Saturday , May 25 2019
Home / Guide / Cara Cepat Menjual Apartemen atau Menyewakan Apartemen
Cara Cepat Menjual Apartemen

Cara Cepat Menjual Apartemen atau Menyewakan Apartemen

Cara cepat menjual apartemen / cara cepat menyewakan apartemen – Apakah Anda merasa bahwa menyewakan atau menjual properti tidak lagi semudah sebelumnya? Dengan naiknya harga dollar ke rupiah, menjelangnya tahun politik dengan pemilihan Presiden tahun 2019 nanti, dan berbagai ketidakjelasan sistem perpajakan dan izin tinggal di negara kita ini, banyak sekali investor yang lebih memilih untuk wait and see dalam mengambil keputusan berinvestasi di Indonesia. Namun Anda tidak perlu khawatir, meskipun industri properti sedang mengalami penurunan, transaksi jual-beli dan sewa-menyewa apartemen masih terjadi setiap harinya.

Silakan simak tips jitu dari kami mengenai cara cepat menjual apartemen atau cara cepat menyewakan apartemen agar unit Anda tersebut jadi cepat laku.

 

Menentukan Harga

Pasang harga sewa atau jual properti Anda sedekat mungkin dengan batas harga terendah Anda. Harga yang menarik dan kompetitif di pasaran akan langsung menjadi incaran orang-orang yang sedang mencari hunian. Jika apartemen Anda telah dipasarkan selama 30 hari tanpa adanya kedatangan calon pembeli yang tertarik, Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali harga Anda tersebut. Periksalah secara berkala properti pesaing untuk melihat harga dan perbaruan deskripsi apartemen yang mungkin menambah minat calon pembeli. Jika mereka menyesuaikan harga mereka, Anda harus siap juga.

Silakan baca artikel kami tentang poin ini lebih lanjut di Tips Menentukan Harga Sewa Properti Anda.

 

Ingat Opportunity Cost & Fixed Cost

Semakin lama properti Anda tidak tersewa/terjual, semakin besar opportunity cost Anda. Sebagai contoh, skenarionya adalah Anda ingin menyewakan apartemen seharga 15juta/bulan. Semakin lama tidak tersewakan, maka Anda berpotensi kehilangan 500ribu/hari yang seharusnya masuk ke kantong Anda (15juta dibagi 30 hari). Bahkan lebih parahnya lagi, Anda masih harus tetap membayar fixed cost seperti service charge dan utilities (listrik, air dan lain sebagainya) walaupun properti Anda sedang dalam kondisi tidak berpenghuni.

 

Selalu Terbuka untuk Negosiasi

Cara cepat menjual apartemen atau cara cepat menyewakan apartemen berikutnya adalah dengan bersikap terbuka untuk negosiasi dengan calon penyewa/pembeli properti Anda sangatlah penting. Meskipun menurut Anda secara teori masih banyak orang lain yang berminat dengan properti Anda, jangan langsung menolak untuk bernegosiasi dengan calon penyewa/pembeli di depan mata yang sudah tertarik dan serius dengan properti Anda. Sebagai contoh: apabila Anda memasarkan properti Anda dengan harga sewa 15juta/bulan, Anda jangan langsung mengabaikan tawaran harga 12juta/bulan. Ingat opportunity cost! Lebih baik properti Anda tersewa sekarang dengan harga 12juta/bulan daripada tersewa dengan harga 15juta/bulan tetapi Anda harus menunggu 6 bulan dulu (opportunity cost Anda adalah 72 juta (6 bulan x 12juta)).

Baca juga: Cara Menjual Apartemen agar Cepat Laku

 

Cara cepat menjual apartemen / cara cepat menyewakan apartemen

Cara Cepat Menjual Apartemen
Copyright © Rukamen

 

Memperhatikan Hal-hal Teknis

  • Selain tanah, kondisi dan dekorasi interior properti Anda menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan cepat atau tidaknya unit properti tersewa atau terjual. Pada umumnya, apartemen atau rumah dengan interior yang bagus akan lebih menarik. Namun demikian, tentukan terlebih dahulu apakah Anda akan menjual/menyewakan unit apartemen atau rumah dengan kondisi unfurnished/semi-furnished/furnished, dan siapa market yang Anda tuju? Sebagai contoh: jika Anda ingin menjual apartemen tipe 3 kamar, sebaiknya Anda menjualnya dalam kondisi unfurnished karena market untuk apartemen tipe 3 kamar biasanya adalah keluarga. Banyak dari mereka lebih memilih untuk mendesain dan menata sendiri interiornya untuk disesuaikan dengan kebutuhannya. Lain halnya jika Anda ingin menyewakan apartemen tipe studio atau tipe 1 kamar. Ada baiknya Anda mendekorasinya dengan lengkap (fully furnished), karena market apartemen tersebut seringkali adalah expatriate, karyawan, pasangan muda ataupun mahasiswa yang memerlukan hunian siap tinggal.
  • Cara cepat menjual apartemen atau cara cepat menyewakan apartemen berikutnya adalah dengan mengetahui kapan saat yang tepat untuk menjual/menyewakan properti Anda. Sebagai contoh: Anda ingin menjual apartemen yang masih berstatus PPJB, sedangkan dalam waktu dekat sudah akan diproses sertifikat AJB. Anda dapat menunggu sertifikat AJB tersebut keluar dan baru memasarkan properti Anda. Selain harga menjadi lebih tinggi, peminat menjadi lebih banyak karena mereka dapat memproses pembayaran dengan KPA.
  • Fotolah unit Anda dengan bagus. Gambar adalah hal pertama yang dilihat oleh para pencari hunian. Foto yang bagus akan membuat calon penyewa atau pembeli lebih tertarik untuk melihat lebih lanjut informasi tentang properti Anda.
  • Berikan informasi yang benar dan lengkap mengenai properti Anda. Hal ini akan memudahkan para pencari hunian dalam menentukan apartemen seperti apa yang mereka cari. Hal ini juga membantu Anda nantinya karena tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengingat-ingat rincian yang mungkin masih tertinggal karena semuanya sudah tertulis dengan jelas di deskripsinya.
  • Tunjukan nilai lebih yang dimiliki unit properti Anda. Sebagai contoh: Anda ingin menjual properti Anda yang nantinya akan dilalui oleh jalur MRT. Hal ini dapat menjadi nilai lebih yang dapat diinformasikan ke para pencari hunian. Mereka akan memperoleh banyak keuntungan seperti kemudahan akses dan sarana transportasi saat MRT sudah jadi nantinya.

Baca juga: Inilah Prosedur Pembelian Apartemen Idaman Anda

 

Menggunakan Metode Stacking – Selling Hack

Dianggap sebagai cara terbaik dalam memasarkan properti Anda, cara cepat menjual apartemen atau cara cepat menyewakan apartemen berikutnya adalah dengan metode Stacking atau “menumpuk”, sebuah metode pemasaran dengan menggunakan semua tool dan media yang tersedia seperti:

    • Classifieds Ads baik Offline maupun Online
    • Forum
    • Social Media,
    • Email Blast,
    • Sms Blast,
    • dan Media lainnya.

Tahukah Anda bahwa menentukan waktu (time) untuk memasang iklan sangatlah penting. Iklan Anda menjadi lebih efektif apabila Anda memasang iklan pada saat target market yang diinginkan sedang aktif atau online.

Salah satu jasa pengiklanan properti terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Saleshack. Saleshack adalah sebuah paket jasa penjualan/penyewaan properti Anda. Kami akan membantu Anda dalam semua kebutuhan dan informasi yang dibutuhkan dalam menjual properti secara online. Saleshack membantu mengurangi kebutuhan Anda pada perantara atau agen properti, sehingga Anda bisa menghemat uang komisi hingga ratusan juta.

Bila properti Anda berhasil terjual oleh agen properti, biaya komisi biasanya berkisar sekitar 2.5% dari harga jual properti Anda. Pengeluaran Anda tidak seharusnya setinggi ini, karena Anda sendiri sebagai pemilik adalah orang terbaik untuk menjual properti Anda sendiri. Itulah mengapa Anda akan menghemat banyak uang dengan menggunakan Saleshack. Iklan akan ditayangkan sampai properti Anda terjual atau tersewa. Iklan akan kami tayangkan di 15 online channels seperti rumah.com, rumah123,com, beserta di forum dan sosial media. Harga layanan Saleshack dapat Anda dapatkan hanya dengan IDR 399rb per unit property yang dijual maupun disewa.

Jasa Saleshack menggunakan media online untuk pengiklanan, dan sudah banyak orang sekarang mulai mencari properti dengan media online. Tim Saleshack juga sangat aktif memperhatikan iklan Anda agar tetap terlihat calon pembeli, yang mana hal ini sekaligus menjadi kelebihan kami dibandingkan jasa agen properti lainnya.

Apapun pertanyaannya, Anda dapat menghubungi kami di Sales@rukamen.com. Anda dapat menghubungi tim Customer Care kami untuk pertanyaan yang lebih mendalam. Rukamen adalah situs Iklan listing dan database properti terlengkap di Indonesia. Kami dapat membantu Anda dalam memaksimalkan iklan properti Anda sehingga bisa terjual dalam waktu singkat.

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *