Friday , August 23 2019
Home / Inspiration / Tips / Tips Menentukan Harga Sewa Properti Anda
tips menentukan harga sewa

Tips Menentukan Harga Sewa Properti Anda

Salah satu alasan properti banyak dipilih sebagai instrumen investasi adalah karena Anda bisa mendapatkan uang sewa ketika properti seperti apartemen atau rumah sedang tidak Anda huni saat itu. Jika Anda ingin mencoba mendapatkan keuntungan dari menyewakan properti, ada baiknya Anda mengetahui cara yang tepat dalam tips menentukan harga sewa agar properti tersebut dapat tersewa dengan lebih cepat.

 

Menghitung cap rate properti Anda

Salah satu tips dalam menentukan harga sewa properti adalah dengan menghitung cap rate, atau tingkat kapitalisasi. Perhitungan ini dapat dilakukan dengan cara membagi penghasilan operasional bersih dibagi dengan harga pembelian. Secara umum, ada juga cara mudah untuk menghitung kisaran cap rate yang berlaku berdasarkan jenis propertinya. Berikut ini adalah panduannya:

  1. Lahan kosong: 0,5%-2%
  2. Rumah: 3%-5%
  3. Ruko dan Rukan: 6%-9%
  4. Kios dan toko: 5%-10%
  5. Apartemen dan kondominium: 7%-12%

Dari panduan cap rate tersebut, maka Anda bisa menentukan tarif sewa properti per tahun dengan rumus berikut ini:

Tarif sewa (rupiah/tahun) = Nilai Properti (rupiah) x Capitalization Rate (%)

Contoh: jika apartemen Anda memiliki harga Rp 5 miliar dengan capitalization rate 7%-12%, harga sewanya adalah: 7% x Rp 5 miliar = Rp 350 juta/tahun atau sekitar Rp 29 juta/bulan.

Jika rumah Anda seharga Rp 7 miliar dengan capitalization rate 3%-5%, harga sewanya adalah: Rp 210 juta per tahun, atau sekitar Rp 17,5 juta per bulan.

 

Tips Menentukan Harga Sewa Properti

 

Melihat harga pasaran

Tips menentukan harga sewa properti selanjutnya adalah dengan melihat harga pasaran agar Anda dapat membandingkan harga yang ingin Anda pasang dengan properti serupa lainnya. Cari tahu harga normal untuk properti yang sejenis, pelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing properti tersebut agar Anda bisa menentukan harga sewa yang pas. Ingat, tidak ada calon tenan yang akan senang dengan harga yang terlalu mahal namun kondisi properti tidak sesuai dengan harapan mereka.

Baca juga: Kewajiban Penyewa Apartemen

 

Sesuaikan dengan fasilitas yang ada & biaya lain-lain

Jika setelah Anda membandingkan dengan properti competitor dan tidak menemukan spesifikasi yang sama dengan properti Anda, Anda bisa membuat harga sewa berbeda. Satu catatan penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa harga sewa yang berbeda ini harus diikuti dengan unsur penunjang fasilitas properti. Fasilitas properti ini antara lain seperti AC, kasur, lemari dan perlengkapan rumah lainnya.

Baca juga: Isi, Kesalahan, dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen

 

Pertimbangkan lokasi dan kondisi sekitar rumah

Tips menentukan harga sewa properti terakhir adalah dengan memperhatikan lokasi properti. Lokasi adalah faktor yang sangat penting ketika menentukan harga sewa. Lokasi strategis dan dikelilingi oleh fasilitas publik yang lengkap akan membuat harga sewa rumah lebih mahal. Kondisi sekitar properti juga perlu dipertimbangkan. Jika properti Anda memiliki akses jalan dan fasilitas umum, lingkungan tenang, sehat, dan hal-hal positif lainnya, semua ini juga dapat menjadi acuan penentuan harga sewa untuk properti.

Kira-kira seperti itulah tips menentukan harga sewa properti yang dapat Anda jadikan panduan untuk memasarkannya dengan lebih efektif. Tunjang pemasaran properti Anda dengan cara pintar lainnya yang dapat menjadi pilihan Anda seperti melalui Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack membantu menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Apartemen Paling Laku Disewakan

Apartemen Paling Laku Disewakan di Depok

Tahukah Anda bahwa  apartemen di Depok sangat dicari oleh banyak orang belakangan ini? Dan ada banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *