Friday , September 22 2017
Home / Inspiration / Tips / Pertama Kali Membeli Apartemen? Perhatikan Hal-Hal Berikut
Pertama Kali Membeli Apartemen

Pertama Kali Membeli Apartemen? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Pertama Kali Membeli Apartemen

Anda memiliki tabungan lebih dan ingin membeli apartemen pertama Anda untuk ditinggali? Kenali hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli.

 

1. Lakukan survei

Langkah pertama yang dilakukan yaitu melakukan survei untuk mendapatkan daftar apartemen yang cocok dengan budget, lokasi, dll. Caranya adalah dengan browsing di internet, yaitu di situs apartemen yang Anda inginkan, bertanya ke kerabat yang sudah berpengalaman, atau dengan cara mencari di situs jual dan sewa apartemen yang lengkap untuk mengetahui apartemen mana yang disewa atau dijual.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Apakah developernya terpercaya? Apakah lahan dan bangunan apartemen tersebut sudah memiliki IMB? Bagaimana status kepemilikan apartemen? Kapan selesai bangun? Jangan ragu untuk rajin bertanya ke pihak yang berwenang agar Anda tidak kekurangan informasi.

3. Tinjau Lokasi Apartemen

Ketika sudah memiliki daftar apartemen yang masuk kriteria Anda, lakukan survei langsung ke lokasi. Dengan begitu, Anda akan bisa memutuskan apakah lokasi cocok dengan kriteria, dekat dengan fasilitas umum yang diperlukan, dll. Contoh: apakah apartemen dekat ke lokasi kerja, sekolah anak, rumah sakit terpercaya, pusat perbelanjaan, dll. Bagaimana proses pembangunan (jika masih dibangun), dll.

4. Pertimbangkan fasilitas yang dijanjikan

Jika apartemen masih dibangun, jangan sungkan untuk bertanya tentang fasilitas yang dinjanjikan. Fasilitas standar yang ada di apartemen antara lain: kolam renang, tempat parkir, taman bermain, gym, internet, dll. Pastikan fasilitas yang Anda perlukan tersedia.

5. Cek keamanan gedung

Hal yang paling penting dalam memilih apartemen adalah keamanannya. Hampir semua apartemen menyediakan CCTV di sekitar area apartemen, tetapi pastikan CCTV tersebut dipasang dengan baik, bisa menjangkau semua area, gambar terlihat jelas dan 24 berfungsi. Pastikan apakah semua orang bebas keluar-masuk apartemen? Apakah ada sekuriti yang jaga 24 jam? Akan ada kartu akses keluar-masuk? Jika ya, pastikan berapa kartu yang akan Anda dapatkan.

6. Pastikan keadaan parkir mobil

Jika Anda memiliki mobil, pastikan area parkir apartemen yang disediakan memadai dan bisa menampung mobil seluruh penghuni apartemen. Sebagai referensi, apartemen yang baik memiliki rasio paling tidak 1:1, dimana setiap unit apartemen memiliki 1 spot parkir. Pastikan juga apakah akan ada biaya tambahan untuk parkir mobil.

7. Pertimbangkan kondisi sekeliling apartemen

Apakah apartemen tersebut dekat dengan bar, cafe atau restoran yang buka 24 jam dan menyediakan live music? Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, pertimbangkan apakah apartemen yang dekat dengan area hiburan karena akan mempengaruhi kualitas tidur karena bisingnya dan pergaulan anak Anda.

8. Kenali istilah-istilah yang ada di apartemen

Banyak istilah di apartemen yang tidak ada di rumah tapak (landed house) seperti service charge, sinking fund, dll. Baca artikel kami mengenai istilah-istilah di apartemen dan cari tau biaya-biaya yang harus dikeluarkan dan dibebankan kepada penghuni selain dari biaya rutin (listrik, air, telpon, dll).

9. Bandingkan harga

Ketika survei sudah dilakukan, lokasi sudah ditinjau, dan informasi sudah lengkap, buatlah tabel untuk membandingkan harga. Pastikan hal-hal apa yang harus ada pada apartemen tersebut, buatlah checklist untuk melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Dengan mengikuti tips dan trik kami, jangan takut Anda akan salah memilih apartemen Anda. Selamat mencoba dan good luck!

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

5 Kentungan Sewa Apartemen Mediterania Tanjung Duren

Apartemen Mediterania Tanjung Duren – Salah satu tips untuk membeli atau menyewa apartemen adalah memilih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *