Wednesday , November 21 2018
Home / Inspiration / Tips / Checklist & Tips Beli Apartemen untuk Investasi dengan Hasil Balik Maksimal
Tips Beli Apartemen untuk Investasi
Tips Beli Apartemen untuk Investasi

Checklist & Tips Beli Apartemen untuk Investasi dengan Hasil Balik Maksimal

Membeli apartemen untuk tujuan investasi memang bisa jadi membingungkan dan butuh pertimbangan panjang, terlebih jika Anda adalah pemula di bisnis ranah properti. Anda bisa meminta saran dan masukan dari orang-orang di sekitar Anda yang telah menginjakkan kaki duluan di sini, dan kemudian belajar dari kesalahan mereka. Namun jika tidak ada yang bisa Anda tanyai, Anda mungkin memerlukan checklist dan tips beli apartemen untuk investasi yang mendatangkan hasil kembali yang maksimal. Dan kami telah menyiapkan daftarnya untuk Anda hanya di sini.

 

Lokasi apartemen

Tentukan area yang Anda inginkan saat membeli apartemen. Anda mungkin perlu mengunjungi area tersebut untuk melakukan sedikit survei akan fasilitas di dalam dan sekitar gedung apartemen. Lokasi apartemen Anda yang dekat dengan pusat bisnis atau industri akan menentukan pangsa pasar yang diinginkan dan jumlah besaran keuntungan yang akan diraih. Kunjungi sebanyak mungkin tempat untuk mencari properti yang sesuai dengan kriteria Anda, jadi Anda akan memiliki gagasan yang bagus tentang apa yang kelak akan Anda keluarkan.

 

Kenaikan harga

Kenaikan harga dari pertama kalinya apartemen tersebut dibangun hingga sekarang harus diperhatikan agar return of investment–nya akan maksimal saat Anda jual atau sewa kembali unitnya. Biasanya semakin lama usia apartemen tersebut berdiri, kenaikan harga per tahunnya juga akan makin mahal, dan ini adalah tips beli apartemen untuk investasi yang paling penting jika tujuan Anda adalah untuk mengembalikan modal.

Baca juga: Pertama Kali Membeli Apartemen? Perhatikan Hal-Hal Berikut

 

Tips Beli Apartemen untuk Investasi dengan Hasil Balik Maksimal

Tips Beli Apartemen untuk Investasi
Copyright © Rukamen

 

Status lahan

Cari tahu status lahan gedung apartemen yang akan Anda beli, dan pastikan statusnya telah menjadi hak milik pengembang bukan Build, Operate, Transfer (BOT). Berdasarkan kontrak build-operate-transfer (BOT), suatu entitas yang biasanya pemerintah memberikan konsesi kepada perusahaan swasta untuk membiayai, membangun dan mengoperasikan sebuah proyek tertentu. Perusahaan mengoperasikan proyek dalam jangka waktu tertentu (seperti 20 atau 30 tahun) dengan tujuan untuk mendapatkan kembali investasinya, kemudian mereka mentransfer kendali proyek kepada pemerintah. Proyek-proyek BOT biasanya adalah proyek-proyek infrastruktur skala besar yang akan dibiayai, dibangun dan dioperasikan hanya oleh pemerintah.

Saat masa penggunaan lahan berstatus BOT habis, bangunan yang masih dalam pembangunan di atas lahan tersebut harus diserahkan kembali kepada pemerintah. Perhitungannya kira-kira 70-80% yang harus dibayarkan kepada developer, yang mana kelak akan dibebankan kepada penghuni mengikuti luasan unit apartemen. Tentunya Anda tidak mau mengeluarkan uang tambahan hanya karena permasalahan status lahan apartemen saja.

Baca juga: Biaya–biaya Saat Beli Apartemen yang Perlu Anda Perhatikan

 

Fasilitas

Checklist dan tips beli apartemen untuk investasi berikutnya adalah tidak lain mengenai fasilitas yang ditawarkan oleh developer. Pastikan apartemen yang Anda inginkan memiliki penyediaan fasilitas yang lengkap dan populer di kalangan orang banyak. Seperti contohnya parkiran. Biasanya penghuni apartemen memiliki kendaraan motor atau mobil. Kebanyakan apartemen memberikan parkir gratis untuk penghuninya, tetapi ada juga biaya parkir yang harus Anda bayarkan secara teratur untuk terus mendapatkan pelayanan optimal. Penting untuk menanyakan seperti apa pengaturan pembuangan sampah di gedung apartemen yang akan Anda beli. Cari tahulah apakah penghuni harus turun ke titik pembuangan sampah tertentu untuk membuang sampah, atau apakah ada petugas yang mengambilnya secara teratur.

 

Demikian checklist dan tips beli apartemen untuk investasi yang akan membantu Anda menentukan pembelian unit apartemen. Jika Anda saat ini telah memiliki unit apartemen yang siap dijual atau disewa kepada orang lain namun masih belum laku, kami sarankan Anda mencoba jasa Saleshack sekarang juga! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda. Mulailah bersama kami sekarang juga!

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Check Also

biaya saat beli apartemen

Biaya–biaya Saat Beli Apartemen yang Perlu Anda Perhatikan

Setelah sekian lama menyewa sebuah apartemen yang dekat dengan lokasi tempat pekerjaan, Anda mungkin menyadari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *