Friday , May 29 2020
Home / Guide / Isi, Kesalahan, dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen
Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen
Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen

Isi, Kesalahan, dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen

Seperti ketika membeli apartemen, sewa menyewa apartemen juga harus memiliki surat-surat yang lengkap dan jelas. Surat perjanjian sewa menyewa apartemen harus dibuat untuk mengikat kedua belah pihak secara hukum selama masa sewa apartemen tersebut berlangsung.

Karena terlihat mudah, banyak orang menyepelekan keberadaan dan proses pembuatannya. Semuanya dibuat serba cepat, mudah, dan atas dasar saling percaya. Padahal, tidak jarang perselisihan terjadi karena kondisi tidak seperti yang diinginkan dan dijanjikan, misalnya WC bocor, air bermasalah, ada rekening yang belum terbayar, dan lain-lain.

Source: stuff.co.nz

Karena sudah membayar down payment, pemilik apartemen bisa saja mengelak dari tugasnya untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Sebagai penyewa, maka Anda akan dibebankan untuk menanggung biaya perbaikan tersebut. Tidak enak, bukan?

Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk membuat surat perjanjian sewa menyewa apartemen yang detail, adil, jelas, dan tidak menguntungkan kedua belah pihak agar tidak terjadi perselisihan di kemudian hari. Hal-hal yang harus ada dalam perjanjian sewa menyewa apartemen adalah:

  • Surat perjanjian harus terdiri dari:
    – Identitas kedua belah pihak, baik pemilik apartemen dengan pihak penyewa – termasuk nama lengkap, umur, pekerjaan, nomor KTP kedua belah pihak.
    – Lingkup objek yang disewa – alamat, jangka waktu perjanjian, jangka waktu sewa, harga sewa, cara pembayaran
    – Hak dan kewajiban kedua belah pihak, antara lain (tidak terbatas hanya): kesepakatan pembayaran listrik, tagihan air, TV kabel (jika ada) dan fasilitas lain yang ada.
    – Pengakhiran perjanjian dan bentuk, serta cara penyelesaian jika terjadi perselisihan
  • Surat perjanjian di buat dalam bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.
  • Surat perjanjian dibuat dua rangkap dan ditandatangani kedua belah pihak dan dibubuhi materai.
    Selain itu, perjanjian juga disarankan menggunakan saksi dari kedua belah pihak. Jika isi surat perjanjian lebih dari satu halaman, maka setiap halaman harus diberi paraf oleh kedua belah pihak dan saksi
  • Ada baiknya surat perjanjian juga dilampirkan foro apartemen atau gambar apartemen, fotokopi identitas penyewa (KTP dan Kartu Keluarga), kuitansi, bukti pembayaran, dan lampiran-lampiran ini merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dalam perjanjian.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen

Source: yourmetropolitan.com

Kesalahan-kesalahan yang harus dihindari dalam membuat surat perjanjian sewa apartemen:

  • Kesalahan pengutipan – pastikan nama yang tertera adalah nama asli, sesuai dengan identitas yang masih berlaku. Pastikan nominal harga sewa juga tepat. Berikan penulisan huruf pada nominal untuk memastikan tidak ada kesalahan.
  • Batas waktu penyewaan – banyak pemilik apartemen melupakan membuat surat baru jika sewa apartemen diperjanjang. Pastikan paling tidak satu bulan sebelum penyewaan berakhir, penyewa sudah mengkonfirmasi agar pembuatan surat sewa apartemen bisa dibuat ulang.
  • Tidak mencantumkan sanksi – sanksi adalah hal penting dalam sebuah surat perjanjian. Ini agar tidak ada kelalaian pada pihak penyewa, seperti telat membayar sewa bulanan, pemutusan masa sewa secara sepihak, penggunaan apartemen untuk tujuan lain, serta kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat kelalaian pihak penyewa.

Baca juga: Rumah Murah di Bogor Masih Ada, Cari Tahu di Sini

Contoh surat perjanjian sewa apartemen seperti yang kami ambil dari Dokumen.Tips.

 

Baca juga: Syarat KPR BTN untuk Memiliki Rumah Idaman

Demikian semua yang perlu Anda ketahui tentang surat perjanjian sewa menyewa apartemen. Semoga berguna bagi Anda yang baru pertama kali ingin sewa atau menyewakan apartemen.

Jika Anda membutuhkan eksposur tambahan dalam memasarkan rumah KPR tersebut, sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *