Jangan remehkan keampuhan promosi mulut ke mulut (word of mouth) melalui teman, keluarga, tetangga.
  7. Jaga kebersihan apartemen Anda. Untuk menjaga kualitas kebersihan, jangan malas untuk melakukan pembersihan besar setiap kali ganti penyewa. Perhatikan setiap celah dan sudut yang mungkin terlewat oleh pandangan, dan perbaiki bagian-bagian yang diperlukan.
  8. Jika Anda menawarkan unit yang furnished, pilih furnitur dan interior ruangan yang sederhana dan fungsional. Pilih yang dapat sesuai selera kebanyakan orang dan mudah dirawat.

Baca juga: Tips Menyewa Apartemen untuk Kenyamanan Maksimal

 

Tips Mendapatkan Penyewa Apartemen dengan Cepat

Copyright © Rukamen

 

Menentukan Harga Sewa

Harga sewa apartemen biasanya sekitar 8%-15% dari harga apartemen. Kebanyakan rata-rata harga sewa apartemen per tahun adalah 10% dari harga apartemen. Contoh: Jika harga apartemen Rp. 500 juta, maka harga sewa apartemen per tahun adalah Rp 50 juta.

Hal yang harus diperhatikan ketika menentukan harga sewa adalah harga tersebut harus bisa menutup biaya maintenance gedung, listrik, air, pajak, dll. Jika Anda masih mencicil apartemen tersebut, harganya sebaiknya juga bisa menutup cicilan apartemen dan biaya-biaya tersebut.

Untuk mendapatkan harga yang pas, bandingkan harga di gedung yang sama atau di sekitar lingkungan tersebut. Gunakan situs listing properti yang bisa membantu Anda mendapatkan perbandingan harga-harga apartemen di dekat apartemen Anda.

Baca juga: Ketahui Dulu Tipe-tipe Apartemen Berikut Agar Tidak Salah Beli/Sewa

 

Hal-hal Lain yang Harus Diperhatikan

  1. Pahami hak dan kewajiban Anda sebagai pemilik apartemen dan jamin dengan hukum. Perjanjian sewa mencakup syarat, kondisi dan hak Anda sebagai pemilik dalam penyewaan apartemen: harga yang harus dibayar penyewa apartemen, denda untuk terlambat bayar, jangka waktu sewa, deposit (uang jaminan), cara-cara yang dilakukan jika terjadi perselisihan. Sedangkan untuk kewajiban sebagai pemilik apartemen antara lain: membuat perbaikan dan pemeliharaan apartemen biarpun penyewa harus menjaga kebersihan dan menghindari kerusakan.
  2. Antisipasi risiko musibah dan bencana dengan mengasuransikan apartemen Anda dari musibah seperti: kebakaran, banjir, gempa dan lain-lain. Konsultasikan dengan pengembang dan pengelola gedung.

Dengan mengikuti tips mudah dari kami, Anda akan cepat mendapatkan penyewa apartemen dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti perselisihan, kehilangan properti karena kebakaran dan lain-lain. Semoga apartemen Anda cepat tersewakan!

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *