Friday , December 7 2018
Home / Guide / Inilah Prosedur Pembelian Apartemen Idaman Anda
Prosedur Pembelian Apartemen
Prosedur Pembelian Apartemen

Inilah Prosedur Pembelian Apartemen Idaman Anda

Adakah prosedur pembelian apartemen terpadu yang tidak ribet dan bikin pusing? Mungkin Anda setuju jika melakukan transaksi jual-beli properti termasuk rumit. Meskipun kelihatannya membeli sebuah apartemen mungkin terlihat lebih sederhana, sebenarnya transaksi tersebut sama rumitnya juga dengan pembelian rumah. Garis dasarnya adalah bahwa sebuah unit apartemen berada di dalam sebuah gedung dan lahan milik pihak lain. Oleh karena itu, kepemilikannya pun berbeda dengan jenis properti lain, dan biasanya prosedurnya tidak bisa disamakan semata.

Berikut telah kami rangkum mengenai bagaimana prosedur pembelian apartemen idaman Anda bukanlah suatu proses yang rumit dan ribet.

 

Mulailah Mencari Tahu

Prosedur pertama adalah selalu mencari tahu terlebih dahulu mengenai unit-unit apartemen yang Anda tertarik untuk miliki. Jika saat ini ada lima atau lebih apartemen yang sedang Anda incar, luangkan waktu untuk mencari informasi lengkap dari semua apartemen itu.

Kita hidup di zaman keemasan data real estate, dan sangat memungkinkan untuk menggali informasi terperinci yang lengkap tentang apartemen, bangunan atau lingkungan tertentu tanpa meninggalkan tempat tinggal Anda saat ini. Carilah informasi sejarah dibangunnya gedung apartemen, perbaikan dan keluhan atau masukan dari pengunjung atau penghuninya. Lihatlah lingkungan restoran, transit dan keterjangkauan dengan bantuan peta daring. Mulailah membaca laporan pasar terbaru, dan lihat harga untuk tempat-tempat lain yang sebanding.

 

Persiapan Finansial

Prosedur pembelian apartemen kedua adalah dengan menyiapkan dana sebagai hal terpenting dalam pembelian apartemen. Di Indonesia, ada beberapa cara dan metode yang bisa dipakai untuk ini. Anda bisa membayar sepenuhnya atau cash keras, yang biasanya lebih murah dan memiliki potongan harga jika dibandingkan dengan cicilan. Namun pembayaran cicilan juga sudah sangat populer saat ini, di mana Anda bisa meminta bantuan jasa perbankan atau jasa perusahaan pembiayaan untuk menanggung pembayaran dan Anda akan melunasi cicilan dalam jangka dan tenor tertentu. Ada juga pembayaran yang langsung diselesaikan kepada pengembang.

Siapkan juga dana eksternal seperti biaya pemeliharaan atau fasilitas gedung nantinya, biaya notaris untuk menyiapkan Sertifikat Hak Milik (SHM) dan biaya-biaya lainnya yang mungkin muncul saat Anda menjalankan transaksi jual-beli apartemen.

Baca juga: Biaya–biaya Saat Beli Apartemen yang Perlu Anda Perhatikan

 

Prosedur Pembelian Apartemen

Copyright © Rukamen

 

Kunjungan ke Unit Apartemen

Prosedur pembelian apartemen berikutnya adalah dengan berkunjung langsung ke unit tersebut. Dapatkan hasil maksimal dari kunjungan Anda. Hanya karena Anda melihat dan menginspeksi apartemen itu saja, tidak berarti Anda tidak dapat mengumpulkan banyak informasi dari satu open house atau unit showing.

Ajukan pertanyaan spesifik tentang properti itu, seperti perabotan apa yang akan didapat dan bagaimana fungsinya. Buka lemari, lihat di bawah wastafel, dan jangan takut untuk menjelajahi setiap celah. Lagipula, Anda ingin memastikan bahwa Anda tahu jelas apa yang Anda beli. Perhatikan keadaan lorong dan elevator dan periksa area dan fasilitas umum.

Baca juga: Checklist & Tips Beli Apartemen untuk Investasi dengan Hasil Balik Maksimal

 

Meyakinkan dan Bernegosiasi dengan Penjual

Yakinkan penjual atau pengembang bahwa Anda serius untuk membeli apartemen tersebut. Seorang pemilik apartemen mungkin terlihat curiga pada pembeli yang membuat penawaran tetapi mereka tidak serius atau cukup berpengetahuan untuk menindaklanjuti kesepakatan itu. Untuk meniadakan kesan ini, tekankan kepada pemilik untuk menggarisbawahi kemampuan Anda dan keinginan untuk melakukan pembelian.

Jika Anda berhasil menyelesaikan transaksi dan surat perjanjian dan dokumen penting lainnya sedang berada dalam pengerjaan, apartemen tersebut sebentar lagi akan menjadi milik Anda.

Baca juga: Syarat Jual Beli Apartemen yang Harus Diperhatikan

 

Demikianlah prosedur pembelian apartemen yang dapat Anda ikuti agar tidak salah beli dan juga tepat sasaran sesuai keperluan Anda. Jika Anda membeli apartemen tersebut dengan tujuan untuk dijual kembali atau disewakan kepada orang lain, cobalah jasa Saleshack yang telah terkenal reputasinya! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan apartemen dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Check Also

Tips Beli Apartemen untuk Investasi

Checklist & Tips Beli Apartemen untuk Investasi dengan Hasil Balik Maksimal

Membeli apartemen untuk tujuan investasi memang bisa jadi membingungkan dan butuh pertimbangan panjang, terlebih jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *